Update iOS Untuk Mengatasi Masalah Baterai Pada iPhone?

Apple mengatakan menerima banyak keluhan dan masukan dari para pengguna iPhone mengenai baterai yang sudah menua.


Untuk mengatasi masalah tersebut, Apple menawarkan penggantian baterai yang lebih murah dan mengatakan bahwa pembaruan iOS masa depan akan mencakup fitur yang menawarkan lebih banyak informasi tentang daya tahan baterai. Beberpa pengguna iPhone mengeluhkan masalah baterai di Twitter.

Apple mengurangi harga penggantian baterai iPhone tanpa garansi sebesar $ 50 dari $ 79 menjadi $ 29 bagi siapa saja yang memiliki iPhone 6 atau yang lebih baru jika baterainya sudah rusak, dimulai pada akhir Januari dan tersedia di seluruh dunia sampai Desember 2018. Rinciannya akan segera tersedia di Website Apple. Harga yang diberikan Apple untuk penggantian baterai bila dirupiahkan menjadi kurang lebih Rp 390 ribuan.

Selanjutnya, Apple mengatakan akan merilis versi baru iOS di tahun 2018 yang katanya memberi info kepada pengguna tentang daya tahan baterai mereka:

Pada awal tahun 2018, kami akan menerbitkan pembaruan perangkat lunak iOS dengan fitur baru yang memberi visibilitas lebih banyak kepada pengguna menyangkut kesehatan baterai iPhone mereka, sehingga mereka dapat melihat sendiri apakah kondisinya mempengaruhi kinerja.

Aku sendiri penasaran update iOS ini nantinya seperti apa, tapi kemungkinan Apple akan merilis versi beta terlebih dahulu sebelum akhirnya dapat diunduh pengguna umum.

Surat terbuka Apple juga memberi penjelasan tentang anggapan bahwa pihaknya sengaja memperlambat iPhone lawas, namun memberikan produk yang bertahan selama mungkin:

Pertama dan terutama, kami tidak pernah — dan tidak akan pernah — melakukan apapun untuk secara sengaja mempersingkat masa pakai produk Apple, atau menurunkan pengalaman pengguna untuk mendorong peningkatan pelanggan. Tujuan kami selalu menciptakan produk yang disukai pelanggan, dan membuat iPhone bertahan selama mungkin merupakan bagian penting dari itu.

Banyaknya komentar pengguna berisi keluhan lambatnya performa iPhone mereka membuat Apple banyak mendapat tuntutan hukum. Selengkapnya surat terbuka Apple ini dapat kalian temukan di sini. Dalam suratnya, mereka menyampaikan permintaan maaf, meluruskan kesalahpahaman, dan menawarkan penggantian baterai dengan harga jauh lebih murah. Apple juga menerbitkan dokumen pendukung baru berjudul “Baterai dan Kinerja iPhone.”

[via MakeMac & 9to5mac]

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.