Selamat tinggal Client Platform Framework aka Gareng Framework

Muhamad Surya Iksanudin
1 min readDec 14, 2017

--

Sekedar refresh ke beberapa bulan yang lalu ketika saya pertama kali memutuskan untuk membuat Client Platform, sebuah framework yang saya design sesimple dan seminimal mungkin untuk keperluan Frontend Developer. Ketika itu motivasi utama saya adalah bagaimana agar credential data seperti API Key, Token, dll dapat tetap disimpan di Server Side.

Karena fokus Framework ini untuk Frontend Developer, maka saya harus membuatnya semudah mungkin agar learning curve Frontend Developer tetap fokus pada teknologi Frontend bukan pada teknologi Backend atau Framework ini.

Framework ini memang sangat spesifik sehingga tidak banyak fitur yang saya benamkan kedalamnya. Tidak ada database abstraction, tidak ada email, tidak ada built-in validation, tidak ada CRSF dan fitur umum lainnya yang biasanya ada pada General Purpose Framework. Karena ini itu semua akan dihandle oleh Frontend dan Backend sekaligus kan?

Kembali ke tujuan awal dibuatnya framework ini yaitu simpel, lightweight dan robust, Client Platform tidak lagi relevan setalah munculnya Symfony 4 karena semua aspek yang menjadi konsern Client Platform sudah dicover oleh Symfony 4.

Dengan fakta tersebut, maka saya memutuskan untuk menghentikan project tersebut. Aplikasi yang dibangun menggunakan Client Platform tetap dapat menggunakan framework tersebut atau bisa mulai untuk diporting menggunakan Symfony 4.

Kedepan, saya mungkin akan membuat distribusi Symfony untuk menggantikan Client Platform. Hal tersebut saya lakukan agar spirit Client Platform sebagai framework yang fokus untuk Frontend Developer tetap hidup.

--

--