Kenapa harus bergabung pada kelas ini? : Data & Fisika

Heven saragih
3 min read11 hours ago

--

What lead me to this point?

Sejak kecil, saya selalu memiliki ketertarikan yang mendalam terhadap berbagai fenomena alam, terutama dalam bidang fisika. Salah satu momen yang tidak terlupakan adalah ketika saya, masih duduk di bangku sekolah dasar, menemukan video tentang superkonduktor di YouTube. Pada saat itu, bayangan saya tentang superkonduktor sangatlah sederhana. Saya berpikir bahwa fungsinya hanya terbatas pada membuat sebuah magnet melayang di atas medan magnet pada suhu ekstrem. Meski pemahaman saya masih dangkal, rasa penasaran saya terhadap ilmu fisika tidak pernah surut. Justru, pengalaman itu menjadi awal perjalanan saya untuk memahami fisika lebih dalam.

Perlahan-lahan, saya mulai menyadari bahwa fisika tidak hanya sekadar mengamati alam secara langsung, tetapi juga melibatkan analisis matematika yang mendalam untuk menjelaskan berbagai fenomena. Selama bertahun-tahun, saya terus mengeksplorasi bagaimana teori-teori fisika yang kompleks bisa diterjemahkan ke dalam bentuk persamaan matematika. Namun, seiring berjalannya waktu, saya menyadari bahwa matematika dan observasi manual saja tidak cukup untuk menggambarkan fenomena alam secara akurat, apalagi untuk menghadapi sistem yang sangat kompleks.

Perlunya pemodelan data

awalnya saya kira belajar ilmu fisika cukup hanya melakukan observasi dari pengamat manusia kemudian menurunkannya kedalam bahasa matematika.Tetapi tentunya komputasi pada ilmu fisika memiliki keterkaitan yang kuat.Contohnya saja pemodelan dari pengumpulan data yang didapat dapat memberikan visualisasi suatu prinsip alam tertentu dengan jelas contohnya seperti dibawah ini

Trajectory of a projectile with air resistance

Salah satu contoh yang membuka mata saya adalah ketika saya belajar tentang pemodelan gerak proyektil dengan resistensi udara. Pada pemodelan ini, saya melihat betapa pentingnya komputasi dalam fisika. Pemodelan ini melibatkan dua jenis hambatan: Stokes drag yang direpresentasikan oleh garis biru dan Newtonian drag yang ditampilkan dengan garis hijau. Dengan bantuan komputasi, visualisasi dari fenomena ini dapat ditunjukkan secara elegan. Visualisasi tersebut membantu saya, dan banyak orang lainnya, untuk lebih mudah memahami prinsip fisika yang mungkin sulit dijelaskan dengan kata-kata atau persamaan matematika saja.

Setelah itu, saya mulai menyadari pentingnya komputasi dalam setiap aspek fisika modern. Pemodelan data bukan hanya alat bantu, melainkan bagian integral dalam memahami fisika secara menyeluruh. Komputasi fisika memungkinkan kita untuk melakukan simulasi, memprediksi perilaku sistem yang rumit, dan memvisualisasikan hasil yang bisa sangat sulit dicapai dengan pendekatan analitis atau eksperimental.

Output Keluaran?

Sebagai seorang mahasiswa fisika yang terus belajar, saya merasa kelas ini sangat penting bagi saya untuk memperkuat pondasi saya dalam memahami dan memodelkan fenomena alam. Pemodelan generator data bukan hanya sekadar keterampilan teknis, tetapi juga merupakan alat yang esensial poin-poin cakupan yang kedepannya harapannya bisa dipenuhi antara lain:

Kebutuhan Akan Akurasi
Dalam fisika, kita sering kali berhadapan dengan sistem yang sangat rumit, seperti dinamika fluida, fisika partikel, atau simulasi iklim. Untuk memahami perilaku sistem tersebut, kita tidak hanya membutuhkan teori yang kuat, tetapi juga kemampuan untuk memodelkan data dengan akurat. Pemodelan generator data memungkinkan kita untuk menghasilkan data yang lebih representatif dan meminimalkan kesalahan prediksi.

Efisiensi dalam Simulasi
Komputasi memberikan kita kemampuan untuk mengelola data dalam jumlah besar dengan waktu yang relatif singkat. Hal ini sangat berbeda dengan metode klasik yang mungkin membutuhkan waktu observasi berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Melalui pemodelan, kita bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat, sehingga lebih efisien dalam proses pembelajaran dan penelitian.

Visualisasi yang Membantu Pemahaman
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, visualisasi adalah alat yang sangat kuat untuk memahami konsep-konsep fisika yang kompleks. Dalam pemodelan generator data, hasil simulasi dapat divisualisasikan dalam bentuk grafik, animasi, atau model 3D, yang memungkinkan kita untuk ‘melihat’ prinsip-prinsip alam yang biasanya hanya dapat kita bayangkan secara abstrak.

Relevansi dengan Tren Teknologi
Di era yang semakin canggih ini, teknologi terus berkembang pesat. Pemahaman tentang data science dan machine learning kini menjadi lebih penting, termasuk dalam bidang fisika. Pemodelan generator data memiliki keterkaitan erat dengan perkembangan teknologi ini, karena banyak metode baru dalam pemrosesan data fisika yang dikembangkan melalui teknik-teknik tersebut. Dengan belajar pemodelan generator data, saya tidak hanya mempersiapkan diri untuk memahami fisika masa kini, tetapi juga fisika masa depan yang semakin terintegrasi dengan teknologi.

abraham heven philia saragih — 10223038

--

--