Poolman

--

Gue pikir ini film tentang si Jack Kahuna Laguna si karakter Spongebob yang belakangan ini gue tau bahwa karakter ini sebenernya adalah Johnny Depp.

Kenapa gue pikir demikian? Karena Chris Pine tampil di poster yang segede gaban mirip karakter dewa surfing di animasi Spongebob tersebut wkwkwkw…

Poolman sebenernya film perdana dari Chris Pine yang nyeritain tentang suatu kasus di LA. Entah karena mungkin film pertamanya atau memang tidak di dukung oleh jalan cerita yang baik sehingga gue nontonnya jadi pusing. Karena belum selesai perkara yang satu, udah lari lagi ke perkara yang lainnya, dan gue bingung karena banyak sekali karakter yang dimunculkan tapi kesannya buat apa gitu???

Awalnya film ini dibuka dengan cukup baik. Gambar yang sangat minimalis dan terkesan sangat sederhana ini cukup membuat gue ngebayangin pekerjaan Poolman yang seperti apa, gimana tokoh Darren (Chris Pine) begitu urakan, membersihkan kolam, dan kehidupan sebagai Poolman yang memang benar-benar sesantai itu.

Namun cerita bergerak dengan sangat cepat ketika diakhiri dengan Susan (Jennifer Jason Leigh) pergi meninggalkan Darren.

Dimulai dari setting balai kota (atau persidangan ya?), Darren menuntut adanya perubahan di kotanya, LA. Karena baginya, LA tidak lagi sama. Ada konspirasi dibaliknya dan itulah yang ingin diketahui oleh Darren.

Keadaan semakin memanas, karena ucapan Darren yang tidak diterima oleh hakim (lah emang kayak hakim sih, cuma kayak walikota gitu deh). Akhirnya memunculkan keributan dan Darren di penjara.

Namun tidak membutuhkan waktu lama, Darren akhirnya di bebaskan oleh June Del Rey (DeWanda Wise). Dan sebenarnya Darren dibebaskan dengan syarat, bahwa ia harus menangkap politikus jahat dibalik konspirasi kota LA ini.

Dan, voila! Jadilah Darren seorang detektif yang ingin memecahkan kasus ini. Sehingga Darren dekat dengan June, sekaligus naksir!

Membingungkan, satu kata saja bagi gue untuk memahami film ini. Karena begitu banyaknya plot-plot yang nanggung. Sepertinya script ditulis belum selesai terus yaudah dipaksain aja gitu bikin film. Jadinya begini dah. BINGUNG!

Gue gak paham film ini mau dibawa kemana, tapi sepertinya sebagian besar film ini adalah komedi. Karena banyak sekali komedi-komedi satir yang bermunculan dari dialog-dialog yang ada. Oiya, gak semua komedinya gue ngerti sih, apa karena gue yang kurang update atau memang cuma untuk kalangan tertentu aja ya. Entahlah, komedinya pun kurang menurut gue.

Banyak sekali celah yang bisa diperdebatkan disini. Seperti apakah masih berfungsi kamera 35mm dalam sebuah penyelidikan yang memakan waktu? Dan bagaimana kalau Darren menolak ajakan June alih-alih dia yang menyelamatkannya dari penjara? Dan lalu memilih jalannya sendiri sebagai Poolman. Dan bagaimana caranya Darren dapat akses yang sangat gampang sekali padahal dia cuma sebagai Poolman? Semuanya gak dijelasin di film ini. Jadi ya seperti yang gue ceritain, kita cuma bisa menikmati filmnya aja deh tanpa harus berpikir itu kenapa bisa begini begitu.

Sekali lagi, Chris pine boring banget sih disini ya ampun. Untung film ini ketolong sama aktingnya Dewanda Wise.

Sepanjang film gue cuma bisa diem sih, tapi sedikit ada adegan yang bisa bikin gue senyum-senyum lucu. Peran Jack (Danny DeVito) dan Diane (Annette Bening), dua pasangan ini bisa ngebuat gue ketawa sedikit. Ya gak boring-boring amat sih jadinya. Walaupun ketika Susan dan Wayne (John Ortiz) akhirnya ngumumin bahwa mereka jadian di depan Darren itu agak cringe sih.

Dimana cringenya? Ya lo tonton sendirilah. Pokoknya adegannya jadi gak lazim dan gak real aja gitu, selayaknya orang yang patah hati.

Film ini udah gue tunggu sejak kemunculan trailernya di bulan April lalu. Yang tadinya film ini bikin gue penasaran karena ini adalah film pertamanya Chris Pine sebagai sutradara, dan lagi judulnya Poolman itu udah sangat menarik. Karena belum pernah ada atau jarang sekali tema minoritas seperti ini diangkat di film.

Tapi pas begitu nonton, yaelah, bikin boring tau gak. Gue nonton film ini juga sering di skip-skip terus. Coba aja kalau film ini ditulis dengan benar dan dimodalin banyak deh, pasti film ini keren jadinya.

Gue harap ada film-film baru lagi yang disutradarai oleh Chris Pine. Tapi yang serius dan bagus. Biar ada sutradara-sutradara baru gitu loh dari Hollywood.

--

--

Nonton Apa Hari Ini? Ceritain Yuk!

I'm not 100% a cinephile, I just ordinary with love movie, watching, and write about it here.