Psoriasis

Fight it With Natural Healing

Adynura
3 min readMar 22, 2018

Waktu itu selepas idul adha, tiba-tiba muncul bintik kemerahan satu dua di bagian paha, untuk dua minggu waktu kukira hanya gigitan nyamuk tapi kemerahan ya membesar dan mulai muncul di area lainnya.

Kuputuskan untuk check up ke dokter kulit untuk mengetahui sakit apakah kulit saya ini. Biasanya saya suka browsing untuk mengetahui kemungkinan penyakit apa yang saya alami, tapi tetap ke dokter untuk mendapat kepastian. Dokter bilang saya punya psoriasis dan saya pun tidak kaget karena sudah memperkirakan dari hasil browsing sebelumnya.

Awalnya saya kira psoriasis itu adalah sesuatu yang simpel yang hanya terjadi di kulit kepala seperti ketombe tapi menahun. Tapi ternyata psoriasis bisa muncul dimana saja yang berkulit.

Dokter bilang belum ada obat untuk psoriasis, penyebab pasti pun belum diketahui pasti, oleh karena itu dokter juga bilang bahwa tidak ada pantangan makanan tertentu, jadi makan seperti biasa saja.

Dokter hanya memberi obat topikal kortikosteroid untuk menghilangkan bintik merah tersebut.

Yap, kortikosteroid emang ampuh, bintik merah langsung hilang dalam 1–2 hari. Tapi….tapi bintik merah baru muncul ditempat lain, maka selama dua bulan itu, setiap creamnya habis, saya beli lagi. Tapi setelah dua bulan, ada bintik-bintik tertentu yang ga bisa hilang lagi oleh cream, malah tambah banyak

Dokter bilang, itulah efek samping kebanyakan menggunakan kortikosteroid yaitu keluhan lainnya.

Baca-baca lagi lah saya soal kortikosteorid dan psoriasis secara mendetail. Saya menemukan fakta bahwa kortikosteroid ga bagus digunakan untuk jangka panjang, efek sampingnya adalah penipisan jaringan kulit and it’s scares me.

Oke, setelah itu kuputuskan untuk mencoba cara alami yang tentu saja tidak ada efek samping seperti obat kimia.

Baca-baca buku lagi soal psoriasis, browsing juga, nonton youtube juga, lalu dapatlah beberapa fakta mencengangkan saya.

Psoriasis adalah penyakit auto-immune yang mana imunitas kita salah target dan menyerang kulit kita sendiri, efeknya adalah penggantian kulit jauh lebih cepat daripada normalnya. makanya kulit psoriasis itu merah-merah dan terjadi penebalan.

Psoriasis belum ada obatnya, penyebabnya pun belum pasti apa, tapi psoriasis ini bisa ditekan symptoms nya yaitu dengan diet sehat.

Pantangan makanan untuk Psoriasis ada dan cukup banyak, tapi yang pasti, musuh pertama penderita psoriasis itu adalah gula buatan seperti gula putih. Hindari dan stop mengkonsumsi gula buatan, baik gula dalam masakan, jus, makanan kaleng, makanan apapun yang menggunakan pemanis buatan adalah dilarang untuk penderita psoriasis.

Kedua, hindari daging merah, juga junk food, juga masakan yang digoreng lama seperti gorengan, ayam krispi, hindari juga bahan bertepung. juga makanan hasil olahan hewan, susu juga.

Pokoknya, keywordnya adalah hindari makanan yang menyebabkan inflammatory. Sebaliknya, asupan yang baik untuk psoriasis adalah makanan yang anti-psoriasis, kebanyakan terdapat pada buah dan sayuran.

Oleh karena itu, kebanyakan orang yang ingin sembuh dari psoriasis malah menjadi vegan. aku pun mulai mencoba menjadi vegan. It’s challenging at first, karena susah nyari menu makanan yang pas, tapi lama kelamaan mulai terbiasa dan akhirnya enak-enak saja.

Kalo saya, tiap ada makanan baru, saya browsing dulu apakah jenis makanan tersebut boleh atau tidak untuk psoriasis.

Kalo boleh, masuk list ‘boleh makan’, kalo ga boleh ya masuk daftar ‘makanan untuk dihindari’.

Pokoknya, yang serius ingin memulihkan diri dari psoriasis mau gak mau harus mulai menjalani pola hidup super sehat (yang mana sekarang lebih sukar karena dikelilingi makanan menggoda tapi ga bagus sama sekali untuk badan).

Makan buah dan sayuran, kalo bisa yang organik lebih baik. makan kacang-kacangan tertentu seperti almond dan kenari karena ada beberapa kacang seperti kacang tanah yang sebaiknya dihindari dulu.

Kemudian, untuk pengobatan secara topikal, sekarang saya mulai rutin mengolesi seluruh badan dengan extra virgin coconut oil. Itu bagus juga sebagai pelembab alami untuk kulis psoriasis yang super kering. *coba browsing lagi soal manfaat coconut oil, you will be surprised on how many good things on it*

Olahraga outdoor juga harus rutin dilakukan karena berkeringat dan terkena sinar matahari pagi itu bagus, keringatnya untuk mengeluarkan toxic di tubuh dan sinar matahari untuk supply vit D yang sangat berguna untuk kulit kita.

Stress level, nah ini yang susah saya pahami, karena saya merasa tidak sestress itu dan satu-satunya hal yang saya sadari bikin saya stress adalah ya psoriasis ini.

But really guys, kita harus mulai menerima psoriasis ini dan jangan terlalu difikirkan. jalani saja pola hidup sehat dan alihkan perhatian untuk melakukan hal-hal yang membuat kita senang (aktivitas ya, bukan kegiatan makan, apalagi jajan junkfood). Giatin hobi atau berkreasi biar bisa dagang dan dapet duit banyak (biar kebeli kacang almond dan makanan organik yang rata-rata gak murah).

Oke deh, segitu dulu pengantarnya, nanti saya share lebih mendetail mengenai menu makan harian, apa saja yang perlu dihindari dan dianjurkan untuk dimakan.

Bye!

--

--

Adynura

i like many things, and i just want to write all those things just for me in the future.