Long Distance Friendship : How to Survive

Jauh di mata, dekat di hati. Hey, hubungan jarak jauh tidak hanya terjadi dengan pacar lho. Hal ini bisa saja terjadi antara kamu dan sahabatmu. Meskipun terpisah oleh jarak, tapi sangat penting untuk menjaga agar kamu dan sahabatmu tetap dekat.

Coba ingat kembali, apa sih yang membuat kamu bisa dekat dengan sahabatmu? Bisa jadi kalian punya kesukaan yang sama, keunikan yang sama, atau karena keanehan dan kekonyolan yang sama? Kebersamaan yang sudah kalian jalani, bisa saja tiba-tiba dipisahkan oleh jarak. Entah untuk sekolah atau kerja demi mengejar cita-cita, pindah rumah, dan lainnya. Awalnya, untuk melakukan sebuah pertemuan dan quality time bukanlah hal sulit, tapi sekarang menjadi hal yang sangat bernilai harganya.

Tidak hanya hubungan jarak jauh dengan pacar yang banyak rintangannya. Hal ini juga terjadi pada hubungan dengan sahabat lho. Jangan sampai persahabatanmu renggang karena jarangnya komunikasi, kemudian terputus hanya karena dipisahkan oleh kota hingga negara ya.

1. Kejutan kecil nan manis

Selama ini mungkin kamu dan sahabatmu suka bertukar cerita melalui sms, chat dan telepon. Coba yuk, pakai cara lain yang tidak mainstream agar persahabatan kalian semakin erat. Misalnya, hadiahi barang atau makanan kesukaannya, tiket konser artis favoritnya, voucher belanja, dan lainnya. Bisa juga, kirimi dia kartu pos / surat dengan gambar / motif unik, dan tulislah pesan singkat yang manis.

Jika kamu tersangkut dengan ongkos kirim yang mahal, boleh cara lain yang lebih simple. Misalnya, mengirimkan video berisi kenangan kalian ketika masih bersama, atau video singkat sekedar memberikan semangat.

2. Jangan hanya mengandalkan social media

Social media memang semakin memudahkan kita untuk berkomunikasi. Jarak jauhpun tidak terlalu terasa karena komunikasi masih dapat terjalin melalui media sosial. Tetapi, bukan berarti media sosial merupakan medium yang paling jitu untuk keep in touch dengan sahabat. Mengucapkan selamat atas ulang tahun, wisuda, atau pernikahan melalui Facebook, atau Path, akan kalah dengan yang mengucapkan secara langsung via telepon, video call bahkan menghadiahinya dengan kedatangan kamu secara tiba-tiba.

3. Rencanakan liburan bersama

Rencana ini tentu harus dijadwalkan jauh-jauh hari. Mulai dari menyamakan jadwal, mencari tiket transportasi, penginapan, hingga menyusun itinerary. Kalian akan menghabiskan waktu bersama mulai dari bangun hingga tidur lagi. Manfaatkan waktu ini sebaik-baiknya untuk melepas rindu dengan melakukan hal-hal yang sebelumnya sering kalian lakukan. Bermain kartu, berkemah, piknik, masak-masak, snorkeling, dan banyak lagi. Pengalaman yang tercipta setelah berlibur bersama akan mempererat persahabatan kalian.

4. Buatlah sahabatmu merasa spesial

Walau terpisah jarak, buatlah sahabatmu tetap merasa diinginkan dan spesial. Caranya? Bisa dilakukan dengan meminta saran ketika kamu bermasalah dengan pacar, mempertimbangkan untuk pindah kantor, atau sesederhana memilih pakaian atau barang yang hendak kamu beli. Dengan hal sederhana tersebut, akan membuat sahabatmu merasa dibutuhkan.

Sekian beberapa tips untuk menghadapi persahabatan jarak jauh. Semoga membantu ya!

Temukan artikel lainnya di ZALORA Community!

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.