9 Oktober 2016: Lima Jam Menonton Sepak Bola Indonesia!

Apa rencana kegiatan Anda di hari Minggu 9 Oktober 2016? Bila pertanyaan ini diarahkan ke fans klub luar negeri, mereka akan jawab yang bukan kegiatan bola. Karena hari itu, tak ada satupun tayang live TV liga-liga utama Eropa. Bagi yang suka sepak bola Indonesia, inilah harinya.

Mulai pukul 16.00 WIB ada pertandingan Indonesia Soccer Championship (ISC) A antara Mitra Kutai Kartanegara vs Sriwijaya FC di Indosiar. Malah, 45 menit kemudian remote bisa dialihkan ke RCTI karena ada friendly game tim nasional (timnas) Indonesia vs Vietnam. Bahkan remote itu ‘’bisa bermain segitiga’’ karena ada Persija vs Barito Putra yang kick off 19.00 WIB di SCTV.

Saat siaran langsung itu saja, setidaknya ada lima jam kita menikmati sepak bola Indonesia, bila hitungannya awal kikc off. Bagi yang ingin mau dengar komentator ngomong dan bejibunnya iklan, maka lebih dari itu. Karena biasanya setiap TV selalu menyebutkan jadwal tayang mereka 30 menit sebelum kick off. 
 
 Bahkan jika ada yang berbaik hati menyiarkan dan Anda mau mencari live streamingnya, mulai 15.00 WIB bisa juga menyaksikan ISC B yang memasuki putaran 16 besar. Yakni, Celebest FC Palu vs Perserang Serang. Satu jam kemudian ada PSPS Pekanbaru vs PSGC Ciamis dan PSIS Semarang vs Persekap Pasuruan.

Lebih unik lagi bagi warga Kalimantan Selatan (Kalsel), karena bisa menyaksikan langsung final Liga Nusantara (Linus) Zona Kalsel antara Peseban Banjarmasin vs Barabai FC. Warga Kalsel yang bawa tv mobile ke lapangan, bisa saksikan semua kompetisi yang ada di Indonesia sekaligus. Mulai level terbawah Linus, DU (ISC B) hingga ISL (ISC A) dan tentu saja timnas.

Sedangkan bagi warga Yogyakarta, sehari sebelum berbondong-bondong nonton timnas ke Stadion Maguwoharjo, bisa menyaksikan final Linus DIY antara UAD FC Yogyakarta vs Gama FC Yogyakarta yang digelar Sabtu 8 Oktober 2016. Tentu sangat menarik, bila manajer kedua tim berani ngasih bonus tiket gratis nonton timnas bagi pemainnya jika raih juara.

Kita nikmati saja sepak bola negeri kita seperti ini. Yang baru terbebas dari pembekuan FIFA dan belum bisa mengatur dengan nyaman jadwal timnasnya. Jangan bandingkan dengan yang sudah maju. Karena jika timnasnya bertanding maka kompetisi klubnya istirahat terutama kasta tertinggi. 
 
 Jadi, biarkan saja jika ada fans klub luar negeri mencibir Anda yang suka sepak bola Indonesia ketika tetap asyik nonton bola di TV pada Minggu 9 Oktober ini. Dan sepertinya diri Anda agak aman untuk saksikan timnas, karena di jam itu Anda tidak bersaing dengan fans sinetron. Heeee…####

(Penulis Ade Adran Syahlan bermukim di Batam. Dapat dihubungi melalui akun twitternya @adesyahlan. Tulisan# ini telah terbit di koran Batam Pos edisi Minggu 9 Oktober 2016)

Sumber: http://dutatamasports.com/blog/9-oktober-2016-lima-jam-menonton-sepak-bola-indonesia