By Rasyid Ridha

Di tulisan ini, saya akan membahas mengenai cara memvisualisasikan data spasial di R menggunakan ggplot2 dan sf. Sebenarnya, ada banyak alternatif di R untuk memvisualisasikan data spasial secara interaktif maupun statis. Untuk visualisasi interaktif, ada Leaflet maupun Highchart. Sedangkan untuk visualisasi statis, ada rgdal, sp, ggmap maupun sf.

Untuk visualisasi statis, saya pun lebih merekomendasikan sf dikarenakan fungsi-fungsi untuk melakukan operasi spasial di sana sudah lengkap sehingga membuat R seolah-olah menjadi GIS. Saya bisa melakukan spatial join, membaca peta dari berbagai format seperti GeoJSON maupun SHP, dan lain-lain. …


By Rasyid Ridha

Dua minggu yang lalu, saya sempat iseng mengeksplorasi data perjalanan pribadi saya di aplikasi GO-JEK yang didapatkan melalui permintaan langsung ke Customer Care GO-JEK. Sebenarnya, ada cara lain untuk mendapatkan data perjalanan GO-JEK saya tanpa harus repot-repot meminta data dan mengkonversi data yang dibungkus dalam bentuk pdf menjadi bentuk tabular csv.

Saya memang berencana mengumpulkan beberapa data pribadi saya ke dalam bentuk tabular di tahun 2017 ini termasuk data perjalanan saya menggunakan aplikasi GO-JEK. Tujuannya adalah untuk arsip data pribadi, evaluasi diri melalui data (self-data-driven-decision-making) sekaligus menjadi ajang bagi saya untuk melatih diri dan meningkatkan kemampuan saya…


By Ari Suro

Why Facebook is so famous?

Why Cars has lights and monitor decks ?

Why Roads has traffic signs?

1. Its all boil down to communication, as such it enable us to understand in responding to an event. so why communication is the basic form of soft infrastructure and is often undervalued over engineering, science & finance and many disciplines.

2. Silicon Valley & the rise of internet economy. Silicon Valley grew during world war 2 thanks to United States interest in building spy intelligence tools against the soviet. Rand Corporation, Stanford university gave birth to Internet Giant…


By Bernardus Ari Kuncoro

Sebagai salah seorang yang pernah berkecimpung di dunia vendor telekomunikasi selama 6 tahun lebih khususnya bagian charging dan billing dan memiliki sedikit pengetahuan tentang bagaimana mengolah datanya sejak bergabung di perusahaan konsultasi Stream Intelligence, saya ingin mengupas apa saja sih yang bisa dilakukan oleh perusahaan telekomunikasi terhadap data yang mereka punya.

Sebelum masuk ke situ, mari kita telaah dulu datanya. Mereka memiliki beberapa macam data sebagai berikut.

1. Call Data Records. Biasanya datanya berupa data transaksional, di mana ada kolom timestamp, A Party (nomor yang melakukan transaksi), B Party (nomor yang dituju), jenis transaksi (bisa call…


By Rezzy Eko Caraka

Photo by Sean Pollock on Unsplash

Dewasa ini para pelaku bisnis dituntut untuk memiliki suatu ide berinovasi dalam mengatasi persaingan antar pelaku bisnis yang semakin kompetitif untuk memasuki dan mempertahankan pasar. Sudah sewajarnya dalam pelaku bisnis akan mengalami tumbuh dan berkembang, namun adapula yang gulung tikar. Karena itu dibutuhkan suatu keputusan bisnis yang implementasinya berupa perencanaan strategis dan sistematis yang bertujuan untuk membentuk dan menyempurnakan usaha yang dilakukan dalam melaksanakan kegiatan bisnis. Selain itu, ledakan eksponensial dalam data baik dari segi kuantitas maupun penggunaanya telah terjadi dalam kurun waktu 20–30 tahun terakhir dalam berbagai bidang khususnya dalam bidang bisnis. Ledakan pertumbuhan data…


By Fajar Muharandy

https://twitter.com/cdixon/status/428914681911070720

Sekitar lima tahun yang lalu sebelum istilah data science menjadi populer, saya sempat berbicara dengan seorang klien saya yang kebetulan memimpin sebuah divisi analytics di tempat kerjanya. Di timnya ada sekitar dua puluh orang yang boleh dibilang semuanya adalah orang yang data savvy. Orang-orang yang selalu penasaran untuk melihat pola dan informasi apa yang ada di belakang tumpukan data yang dihasilkan oleh operasional perusahaan mereka.

Saya bertanya kepada klien saya tersebut bagaimana dia mengatur struktur organisasi di timnya. Jawaban dia sederhana, dia membagi timnya berdasarkan skill dan passion mereka ke dalam tiga kelompok:

  • Hardcore Data Miners
  • Visual…


By Adi Wijaya

Photo by Rick Mason on Unsplash

Pada suatu sore, salah seorang teman saya yang bernama Fajar bercerita bahwa dia bertemu dan berbincang dengan seseorang di rumah makan padang. Tanpa informasi lebih lanjut, saya bisa menyimpulkan bahwa Fajar berbincang dengan wanita sebesar 50% (Ada 2 gender resmi di dunia pria dan wanita).

Fajar kemudian menyatakan bahwa rambut orang itu panjang. Dari keterangan baru yang diberikan, saya bisa menyimpulkan bahwa kemungkinan Fajar berbincang dengan wanita adalah lebih besar dari 50%. Sebagai contoh ketika saya mendapatkan data bahwa 75% wanita berambut panjang, sedangkan 30% laki laki berambut panjang.

Saya bisa menyimpulkan bahwa :
Peluang gender laki-laki…

Data Science Indonesia

WE ARE ACTUALLY A MIX OF THINGS

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store