Bos atau Pemimpin : Manakah Kalian??

oleh : Divisi PSDA HIMATG “TERRA” ITB

Manusia adalah makhluk yang senantiasa berkelompok untuk bertahan di dalam kerasnya kehidupan di dunia. Manusia sebagai mahkluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain. Dalam prosesnya, manusia akan bergerombol dan berkumpul sesuai dengan yang dia inginkan. Namun dalam sebuah perkumpulan, dibutuhkan seorang yang mampu dalam melakukan pengaturan dan mengkoordinasi manusia-manusia yang ada di dalam perkumpulan tersebut. Manusia yang mampu dalam melakukan hal-hal tersebut biasanya disebut seorang pemimpin ataupun seorang bos.

Padahal jika kita perhatikan dengan lebih seksama, diantara pemimpin ataupun bos terdapat banyak sekali perbedaan. Hal tersebut bahkan dapat dilihat secara umum, sehingga tidak hanya satu atau dua orang yang dapat kita lihat perbedaannya. Oleh sebab itu, dalam artikel kali ini Anda akan diajak untuk mengetahui perbedaan antara seorang bos dengan seorang pemimpin.

1. Impersonal dan Compassionate

Seorang bos akan lebih cenderung bersifat impersonal. Hal ini dapat ketika seorang bos lebih cenderung melimpahkan kesalahan kepada bawahannya. Sedangkan pemimpin akan lebih cenderung bersifat compassionate, karena pemimpin tidak menanggap bawahannya sebagai karyawan, namun menganggapnya sebagai tim. Sehingga jika terjadi kesalahan di dalam timnya, maka seorang pemimpin siap untuk bertanggungjawab dan ikut disalahkan.

2. Saya dan Kita

Seorang Bos akan memiliki karakter ego yang tinggi. Jika mendapatkan sebuah prestasi hanya akan berkata “SAYA dan SAYA”. Sedangkan seorang Leader akan selalu berkata “KITA”, karena seorang leader akan mempunyai pandangan bahwa prestasi tersebut bisa dicapai dengan kerjasama tim, bukannya karena kemampuannya sendiri.

3. Menggunakan dan Mengembangkan

Bos akan lebih cenderung menggunakan semua kemampuan dari bawahannya untuk mencaapai tujuannya. Sedangkan seorang pemimpin akan lebih cenderung untuk lebih memikirkan timnya, dan akan lebih peduli terhadap perkembangan pada timnya.

4. Mengintimidasi dan Memotivasi

Kebanyakan Karakter bos lebih sering mengintimidasi sehingga membuat bawahan mereka merasa tertekan. Sedangkan Pemimpin akan memberikan motivasi dan kepercayaan pada bawahanya dan tidak akan menyalahkan siapapun saat terjadi kesalahan.

5. Memerintah dan Memimpin

Seorang bos, akan lebih cenderung untuk memberikan perintah tanpa ikut berperan dalam kegiatan yang ada. Sedangkan seorang pemimpin akan berkata “lets go” yang berarti ayo kita bekerja bersama-sama.

http://www.timeslib.com/2016/04/perbedaan-boss-dan-pemimpin-boss-vs.html

6. Take dan Give

Seorang bos akan selalu memuji dan mengunggulkan namanya, atas segala karya atau keberhasilan yang di raih karyawanya dan menganggap itu adalah keberhasilan yang ia buat sendiri. Sedangkan seorang pemimpin akan selalu menghargai prestasi orang lain dan akan selalu mensupport tanpa mengunggulkan diri sendiri.

http://www.timeslib.com/2016/04/perbedaan-boss-dan-pemimpin-boss-vs.html

Sumber :

  1. http://www.timeslib.com/2016/04/perbedaan-boss-dan-pemimpin-boss-vs.html

Diakses Jumat, 25 Agustus 2017, pukul 08.00

2. http://www.wongsehat.com/10-perbedaan-antara-bos-dan-pemimpin/

Diakses Jumat, 25 Agustus 2017, pukul 08.05

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Read By TERRA’s story.