Cara Menanam Hidroponik Untuk Pemula

Hidroponik NFT A Farme

Hidroponik adalah cara bercocok tanam yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat indonesia. Pada tahun 2016–2017 hidroponik sempat menjadi booming. Banyak pakar hidroponik yang mengambil kesempatan untuk membuka seminar dan pelatihan untuk mengajarkan masyarakat tentang bercocok tanam dengan cara Hidroponik.

Dapatkan panduannya dengan klik link ini

Banyak kelebihan dari sistem hidroponik, antara lain:

  1. Tidak menggunakan tanah
  2. Tidak terlalu membutuhkan ruang yang luas
  3. Tanaman lebih baik hasilnya
  4. Penggunaan pupuk dan air lebih efisien
  5. Pengendalian hama lebih mudah

Tidak menggunakan tanah. Ya, karena hidroponik menggunakan media air. Tentu saja air yang sudah diberikan nutrisi dengan takaran sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Tidak terlalu membutuhkan ruang yang luas. Ini karena hidroponik bisa disusun secara vertikal. Tetapi tetap saja kebutuhan cahaya harus terpenuhi, jangan sampai tanaman paling bawah tidak mendaptkan cahaya yang cukup.

Tanaman lebih baik hasilnya. Karena hidroponik secara khusus di buat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman secara tepat. Oleh karena itu tanaman akan menjadi lebih Optimal kualitasnya.

Penggunaan pupuk dan air lebih efisien. Karena air dan nutrisi dalam sistem hidroponik akan disirkulasikan (kecuali sistem tertentu) atau bisa dikatakan tidak akan terbuang.

Pengendalian hama lebih mudah. Ini biasanya karena hidroponik bisa berada dalam perumahan sekalipun, jadi jauh dari jangkauan hama. Jika kebun hidroponik berada dekat dengan lahan pertanian atau di lahan terbuka, tetap saja membutuhkan perlakuan khusus semacam pembuatan greenhouse.