#1


Masa SMA, ya kebanyakan orang bilang masa itu adalah masa yang akan kita kenang hingga tua nanti. Masa SMA juga dikenal sebagai masa dimana para remaja mulai mencoba untuk “nakal” dan mencari jati diri, mencari tempat dimana dirinya berada.

Kebanyakan temanku, mereka banyak mencari jati diri dan wadah pengembangan dirinya di organisasi SMAku atau beberapa juga mendapatkannya di “organisasi” tidak resmi. Tapi, tidak begitu denganku. Entah kenapa,organisasi-organisasi ini tidak ada yang memikat hatiku. Menurutku, organisasi yang katanya didasari oleh minat dan bakat ini, terlalu menstereotipkan anggota-anggotanya. Seperti, jika kamu seorang yang bandel, tukang nongkrong, merokok berarti kamu masuk organisasi A sedangkan jika kamu seorang kutu buku dan culun berarti kamu masuk organisasi B.

Meski begitu tetap saja aku butuh wadah “itu”. Lalu akupun teringat, bahwa tujuanku masuk ke SMA ku ini (yang katanya SMA favorit di Jakarta) adalah aku tidak ingin menjadi orang yang biasa, hanya belajar untuk lulus seperti yang kulakukan pada masa SMP ku. Aku juga ingin menang ini itu, membawa Piala dan medali dari sana dan sini, seperti teman-teman sekelas SMP ku yang prestasi tingkat nasional baginya adalah hal biasa dalam hidupnya.

Maka aku putuskan untuk mencoba untuk masuk suatu organisasi di SMAku yang berfokus pada pembinaan Olimpiade sains.

WOW.

Olimpiade Sains.

Ya, akupun awalnya tidak percaya. Aku sendiri bukanlah pribadi yang jenius atau pintar. Namun, dibandingkan organisasi lain di SMA ku, organisasi pembinaan ini sama sekali tidak membutuhkan komitmen yang mengikat antara anggota dan organisasinya. Jadi, kuputuskan untuk bergabung dengan organisasi ini.

Organisasi ini bernama Study Club. Ya, dari namanya saja sudah menyeramkan bukan? namun, tetap saja aku mendaftarkan diri dengan angan-angan di siang bolong untuk lolos ke tingkat nasional dan memakai medali Olimpiade Sains Nasional di leher ku.

Ya, kenapa tidak?


Bersambung
Like what you read? Give Zachary Afif a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.