Saya mahasiswa Sastra Inggris dan tidak tahu bagaimana caranya menulis

Menulis itu sulit. Ini juga yang menjadi alasan kenapa saya membuat blog di banyak platform: untuk bisa menulis. Saya memilah dan memilih kira-kira platform apa yang cocok untuk saya. Wordpress, Blogger, Tumblr, Livejournal, dan Medium. Tapi setelah dicoba di mana-mana hasilnya sama saja, saya hanya tenggelam dalam proses pencarian wadah untuk menulis, sementara saya belum juga mencapai tujuan saya yaitu bisa menulis.

Buku-buku tentang menulis banyak saya baca, kebanyakan tidak saya dapatkan dari membeli tapi dengan download gratis di internet — mentalitas seperti ini harus dihilangkan— segala teknik dan tips-tipsnya juga saya pahami dan hapalkan tapi sayangnya semangat untuk mempraktikkannya tidak juga muncul.

Kini, saya mahasiswa semester akhir Sastra Inggris — ya saya sedang menulis skripsi demi kelulusan saya. Selama saya kuliah banyak tugas menulis saya lakukan, mulai dari penulisan akademik, penulisan kreatif, hingga penulisan jurnalistik (ya, saya mengambil mata kuliah jurnalistik). Tapi, tetap saja ada satu hal yang ada dalam diri saya yang mengatakan bahwa saya tidak bisa menulis. Kenapa bisa begitu? Saya sendiri tidak paham.


Kenapa saya mau bisa menulis?

Saya pernah menjadi orang yang — kata orang lain — idealis. Dengan membaca buku-buku dari orang-orang yang bisa membuat dunia lebih baik, menambah keinginan saya untuk bisa menjadi seperti mereka: mengubah dunia dan mempengaruhi cara pikir orang lain melalui tulisan.

Lagipula, selain alasan di atas, dengan menjadi lihai dalam menuangkan gagasan dalam sebuah tulisan, artinya — dalam pandangan saya — orang tersebut memiliki satu pandangan yang jernih atas gagasan yang dipikirkannya dan memiliki satu tujuan yang ingin dicapai dengan menggunakan tulisannya.


Oh iya, selama menulis ini tidak menggunakan kerangka atau apapun yang saya siapkan sebelum menulis, mohon maklum karena saya tidak bisa menulis.