How to Get Your Google New Login Screen (Indonesian Version)

“Keresahan” yang setelah sekian lama akhirnya terjawab

Gambar 1. Setelah sekian lama akhirnya terbongkar caranya

Dua gambar di atas adalah tampilan login Google untuk seluruh fitur: Gmail, Drive, YouTube, Docs, dan sebagainya. Yang kiri adalah tampilan lama, sementara yang kanan baru. Saya sudah lama mendapatkan pemberitahuan soal kehadiran tampilan baru ini setiap saya login di laptop pribadi. Cuma, saya baru mendapatkannya sesaat sebelum saya menulis tulisan ini.

Pendahuluan

Penjelasan sedikit dari apa yang akan saya sampaikan.

Latar Belakang

“Kok saya gak dapet??” Ini adalah pertanyaan saya saat mengetahui di komputer orang lain tampilan ini muncul. Kira-kira ada dua bulan saya menunggu tampilan baru login screen ini.

Alah, hal remeh gitu doang, gak penting!
Yaudah lah, perintilan doang, peduli amat sih??

Itu yang saya dengar dari teman-teman yang kebetulan bersama saya saat saya keluhkan hal ini. Dan mungkin (mungkin lho ya..) ini pula yang Anda pikirkan saat membaca tulisan ini. Ya, saya memang (entah mengapa) sangat peduli dengan hal-hal “remeh”, apalagi yang menyangkut hal-hal di jagad digital seperti ini. Dan rasa penasaran terkait “kok di komputer orang ada, di saya enggak?” masih menjadi dorongan saya untuk terus mencari tahu apa yang menyebabkan ini terjadi.

Rumusan Persoalan

“Kok di komputer orang ada, di saya enggak?”

Tujuan

Mewujudkan login screen baru ini di laptop saya, dan memberi tahu Anda cara untuk mewujudkannya di komputer Anda. Karena saya belum punya blog juga, saya tulis saja di sini

Metodologi

Coba-coba aja, tiba-tiba kepikiran, langsung dipraktekkan

Tinjauan Teori

Saya cari-cari di Google (googling) gak ketemu-ketemu, makanya saya tulis di sini, siapa tahu Anda mengalami hal yang sama seperti saya.

Hasil Analisis

Gambar 2. Ikon titik tiga

Ternyata, yang perlu kita lakukan hanya menghapus cache browser internet kita. Kebetulan saya menggunakan Google Chrome. Di Google Chrome versi saya, caranya tinggal klik ikon titik tiga seperti pada Gambar 2. lalu klik Settings… Kemudian akan muncul tab baru bernama Settings. Di tab tersebut, cukup ketikkan ‘cache’ sehingga akan muncul tampilan berikut (Gambar 3). Klik ‘Clear browsing data…’ tersebut. akan muncul tampilan seperti gambar di sebelahnya. Centang ‘Cached images and files’. Kemudian, klik ‘Clear browsing data’.

Gambar 3. Tampilan hasil pencarian ‘cache’

Setelah melakukan hal tersebut, silakan tutup browser Anda lalu akses kembali salah satu alamat login Google, misalnya mail.google.com. Bila tidak kunjung tampil, refresh laman situs tersebut dengan memencet F5 atau mengeklik tombol ‘Refresh’ di sudut kiri atas.

Simpulan

Demikian cara “membangkitkan” tampilan baru login Google di komputer Anda. Semoga berhasil, dan silakan bagikan ke teman-teman Anda.

Terima kasih sudah membaca sampai habis.
Like what you read? Give M Abdul Mubdi Bindar a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.