SAINTIS DATA

Aditya Prabowo ⎼ Haidar Ali Rizki ⎼ Aria Widhi ⎼ Ary Hidayat ⎼ Gabriel Powericho ⎼ Helmi Ma’rifatir Rizal

12314062 ⎼ 12314018 ⎼ 1231064 ⎼ 12314061 ⎼ 12314011 ⎼ 12314070

Dilema mahasiswa yang akan memasuki tingkat akhir tidak saja dialami oleh mahasiswa ITB namun juga mungkin dialami mahasiswa lainnya. Apalagi dengan lesunya industri minyak dan gas bumi juga membuat para mahasiswa jurusan yang terafiliasi termasuk studi yang kita tempuh (e.g Teknik Geofisika) juga semakin membuat galau. Bekerja di industri emas hitam yang dulu dianggap pekerjaan terseksi abad 20 ini memang identik dengan lulusan dari jurusan teknik geofisika, padahal masih banyak peluang pekerjaan lain yang dapat dilakukan dengan berbekal ilmu dan konsep geofisika.

Tentang Saintis Data

Saintis data adalah suatu pekerjaan yang berkaitan dengan AKUISISI data dari beberapa set data yang telah ada yang umumnya bervariasi dan berukuran yang sangat besar. Kemudian, data-data tersebut dilakukan PENGOLAHAN sedemikian rupa dengan berbagai disiplin ilmu (statiska, politik, psikologi, ekonomi, dll). Terakhir, dilakukan INTERPRETASI dan di VISUALISASI kan agar dapat dimengerti oleh orang biasa (e.g pemberi jasa). Hasil inilah yang kemudian akan menjadi suatu pertimbangan pemberi jasa (e.g perusahaan) dalam menentukan suatu keputusan.

Sepertinya anak-anak teknik geofisika pasti tersenyum-senyum. Alur pekerjaan seorang saintis data sangat mirip A.K.A sama dengan alur pekerjaan seorang geophysicist yang telah terdoktrin dari awal TPB. Bedanya, seorang saintis data tidak bekerja dalam bahasa geologi tetapi bahasa yang lebih umum (ekonomi, bisnis, dll). Tentunya kompetensi dasar seorang saintis data telah kita miliki, tinggal bagaimana kita mengenhanced kompetensi yang kita miliki dengan berbagai disiplin ilmu lainnya [1] . Jadi ini merupakan suatu pekerjaan menarik dan menjanjikan apalagi buat kalian yang suka matlab, c++, phyton, dota, dan seterusnya.

Fakta-fakta menarik dari saintis data

Nah setelah tau definisi seorang saintis data, saya akan menjelaskan sedikit fakta menarik yang saya temukan. Pertama, saintis data adalah pekerjaan terbaik di Amerika tahun 2016 dan 2017 dengan gaji rata-rata yang sangat tinggi yaitu sebesar $10.000 atau dalam rupiah Rp 1.463.000.000, (asumsi US$1 = Rp 13.300,-) [2 ], bahkan di negara tetangga Singapura gaji bulanan untuk seorang fresh graduated dapat mencapai US$42.000 [3]. Dengan gaji bulanan sebesar itu kita dapat umroh sebanyak 66 kali atau jalan-jalan keliling dunia sesuka hati dalam sebulan saja.

Kedua, tingkat kepuasan terhadap pekerjaan saintis data sangat tinggi yaitu 4.4 dari skala 5, artinya orang yang menekuninya sangat enjoy dengan pekerjaan[2]. Kepuasan kerja menurut Susilo Martoyo (1992 : 115), pada dasarnya merupakan salah satu aspek psikologis yang mencerminkan perasaan seseorang terhadap pekerjaannya, Ia akan merasa puas dengan adanya kesesuaian antara kemampuan, keterampilan dan harapannya dengan pekerjaan yang Ia hadapi [4]. Tentunya kenyamanan dalam bekerja merupakan salah satu kriteria utama dalam mencari pekerjaan bagi sebagian besar orang.

Ketiga, trend akan kebutuhan para data saintis juga semakin meningkat setiap tahun[2]. Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi seperti sekarang ini tentunya memerlukan lebih banyak seorang saintis data. Jumlah pengguna internet dunia yang terus melonjak cepat dalam beberapa tahun saja semakin memperjelas kebutuhan akan seorang saintis data.

Terakhir, saintis data di Indonesia masih sangat sedikit dan tingkat pertumbuhan pengguna internet dan data di indonesia sangat besar [5]. Belum lagi banyaknya startup yang muncul di Indonesia tentunya sangat memerlukan peran seorang saintis data agar keputusan yang diambil tepat sehingga bisnisnya terus tumbuh dan stabil. Peran saintis data juga merambah ke sektor lain seperti perpolitikan. Dapat dibilang di abad milenial ini segala hal berkaitan dengan data dan tentunya membutuhkan seorang saintis data untuk mengolahnya

Jadi, buat kalian yang masih resah gelisah gundah gulana karena industri migas yang sedang anjlok, ini mungkin jadi suatu solusi buat kalian. Saintis Data dapat dibilang adalah pekerjaan terseksi abad 21 ini yang godaannya susah untuk ditahan.

Jadi mana yang lebih seksi , abad 20 atau abad 21 ?

Referensi : 
 [1] bigdata.black. 2016. How to Become a Data Scientist.
 [2] glassdoor.com. 2017. 50 Best Job in America.
 [3] techinasi.com. 2016. Data Scientist Salaries in Singapore Revealed.
 [4] SusiloMartoyo. 1992. ManajemenSumberDayaManusia.
 [5] Tribun. 2016. Telkom DorongPertumbuhanSaintis Data.

Like what you read? Give Read By TERRA a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.