The Most Successful People Do Before Breakfast


Pagi hari adalah waktu tersibuk di dalam rumah, semua orang fokus pada pintu keluar untuk segera beranjak beraktivitas. Waktu yang biasanya digunakan sebelum menjalankan aktivitas luar rumah sekitar 60–90 menit.

Orang paling produktif sekalipun menyadari bahwa 90 menit, 120 menit atau lebih adalah waktu yang lama untuk dihabiskan dalam rumah pada hari kerja. Jika kamu merasa tidak punya cukup waktu untuk prioritas hari ini mengapa tidak mencoba menggunakan pagi hari kamu dengan lebih baik? Menyiapkan sarapan dan perawatan pribadi. Kemudian kamu bisa menggunakan 30–60 menit untuk mencoba salah satu dari empat hal berikut:

Play, read or talk with your family.

Pagi hari bisa menjadi waktu yang sangat berkualitas jika kita mempunyai keluarga. Semua orang merencanakan apa yang akan mereka lakukan dalam hidup mereka pada pagi hari. Jika makan malam adalah hal yang tidak biasa di rumah kamu, maka ini adalah pengganti yang tepat.

Excercise.

Tiap hari kamu pasti mandi, jadi mengapa tidak mengeluarkan keringat dulu? Berjalan keluar rumah sambil menghirup udara segar pagi hari adalah hal yang baik untuk kesehatan. Karena hal ini tidak akan kamu dapatkan saat kamu sedang sibuk beraktivitas.

When you arise in the morning, think of what a precious privilege it is to be alive — to breathe, to think, to enjoy, to love. — Marcus Aurelius

Indulgence your creative side.

Banyak orang ingin membangkitkan hobi kreatif mereka seperti melukis, fotografi, menulis bahkan berlatih instrumen alat musik. Biasakan tidur lebih cepat tiga kali seminggu, kurangi menonton acara televisi malam hari dan bangun lebih awal agar kamu dapat melakukan hobi kamu di pagi hari sebelum berangkat kuliah/kerja.

Think.

Waktu untuk berpikir strategis (strategic thinking) itu sangat penting untuk mengontrol hidup kamu. Luangkan 30 menit di pagi hari memikirkan apa yang ingin kamu lakukan dengan waktu kamu. Kamu juga bisa menggunakan waktu ini untuk membaca buku, bermeditasi atau menulis jurnal (blog). Semua ini akan membantu kamu memulai hari di tempat yang jauh lebih baik daripada orang lain yang terburu-buru untuk melakukan rutinitasnya.