Pengaruh Positif Pembangunan Kebun Sawit Nabire Baru

Dampak Positif Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit Bagi Masyarakat Lokal di Kabupaten Nabire Papua

Dilihat secara kuantitatif pembangunan di Papua telah menunjukkan peningkatan di era kepemimpinan Presiden Jokowi pada saat sekarang ini. Tidak hanya di sektor pembangunan infrastruktur saja, melainkan adanya peningkatan ekonomi khususnya melalui investasi seperti sektor perkebunan kelapa sawit.

Adanya 7 kawasan target konservasi dan percepatan pembangunan untuk dijadikan pusat pembangunan perkebunan kelapa sawit di Papua adalah salah satu contoh investasi yang membawa dampak positif bagi masyarakat setempat maupun pemerintah. Salah satunya adalah yang ada di Kabupaten Nabire Papua.

Pembangunan perkebunan kelapa sawit di Papua bartujuan untuk menghilangkan kemiskinan dan keterbelakangan terutama seperti di daerah pedesaan/pedalaman. Selanjutnya adanya perusahaan perkebunan kelapa sawit juga menghasilkan pemerataan perekonomian antar golongan dan antar wilayah.

Sebagai contoh, pembangunan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Nabire Papua yang dikelolah oleh Nabire Baru Harapan Baru telah membawa perubahan besar terhadap keadaan masyarakat disana. Dulunya mereka hanya mengandalkan hasil berkebunnya saja, kini dengan kehadiran perusahaan dapat menambah pendapatan mereka dengan bekerja di Perusahaan tersebut tanpa meninggalkan kebiasaan berkebun sebelumnya.

Semakin berkembangnya perkebunan kelapa sawit disuatu daerah, maka semakin terasa dampak terhadap tenaga kerja yang bekerja pada sektor perkebunan dan sektor turunannya. Dampak tersebut dapat dilihat dari peningkatan pendapatan masyarakat setempat, sehingga meningkatnya daya beli mereka, baik untuk kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder.

Kehadiran perusahaan juga berdampak terhadap masyarakat dengan terciptanya kesempatan kerja bagi masyarakat setempat, timbulnya penggerak ekonomi pendukung seperti munculnya pasar-pasar tradisonal didaerah pemukiman perdesaan, pembukaan usaha makanan dan minuman, jasa transportasi, industri rumah tangga, serta jasa lainnya. Semuanya ini akhirnya akan menimbulkan sirkulasi perekonomian yang berjalan lancar dan merata di kawasan perusahaan perkebunan kelapa sawit seperti yang ada di PT. Nabire Baru Kabupaten Nabire Papua.

Terlepas dari manfatat diatas tersebut, tujuan utama pengembangan kelapa sawit pada umumnya adalah untuk menumbuh kembangkan usaha kelapa sawit dipedesaan, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan mayarakat lokal. Selain itu, adanya perkebunan kelapa sawit juga dapat menumbuhkan industri pengelolahan CPO dan produk turunannya serta industri penunjang lainnya, serta dapat meningkatakan daya saing dan nilai tambah CPO nasional maupun untuk kebutuhan CPO dunia.

Dan yang terpenting adanya perusahaan perkebunan kelapa sawit seperti yang ada di Papua khususnya di Kabupaten Nabire adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan penambah sumber devisa daerah dan devisa negara.

Perkebunan Kelapa Sawit Nabire Baru di Papua
Like what you read? Give PT Agro Bukit Kalimantan Tengah a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.