UX Case Study: Aplikasi Ada Guru

Abdulbashir
3 min readNov 19, 2021

--

Bismillahirrohmanirrohim

Segala puji bagi Allah Subahaanahu wata’ala, Sholawat dan salam semoga terus tercurahlimpahkan kepada Nabi Muhammad shollalahu ‘alaihi wasallam.

Di postingan kali ini saya akan mengemukakakan hasil wawancara saya dengan beberapa siswa SMA pada hari Jumat tanggal 12 November 2021.

Pada wawancara tersebut, kami berbicara tentang permasalahan sistem pendidikan yang ada di sekolah mereka sekaligus mencari solusi agar masalah tersebut bisa diaatasi. Dari hasil wawancara tersebut, kami menyimpulkan setidaknya ada dua masalah mengenai sistem pembelajaran yang terjadi di sekolah masing-masing siswa, yaitu jam pelajaran kosong akibat guru berkendala tidak bisa hadir dan penugasan sistem organisasi atau lebih dikenal dengan kata OSIS. Dari kedua masalah tersebut, saya dan teman saya yang bernama Usman Hadi memutukan masing-masing mengambil satu orang satu masalah yang harus diselesaikan.

Apa tugas kami ?

Sesuai dengan tujuan kami, yaitu adalah UX case research, yaitu menganalisis kebutuhan user sebelum terjadinya sebuah aplikasi. Dan disini, saya akan membantu membuatkan aplikasi yang bisa menyeleaikan masalah yang pertama yaitu “jam pelajaran kosong saat guru berkendala tidak dapat hadir.”

Bagaimana penjelasannya ? Silahkan baca dan simak dengan baik hasil wanwancara sampai akhir.

  1. User Persona

Atau bisa disebut juga dengan target orang yang diwawancarai (narasumber), berhubung target narasumber kami adalah pelajar, maka kami mengundang beberapa siswa yang diantaranya adalah:

  • Nama : Rio Arga ( Asal sekolah : SMA 2 Bogor )
  • Anargya Asjad Maylafaezza ( Asal sekolah : MAN 3 Bogor )
  • Masyayu Rani Nur Hidayati ( Asal sekolah : MAN 3 Bogor )
Lokasi : Cafe lain hati, Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Jumat, 12 November 2021

2. Permasalahan

Seperti penjelasan di atas, di sini saya memilih untuk menyelsaikan permasalahan jam kelas kosong saat tidak ada guru. Maka saya terpikir untuk membuatkan aplikasi absensi yang dibuatkan khusus untuk guru.

Mengapa demikian ? Waktu sangatlah berharga. maka apa jadinya jika waktu tersebut terbuang dengan sia sia.

Apa nama apliakasi yang saya buat? namanya adalah Aplikasi Ada Guru, yang dibuatkan khusus untuk absensi para guru.

3. Solusi dan Penyelasaian

Di aplikasi yang saya buat ini, semoga bisa membantu kehadiran para guru yang masih menggunakan cara manual yaitu dengan memberikan tanda tangan pada sebuah kertas yang telah disediakan.

Fitur menarik dari apliaksi ini, terdapat fitur chat dan notifikasi sebagai pengganti reminder (pengingat) jam pelajaran, yang biasanya masih dalam grup whatttsap atau telegram.

4. Alur Penggunaan Aplikasi

Berikut merupakan contoh alur penggunaan aplikasi:

5. Proses Pembuatan

A. Tipograpi

B. Wireframe

Dasaranya, wireframe pada sebuah aplikasi adalah penempatan template fitur sebelum jadi sebuah aplikasi.

Di sini, saya menggambarkan 8 tampilan awal aplikasi atau yang lebih dikenal dengan crazy8.

C. Tampilan perkiraan

Halaman yang saya buat:

1 halaman splashscreen, 2 halaman beranda, 4 halaman detail, 2 Halaman obrolan (chat),1 halaman notifikasi, 1 halaman Profil

6. Percobaan Test Fitur Aplikasi

Bisa disebut juga dengan prototype, berikut adalah contohnya:

Anda juga bisa mencoba aplikasi tersebut, silahkan klik fitur yang mau anda coba, selamat mencoba !

Demikian latar belakang sebuah aplikasi “Ada Guru” yang saya buat selama lebih kurang sepekan, Semoga bermanfa’at!.

Wabillahi taufiiq wal hidaayah, Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuhu

--

--