Cukup US$ 5 Untuk Cloud Hosting Di Digital Ocean

Akibat kenaikan harga hosting disertai penurunan pelayanan (ya itu benar-benar terjadi), kami akhirnya memutuskan untuk mencari alternatif hosting provider. Sudah beberapa lama kami mendengar berita bagus tentang Digital Ocean. Salah satu startup yang bergerak di bidang cloud hosting. Ada beberapa hal yang membuat kami tertarik :

  • murahnya paket yang ditawarkan.
  • performance yang sangat bagus untuk harga yang ditawarkan
  • kemudahan melakukan setup dan maintenace
  • keberadaan salah satu data center di singapur yg geo locationnya dekat dengan Indonesia

Untuk memulai atau sekedar coba-coba kamu cukup memiliki kartu kredit atau akun paypal berisi 5 USD saja. Dengan lima dolar tersebut kamu sudah dapat memiliki sebuah server dengan spesifikasi di bawah ini selama satu bulan

  • 512 MB Memory
  • 1 Core Processor
  • 20 GB SSD Disk
  • 1 TB Transfer

Sangat murah bukan.

Bagi yang khawatir dengan batasan bandwidth 1 TB, dengan batasan itu kamu memiliki jatah 33,33 GB transfer perhari. Lebih dari cukup untuk sebuah website biasa. Jika batasan tersebut masih belum cukup biaya bandwith extra yang perlu di bayar hanya 2 sen saja (Rp.260 dengan kurs Rp.13.000) untuk setiap 1 GB yang kamu pakai. Dan yang terpenting adalah semua bandwidth ini internasional. Berbeda dengan hosting lokal yg umumnya memiliki kapasitas up to 100 Mb/sec untuk lokal (IIX) tapi hanya up to 10 Mb/sec utk internasional.

Walau murah, performancenya pun cukup memuaskan. Karena Digital Ocean (DO) memiliki komitmen hanya mempergunakan hardware terbaik dan mempergunakan SSD untuk semua servernya. Dari faktor itu saja perfomance yg kami rasakan sudah sangat jauh dibanding hosting dengan PC berbasis harddisk.

Selain itu mereka memiliki web interface yang sangat mudah dipakai, untuk membuat sebuah droplet (instance server) kita hanya memperlukan beberapa click dan 55 detik saja. Lalu server kita pun siap untuk dipergunakan.

Kamu memiliki beragam linux Distro yg bisa kamu pilih sebagai OS server kamu.

Atau bisa juga kamu membuat droplet kamu berdasarkan aplikasi yg kamu ingin jalankan.

Dan jangan lupa untuk memilih lokasi data center yang terdekat dengan lokasi utama audiance kamu.

Bisa Lebih Murah!

Kalau kamu merasa itu sudah murah, ada sebuah trik yang bisa kamu lakukan agar lebih murah lagi. Digital Ocean secara rutin memberikan promosi kepada pengguna barunya. Dengan mendaftar melalui link di bawah ini

https://www.digitalocean.com/?refcode=1b93e4b052bb

kamu akan mendapatkan tambahan US$ 10 di akun kamu. Dengan US$ 5 awal tadi maka kamu memiliki total US$ 15 di akun kamu. Dengan tambahan itu kamu bisa memilih untuk mengupgrade server kamu ke paket yang lebih tinggi (paket US$ 10/bulan) dengan spesifikasi berikut

  • 1 GB Memory
  • 1 Core Processor
  • 30 GB SSD Disk
  • 2 TB Transfer

ATAU mempergunakan spesfikasi sebelumnya tapi menambah jatah hosting selama 3 bulan secara gratis!

Dengan mempergukanan spesifikasi awal, itu berarti kamu hanya perlu membayar Rp.65.000 untuk sebuah server dengan memory 512 MB untuk selama 3 bulan. Sangat-sangat-sangat murah sekali kan :D

Migrasi

Untuk melakukan migrasi, dibutuhkan perubahan nameserver di registrar kita. Prosesnya cukup mudah. Kami menggunakan registrar godaddy, yg diperlukan cukup merubah namerserver menjadi :

  • NS1.DIGITALOCEAN.COM
  • NS2.DIGITALOCEAN.COM
  • NS3.DIGITALOCEAN.COM

Lalu dari menu DNS di console digital ocean, menambahkan info domain kita seperti berikut.

Untuk menambahkan CNAME agar kita bisa mengakses subdomain kita seperti dev.mreunionlabs.net atau forum.mreunionlabs.net bisa dilakukan melalui menu yang sama. Cukup menambahkan tanda * dan @ seperti contoh di gambar berikut maka CNAME pun selesai ditambahkan (masih diperlukan settings di web server kamu agar subdomain itu menampilkan halaman yang kamu inginkan.

Biaya

Perhitungan biaya adalah salah satu hal yang menarik dalam skema pembayaran dari Digital Ocean. Saldo yg kita masukkan pada awal pendaftaran akan di simpan pada akun kita. Lalu biaya server akan dikenakan dengan hitungan per-jam. Biaya per jam dihitung dengan membagi biaya bulanan (US$ 5) dengan 28 hari (672 jam). Angka 0.007 ini akan dikurangi dari balance anda tiap jamnya hingga mencapai batas bulaan (US$ 5). Setelah itu tidak akan dikurangi lagi hingga bulan berganti.

Dengan perhitungan ini, jika sebuah server tidak kita pergunakan lagi, kita dapat membuat snapshot dari server tersebut, lalu mendestroy droplet server itu. Droplet yg kita destroy tidak akan dikenakan biaya lagi (jika dibuat offline masih kena biaya). Untuk menghidupkan kembali server kita cukup membuat droplet baru dari snapshot yg kita buat.

Have fun with your new instant server ☺

Show your support

Clapping shows how much you appreciated abangkis p’s story.