Pengertian, Perbedaan, Ciri-Ciri dan Contoh Fakta dan Opini

Pengertian, Perbedaan, Ciri-Ciri dan Contoh Fakta dan Opini — Pembelajaran bahasa Indonesia tak akan lepas dari keberadaan teks fiksi dan nonfiksi. Di dalam sebuah teks baik fiksi atau pun nonfiksi terdapat dua hal penting.

Pengertian, Perbedaan, Ciri-Ciri dan Contoh Fakta dan Opini

Pertama, ada data-data yang digunakan untuk membuktikan suatu kejadian atau peristiwa. Kedua, ada juga suatu yang pernyataan yang menjadi ungkapan pemikiran atau argumen seseorang.

Kedua hal tersebut biasa disebut dengan fakta dan opini. Meski memiliki konsep yang jelas berbeda, namun keberadaan kedua hal itu saling berkaitan dalam satu teks bahkan satu paragraf.

Pengertian Fakta merupakan suatu hal, kejadian, atau peristiwa yang benar-benar terjadi dalam kenyataan dan kebenarannya dapat dibuktikan. Cara membuktikan kebenaran fakta dapat melalui data, bukti visual dengan indera dan juga dapat diukur secara kualitatif maupun kuantitatif. Sementara itu, opini merupakan pendapat atau ide atau argumen yang disampaikan seseorang terhadap suatu peristiwa tertentu.

Setiap orang dapat mengetahui sebuah fakta yang sama, namun dalam penjabaran opininya satu orang dengan orang yang lainnya akan berbeda. Hal ini berkaitan dengan banyak hal yang mempengaruhi sudut pandang tersebut.

Jika dilihat dari pengertiannya, fakta dan opini jelas merupakan dua hal yang berbeda meski keduanya saling melengkapi. Fakta perlu mendasarkan kebenaran pada bukti konkret yang ada baik berupa data maupun bukti visual.

Pengertian opini berkaitan dengan argumen yang bisa diberikan oleh siapa pun dari sudut pandang masing-masing. Kebenaran dari opini pun belum valid dan masih perlu pembuktian dalam bentuk pelaksanaan atau yang lainnya. Hal ini disebabkan karena opini hanya didasari oleh perasaan dan perkiraan dari seseorang.

Selain itu, ciri-ciri fakta yang jelas membedakannya dari opini antara lain fakta dapat dibuktikan kebenarannya, memiliki informasi yang jelas dan akurat (misal waktu dan tempat), membuktikan insiden dengan data yang jelas, dan jawaban pernyataan mencakup 5W dan 1H.

Sedangkan dalam opini memiliki ciri-ciri yaitu tidak dapat dibuktikan kebenarannya, berdasarkan sudut pandang pribadi seseorang, memuat informasi yang kurang jelas atau bahkan tidak jelas.

Biasanya, pada opini juga menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan argumen seperti menurut saya, seharusnya, mungkin, kira-kira, dan bisa jadi.

Contoh perbedaan yang jelas antara fakta dan opini terdapat pada kalimat berikut.

Contoh fakta pada kalimat “Jarak rumah Bela ke sekolah satu kilometer”. Kalimat tersebut memuat fakta yang jelas bahwa jarak rumah Bela ke sekolah adalah satu kilometer.

Kebenaran pernyataan tersebut bisa diukur dengan pengukur jarak. Sementara pada opini contoh kalimat berikut “Jarak rumah Bela ke sekolah kira-kira satu kilometer”.

Baca Juga :

Kalimat kedua merupakan opini yang menyatakan informasi belum pasti. Kata kira-kira dalam kalimat kedua memberikan indikasi informasi yang kurang jelas karena hanya berdasarkan pada argumen saja.