Gejala Penyakit Kanker Rahim

Bagi kebanyakan penderita kanker serviks, pertanda pertama penyakit ini bukanlah rasa sakit yang aneh atau sensasi yang tidak biasa. Ini adalah tes Pap abnormal.

“Pada tahap awal, sebenarnya tidak ada gejala,” kata Matthew Anderson, MD, PhD , asisten profesor kebidanan dan ginekologi di Baylor College of Medicine.

Dan seperti halnya kebanyakan kanker, tahap awal juga merupakan saat ketika hasil pengobatan rosiest. Itulah mengapa CDC dan American Cancer Society merekomendasikan agar semua wanita mulai menjalani tes Pap reguler pada usia 21. (Berikut adalah 10 besar gejala kanker yang kebanyakan orang abaikan.

Jika tes Pap ternyata sel abnormal — kadang disebut sebagai “precancer” — atau tanda lain dari penyakit ini, Anderson mengatakan bahwa pengobatan biasanya melibatkan histerektomi . Operasi itu cenderung sangat sukses, katanya.

Di sisi lain, jika Anda memperhatikan gejala, kanker Anda mungkin cukup maju. “Penyembuhan masih mungkin dilakukan pada tahap itu, tapi ini jauh lebih kompleks,” kata Anderson. Penyembuhan itu mungkin akan melibatkan radiasi atau kemoterapi, dan hasilnya kurang pasti, katanya. Teruslah membaca untuk mengetahui tanda dan gejala kanker serviks.

Pendarahan yang tidak normal

Pendarahan vagina yang tidak biasa adalah gejala yang paling terkait erat dengan kanker serviks, kata Joshua Cohen, MD , ahli onkologi ginekologi di UCLA. “Ini bisa jadi berdarah setelah hubungan intim atau antar periode,” katanya. Periode yang lebih berat dari biasanya atau perdarahan setelah menopause juga merupakan tanda potensial kanker serviks, menurut American Cancer Society. Hal ini mungkin dapat terjadi akibat infeksi, obat infeksi rahim merupakan jalan keluarnya.

Nyeri panggul

Seiring dengan pendarahan yang tidak normal, Anderson mengacu pada nyeri pelvis sebagai “salah satu biggies.” Dia mengatakan bahwa rasa sakit itu bisa menyebar, atau bisa terjadi di area panggul Anda. Selain kanker, penebalan dinding rahim juga dapat menyebabkan nyeri panggul. Meski ada berbagai cara menyembuhkan penebalan dinding rahim yang dapat anda coba, baiknya anda tetap memilih.

Bisa juga berkisar dari rasa sakit yang tajam hingga sakit yang membosankan. Apalagi jika rasa sakit itu baru atau sepertinya tidak berhubungan dengan siklus haid Anda, Anda pasti ingin memberi tahu dokter Anda tentang hal itu, kata Anderson. Rasa sakit saat berhubungan seks atau buang air kecil juga merupakan tanda peringatan. (Sembuhkan seluruh tubuh Anda dengan 12 detoks hati selama 12 hari untuk kesehatan tubuh.

Debit yang aneh

Sebuah debit mendung, berbau busuk juga merupakan bendera merah potensial, kata Anderson. “[Pelepasan] juga bisa berair,” tambahnya. Tentu saja, ada banyak penyebab keputihan abnormal yang tidak ada kaitannya dengan kanker. Jadi jangan panik. Berbicaralah dengan doktermu.

Kelelahan

Anderson mengatakan bahwa Anda dapat menambahkan kanker serviks ke daftar panjang masalah kesehatan yang bisa membuat Anda merasa lelah atau lesu. “Ini bukan gejala pertama yang saya cari, tapi itu bisa hadir.”

Perubahan pada buang air besar

Peeing sering atau merasa seperti Anda harus selalu pergi adalah gejala yang terkait dengan penyakit ini, Cohen mengatakan. Jadi, perubahan terus-menerus dalam kualitas kotoran Anda . Cohen mengatakan penekanan di sini-dan dengan semua gejala ini, selamatkan pendarahan-ada pada kata “gigih.” Dia mengatakan mengalami gejala ini kurang dari seminggu tidak perlu dikhawatirkan. Tapi jika mereka bertahan atau menjadi lebih buruk lagi, saatnya bertemu dengan seseorang.

Anda merokok (atau biasa merokok)

Ya, ini adalah faktor risiko, bukan gejala. Tapi perokok dan mantan perokok harus tahu kebiasaan merokok mereka kira-kira bisa melipatgandakan risiko penyakit ini, menurut sebuah studi di International Journal of Cancer.

Anderson mengatakan semua gejala di atas — jika disebabkan oleh kanker serviks — kemungkinan besar akan muncul pada usia akhir 30-an, 40-an, atau 50-an. “Kita melihat kanker serviks pada wanita berusia 20 tahun, dan juga di kemudian hari, tapi usia rata-rata adalah pertengahan 40an,” ia menjelaskan.

Disamping berisiko menyebabkan penyakit kanker, orang yang merokok juga dapat terjangkit penyakit miom. Salah satu cara menghilangkan miom di rahim adalah dengan teknik operasi dan pengobatan tradisional.

Kabar baiknya: Anda pasti sudah mendengar ada vaksin yang membantu melindungi wanita dari human papillomavirus (HPV), jenis infeksi yang umum yang menyebabkan hampir semua kasus kanker serviks, per CDC . Karena semakin banyak wanita muda yang divaksinasi, kasus kanker serviks (dan lainnya, kanker HPV yang kurang umum) harus menurun drastis .