Hello World! Selamat Datang di Tulisan Pertamaku

Agha Mahcaya Adhikara
2 min readSep 14, 2023

--

Kalian pernah mendengar kalimat “Kalau udah besar, mau jadi apa?”. Kalimat ini seringkali kita dengar sewaktu masih sekolah. Orang tua, guru, saudara, bahkan orang yang tak kita kenalpun ketika berbicara dengan sosok kecil kita dulu tak akan pernah absen untuk menanyakan kalimat ini. “Ingin menjadi dokter, polisi, tentara, pilot.” Mungkin beberapa profesi itu yang selalu menjadi pilihan untuk menjawab. Tetapi seiring bertambah usia, berapa banyak orang yang bekerja sesuai dengan keinginan masa kecilnya?

Bahkan di usia 21 tahun ini, aku masih belum menentukan apa dan bagaimana kehidupanku kedepannya. Dulu, ketika aku ditanya pertanyaan serupa, aku selalu bilang bahwa impian masa depanku ingin menjadi pilot. Tetapi, dikarenakan biaya sekolah penerbangan yang tak murah dan kondisi fisik tidak memungkinkan, alhasil apa daya impian masa kecil tersebut hanya tinggal kenangan.

Kalian pernah terbersit iri atas pencapaian orang lain ga? Bukan iri dalam hal negatif, tapi seperti kagum atas apa yang mereka capai di usia yang sama atau bahkan lebih muda dari kita. Hal itu yang selalu aku pikirkan, ketika banyak orang seusiaku yang sudah sukses dalam karir, atau bahkan mampu membuat senyum di wajah orang tua mereka atas hasil yang mereka raih. Yah, memang kodrat manusia itu pasti selalu membandingkan pencapaian orang lain dengan diri sendiri, seperti tidak ada rasa puas.

Seperti seorang nakhoda yang tidak tahu awak kapalnya. Aku belum menemukan dimana dan akan seperti apa hidupku beberapa tahun mendatang. Belum juga mengerti apa saja passion yang kumiliki. Aku suka membaca buku, tapi terkadang hanya novel saja yang kubaca. Menulis? Sepertinya tidak, tulisanku belum sebagus orang lain. Ohiya, aku suka belajar bahasa asing. Saat ini aku bisa berkomunikasi dengan bahasa Indonesia, Inggris, Arab, dan Spanyol, itupun semuanya belum ada yang bisa aku jadikan pegangan apabila suatu saat aku ingin jadi translator atau interpreter.

Untuk itu, aku sengaja membuat akun medium ini. Niat awalku, blog ini akan aku isi dengan cerita atau keluh kesahku dalam kehidupan, motivasi atau kata-kata mutiara, bahkan untuk sekedar sharing pengalamanku dalam belajar bahasa asing. Semoga kalian suka, ya.

Yuk, buat kalian dan diriku sendiri. Semoga kita sama-sama istiqomah dalam berproses, ya. Tetap semangat dan jangan lupa ibadah.

--

--

Agha Mahcaya Adhikara

Orang biasa yang memiliki ketertarikan dalam bahasa asing, dan juga penikmat kopi di waktu senja