Menggunakan Linux untuk belajar pemrogramman

Menggunakan Linux untuk Keperluan Programming

Afrijal Dzuhri
WonogiriDev
2 min readJul 23, 2017

--

Semakin gencarnya proyek open source membuat Linux yang masih keluarga UNIX banyak digunakan untuk para junior programmer seperti saya maupun para senior programmer. Meskipun kebanyakan programmer atau developer menggunakan MacOS, namun untuk yang baru belajar saya sarankan untuk langsung menggunakan Linux. Selain gratis, menggunakan Linux akan memberikan kita banyak keuntungan, terhindar dari berbagai macam virus misalnya.

Sistem Operasi

Mengingat Linux terdiri dari banyak distribusi, maka akan lebih menyenangkan untuk kita pelajari karena masing-masing distribusi membawa keunikannya sendiri. Berikut daftar distribusi linux yang saya rekomendasikan untuk digunakan sebagai pemula.

1. Ubuntu

Karena pengguna dan komunitasnya yang tersebar di berbagai wilayah kota bahkan negara, penggunaan Ubuntu sebagai sistem operasi sangat saya rekomendasikan. Ubuntu juga sudah menyediakan versi LTS (Long Time Support) sehingga kita tinggal mengupdate dan mengupgrade jika ada pembaruan.
Untuk mendownload versi desktopnya, bisa mengunjungi laman ini.
https://www.ubuntu.com/download/desktop

2. Mint

Dengan tampilan yang elegan dan bernuansa sejuk, Linux Mint menjadi rekomendasi kedua saya untuk digukanan. Secara umum, Linux Mint sama seperti Ubuntu karena sama-sama keturunan Debian. Sehingga tidak terlalu sulit untuk memulai dengan menggunakan jenis ini sebagai sistem operasi.
Silakan kunjungi laman ini untuk mendownload versi desktopnya.
https://www.linuxmint.com/download.php

3. Xubuntu

Xubuntu merupakan Ubuntu yang didalamnya menggunakan XFCE sebagai Lingkungan Desktop yang digunakannya. Dengan performa yang lebih cepat daripada versi Ubuntu yang biasa, Xubuntu ini lebih saya rekomendasikan karena ringan untuk dipakai, karenanya saya lama menggunakan versi ini sebelum pindah ke versi biasa.
Untuk mendownload silakan kunjungi
https://xubuntu.org/getxubuntu/

4. Lubuntu

Ingin cepat dan tidak mementingkan tampilan? Lubuntu jawabannya. Karena menggunakan LXDE sebagai Desktop Environment, distribusi Linux satu ini sangat ringan, sedikit menggunakan sumber daya, dan efisien energi. Dengan masih turunan Ubuntu, versi linux ini juga saya rekomendasikan sebagai sistem operasi yang digunakan untuk keperluan programming. Terlebih jika laptop yang kita gunakan belum high-end.

Sebenarnya masih banyak jenis Linux yang dapat kita gunakan untuk keperluan pemrograman dan penggunaan harian, dan karena itu saya hanya memberi rekomendasi mana yang cocok untuk digunakan pemula supaya dalam penggunaannya tidak terlalu sulit namun paham cara kerja sistem Unix.

Sekian postingan saya kali ini, jika ada pertanyaan atau tanggapan, masukan, kritikan saya sangat senang dan terbuka dengan itu silakan berkomentar.

--

--