9 Cara Hasilkan Uang Lewat Tulisan Yang Belum Banyak Orang Tahu

cara hasilkan uang lewat tulisan

Ada banyak cara menghasilkan uang lewat tulisan, menulis kadang dianggap sebagai pekerjaan dengan penghasilan yang kecil. Selain sebagai penulis buku terkenal, menjadi penulis bahkan dinilai sebagai pekerjaan yang tidak menjanjikan penghasilan sama sekali.

Namun, ini merupakan stigma yang salah. Jika kamu memiliki kemampuan menulis yang baik, maka kamu dapat menggunakan kemampuan ini untuk menghasilkan uang.

Berikut ini 9 cara menghasilkan uang lewat tulisan yang belum banyak orang tahu:

  1. Menjadi Penulis Lepas

Penulis lepas merupakan pekerjaan yang akan membuat kamu mendapatkan penghasilan dari menulis. Kamu bisa mendapatkan pekerjaan dari berbagai situs penulis lepas atau media sosial. Kemudian, kamu bisa mengerjakan penulisan dimana pun kamu berada dan kapan pun.

Beberapa jenis penulisan yang bisa kamu lakukan ketika menjadi penulis lepas adalah penulisan artikel, postingan blog, review produk, atau copywriting. Kamu akan dibayar untuk setiap tulisan yang kamu buat dengan harga yang telah disepakati bersama.

Biasanya dalam pengerjaan proyek kamu akan diberikan kriteria tertentu untuk penulisan. Syarat atau kriteria ini dapat berupa panjangnya tulisan, kata kunci, tema, dan lama waktu penyelesaian tulisan.

2. Menulis Di Kolom Koran Dan Majalah Berbayar
Ini merupakan jenis pekerjaan yang sudah lama ada di dunia penulisan. Beberapa majalah atau surat kabar masih membayar penulis yang ingin menerbitkan tulisannya di surat kabar atau majalah tersebut.

Tulisan yang umumnya diterima oleh surat kabar atau majalah adalah puisi, cerita pendek, cerita bersambung, atau artikel opini. Tulisan ini akan melalui proses penilaian terlebih dahulu sebelu diterbtkan. Jika tulisan yang kamu kirimkan diterima oleh editor majalah atau surat kabar, maka tulisan tersebut akan diterbitkan.

3. Membuat Blog Afiliasi
Blog merupakan salah satu media yang dapat menghasilkan uang dan mudah untuk kamu lakukan. Menulis blog memang mudah, namun membutuhkan kedisiplinan yang tinggi. Umumnya bisa berbulan-bulan agar blogmu bisa memberikan penghasilan.
Salah satu cara terbaik untuk menghasilkan uang dengan menulis di blog adalah membuat blog afiliasi. Kamu dapat menulis review sebuah produk dan kemudian memasukan link pembelian produk tersebut.

Jika ada pembeli yang membeli produk tersebut melalui link yang kamu berikan, maka kamu akan memperoleh keuntungan dari pembelian ini. Pastikan produk yang kamu jual sesuai dengan niche blog yang kamu tulis.

4. Menjadi Penulis Tamu
Menjadi penulis tamu untuk suatu buku merupakan cara berikutnya untuk membuat penghasilan dari menulis. Ada beberapa penulis yang menawarkan penulis lainnya untuk mengisi konten di buku mereka. Penulis tamu ini nanti akan dibayar sesuai dengan harga yang disepakati.

Kamu bisa mendapatkan proyek ini dari berbagai situs penulisan, situs freelance, atau langsung dari penulis buku.

5. Membuat Ebook
Di era digital saat ini, ebook menjadi trend baru bagi pecinta buku. Kamu bisa membaca berbagai jenis buku dimanapun dan kapanpun hanya dengan mengandalkan gadget yang kamu miliki. Membawa buku yang berat akan diatasi dengan adanya ebook.

Bagi kamu yang memiliki hobby dan kemampuan menulis, ebook dapat menjadi salah satu sumber penghasilan. Ebook mudah untuk diproduksi karena kamu tidak perlu jasa percetakan untuk membuat ebook.

Kamu dapat menulis buku sesuai dengan bidang yang kamu kuasai. Setelah itu, kamu dapat menjualnya secara pribadi di website atau sosial mediamu. Kamu juga dapat menjualnya di berbagai situs penjualan ebook.

6. Self-publishing
Kamu pernah menulis buku? Apakah buku yang kamu tulis selalu ditolak penerbit? Kini saatnya kamu menerbitkan bukumu sendiri.

Dengan self-publishing kamu dapat menciptakan publisher bukumu sendiri. Tulis dan rancanglah bukumu. Kemudian terbitkan dengan meminta bantuan percetakan buku.

Setelah itu kamu dapat menjual bukumu dengan berbagai cara. Kamu dapat menitipkannya di toko buku atau menjualnya secara online. Dengan cara ini kamu dapat menentukan sendiri harga jual dan keuntungan yang akan kamu dapatkan.

7. Menulis Artikel Di Website Berbayar
Beberapa website seperti UC News akan membayar artikel yang kamu posting di website tersebut. Tentu dengan kriteria dan syarat yang sudah ditentukan.

Jika kamu tertarik, ini dapat menjadi salah satu cara menghasilkan uang lewat menulis. Kamu dapat menulis berbagai topik dan tulisanmu akan dibayar oleh pemilik website.

8. Membuat Blog Tutorial Online Berbayar
Kamu memiliki keahlian yang dapat dibagikan kepada orang lain? Misalnya, tutorial menulis artikel, membuat karya tulis ilmiah, atau tutorial memasak. Jika kamu bisa menuliskan hal ini dalam bentuk tulisan yang baik, maka kamu dapat menghasilkan uang dari hal ini.

Kamu dapat membuat kursus online dengan bermodalkan tulisan dan kemampuan yang kamu miliki. Setiap orang yang ingin membaca tutorial yang kamu buat harus membayar sejumlah uang.

Beberapa contoh website tutorial yang sukses adalah tutorial mengikuti tes CPNS, tutorial berwirausaha, atau tutorial membuat aplikasi android.

9. Menjadi Copywriter Produk
Copywriting diperlukan oleh sejumlah perusahaan untuk menjual produk mereka. Copywriting dapat berisikan tulisan yang menggambarkan produk dengan bahasa yang akan membuat pembaca membeli produk tersebut.

Bagi kamu yang memiliki kemampuan copywriting, maka menjadi copywriter merupakan pilihan yang tepat. Kamu hanya tinggal menulis copywriting produk yang diberikan kepadamu. Setelah itu, kamu akan dibayar dengan tulisan yang kamu buat.