Melebih — lebihkan Kelebihan

Pangestu Soekarno Utomo ⎼ M. Adrian Firdaus ⎼ Sophie Shakina ⎼ Josaphat Manik

12314017 ⎼ 12315045 ⎼ 12315064 ⎼ 12315029

Setiap individu mempunyai kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Dalam sebuah tim/kelompok yang terdiri dari berbagai macam individu, seharusnya perbedaan tersebut menjadi tali pengikat yang akan menutupi dan mengurangi kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh anggotanya dengan kelebihan yang dimiliki oleh anggota lainnya. Namun dalam kenyataannya, teori tersebut belum tentu terlaksana dengan baik. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, diperlukan sebuah sosok yang dapat mengelola setiap kelebihan yang dimiliki oleh anggota dari kelompok tersebut.

Untuk dapat mengelola kelebihan yang dimiliki, sosok tersebut haruslah mengenal secara baik setiap kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh individu lainnya sehingga dapat memahami perlakuan seperti apa yang harus diberikan kepada masing-masing individu. Perlakuan tersebut akan berpengaruh kepada kinerja/performa dari tiap individu. Apabila perlakuan yang diberikan oleh sosok tersebut kurang cocok dengan kepribadian dari seseorang, maka dapat diprediksi bahwa kinerja/performa dari orang tersebut akan tidak maksimal.

Selain itu, sosok tersebut harus dapat membuat tiap individu untuk senang saat bekerja di bagiannya. Hal ini sangat penting karena dapat meningkatkan efektifitas dari orang tersebut sehingga hasil yang diperoleh juga semakin baik. Apabila orang tersebut merasa tidak senang atau tidak nyaman saat bekerja di kelompoknya, maka hasil kinerjanya diperkirakan akan tidak maksimal.

Supaya dapat meningkatkan kinerja dari tiap individu, maka dibutuhkan suatu metode yang dapat membuat tiap individu berkembang dan berkompetisi dengan sehat. Metode tersebut dapat dilakukan dengan mengembangkan skill-skill­ yang dimiliki oleh tiap individu dan membuat sistem apresiasi atau penghargaan. Denman adanya apresiasi tersebut, maka diharapkan tiap individu akan mempunyai sifat kompetitif yang positif sehingga menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Hal tersebut merupakan sebagian inti dari kepribadian dan perlakuan yang harus dimiliki oleh sosok yang mampu mengelola kelebihan dari tiap individu lainnya. Namun, sosok tersebut tetaplah bukan orang yang sempurna. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama dari tiap individu dengan sosok tersebut agar terbentuk sebuah keharmonisan dalam kelompok tersebut.

Sumber :

https://www.inc.com/encyclopedia/human-resource-management.html

http://managementhelp.org/humanresources/index.htm

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.