Hampir Ketinggalan Program DevHandal

Adi Muhamad Firmansyah
4 min readOct 25, 2023

--

Halo semuanya! Saya Adi Muhamad Firmansyah dari Kabupaten Tasikmalaya. Ini adalah cerita saya mengikuti program DevHandal dan tersertifikasi Certified Developer dari Alibaba Cloud.

Huuuh … Hampir saja ketinggalan program ini. Saya terkadang ketinggalan update informasi karena saya menonaktifkan beberapa fitur sosial media seperti menghilangkan FYP Youtube agar fokus saya tidak teralihkan saat saya belajar sesuatu di Youtube.

Saya menggunakan extention Unhook Remove Youtube Recommendation Video di browser Chrome saya agar ketika saya mengakses Youtube saya dapat fokus ke section search untuk memasukkan kata kunci pencarian materi yang ingin saya pelajari tanpa harus melihat daftar video FYP pada beranda Youtube.

Ketika saya merasa bosan dan mencoba untuk men-disable extention tersebut agar memunculkan FYP video, terdapat video dari channel Web Programming Unpas yang membahas mengenai program DevHandal yang tersertifikasi Certified Developer dari Alibaba Cloud. Saya menyimak penjelasan dari Pak Sandhika Galih mengenai benefit apa aja yang didapatkan dari program ini salah satunya beasiswa FullStack Javascript yang memiliki banyak demand pekerjaan saat ini selama 1 tahun gratis. Wow!

Sebagai seorang Javascript anthusiast saya langsung pun ikut mendaftar program DevHandal. Namun sayang banget, saya tahu informasi tersebut kira kira sebelum tanggal 20 Oktober 2023, yang mana tanggal tersebut merupakan tanggal penutupan programnya nya. Karena setelah saya pikir pikir ternyata saya terlambat, saya pun mendaftar dengan melengkapi data diri tanpa meneruskan pendaftaran. (Mana pas hp rusak kalau mau daftar AlibabaCloud harus nebeng masukin kartu SIM nya ke hp kakak saya buat verifikasinya. Belum lagi kalau buat daftar Alibaba Cloud Student nya harus nunggu verifikasi sekitar 2 hari. Belum lagi harus dapetin sertifikat dari challenge Alibaba Cloud nya akhirnya gak lanjutin deh huhuuhuuuu).

Beberapa hari pun berlalu, beruntung banget pada hari Senin kemarin tanggal 23 Oktober pagi pagi buka laptop saya berpikir “Ah … iseng pengen liat devhandal.id” Ternyata eh ternyata diperpanjang dong sampai 26 Oktober 2023. Tidak pikir lama saya langsung lanjutin daftar. Daftar AlibabaCloud sudah, dapat akses Alibaba For Student sudah, dapat serfikat sudah, tinggal share postingan di sosial media dan bikin tulisan blog. Ye … meskipun hampir terlambat, akhirnya saya bisa ikutan program ini!

Selain karena beasiswa materi pembelajaran Javascript selama 1 tahun, terdapat beberapa hal dibawah ini yang membuat saya ingin mengikuti program ini:

  1. Codepolitan
Codepolitan Logo

Codepolitan sebagai penyelenggara program DevHandal adalah platform belajar pemrograman secara online dengan berbahasa Indonesia yang dikembangkan khusus untuk membantu generasi muda belajar dan berlatih pemrograman agar kompetitif di era Industri 4.0. Materi pemrograman dari berbagai bidang yang sudah disusun rapi dan dikemas dalam bentuk video sangat cocok bahkan untuk pemula sekalipun yang baru mempelajari dunia programming. Apalagi bagi saya pribadi yang memiliki gaya belajar audio visual, materi pembelajaran berbentuk video membantu saya belajar lebih cepat.

2. Alibaba Cloud

Alibaba Cloud Logo

Alibaba Cloud adalah salah satu penyedia layanan cloud computing terkemuka di dunia dan memiliki sejumlah pusat data di berbagai lokasi internasional. Mereka menyediakan layanan cloud yang berskala besar kepada bisnis dan individu untuk mendukung aplikasi, situs web, dan infrastruktur TI lainnya. Layanan cloud sendiri sekarang sudah menjadi tren karena banyak perusahaan yang fokus terhadap pengembangan sistem mereka tanpa perlu memikirkan pengelolaan server yang mahal dan memiliki berbagai resiko. Dengan mempelajari teknologi cloud computing maka saya yakin bahwa saya bisa memiliki ilmu dan keterampilan relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

Buat para pelajar, Alibaba Cloud menyediakan akses gratis selama 12 bulan agar para pelajar bisa menikmati layanan Alibaba Cloud sehingga memiliki pemahaman dan kemampuan yang baik di bidang cloud computing. Kerennya, terdapat Hands On Lab untuk membantu pemula yang baru mencoba Alibaba Cloud yang berisi tutorial yang dapat diikuti dengan mudah yang mana setelah mengerjakan Lab ini maka pengguna diberikan sertifikat bahwa pengguna sudah memahami service di Alibaba Cloud. Sangat membantu banget buat yang baru belajar khususnya mahasiswa atau siswa yang tengah mempelajari ilmu cloud computing.

3. Komunitas yang Aktif

Salah satu testimoni peserta DevHandal di video Youtube WPU https://www.youtube.com/watch?v=SMbZG0RugyE

Ikutan DevHandal ini saya gak merasa sendirian karena dibantu juga sama teman teman yang aktif di grup telegram DevHandal yang mana selalu aktif dan terdapat diskusi jika salah satu peserta mengalami kendala. Saya sendiri mendapatkan solusi atas permasalahan yang saya alami dari jawaban teman teman dan admin di grup tersebut. (Bahkan ada peserta yang karena baru banget belajar Cloud Computing dan ngerasa gak bisa ngerjain ECS Labs Mission nya lalu dia tanya tanya terus harus gimana gimananya ke admin sampai bisa ngerjain ECS Labs nya. Mantap min!).

Itulah pengalaman saya mengikuti program DevHandal dan tersertifikasi Certified Developer dari Alibaba Cloud. Yuk! Buat kamu yang mau mengikuti program ini, bisa daftar aja di sini ya.

Semoga program ini dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk mengakselerasi pertumbuhan developer handal di Indonesia!

--

--