sejarah cloud hosting dari tahun ke tahun

sejarah komputasi awan

tidak banyak tang tahu tentang perkembangan dan sejarah hosting cloud yang disertai runtutan tahun ke tahun, sehingga anda perlu mengetahuinya, mungkin saja anda memiliki tugas sekolah atau kuliah.

maka ada baiknya untuk mulai membaca dan kalau perlu silahkan ditulis di buku anda agar nantinya dapat bermanfaat.

adapun perkembangannya serta sejarah yang melatar belakangi dari komputasi awan ini dimulai dari tahun

untuk selajutnya anda bisa dapatkan informasi hosting cloud indonesia
 
 Tahun 1950
yaitu sekitar tahun 1950an, yang mana ketika itu komputer mainframe skala dengan besar dianggap sebagai masa depan komputasi,

dan juga telah tersedia di akademisi dan diberbagai perusahaan, serta dapat diakses melalui komputer terminal, dan juga sering disebut sebagai “terminal bisu”.

namun untuk dapat membuatnya lebih efisien dari penggunaan mainframe ini yang walaupun terbilang mahal, naun praktek bisnis tetap berkembang yang memungkinkan beberapa pengguna untuk berbagi data baik secara fisik ke komputer dari beberapa terminal.

Hal ini pulalah yang menghilangkan masa nonaktif pada mainframe dan dapat memungkinkan untuk kembali besar pada masa investasi kedepannya.

adapun untukp raktek berbagi waktu CPU pada mainframe dikenal di industri sebagai time-sharing pada masa kini.
 
 Tahun 1970
 selanjutnya pada pertengahan tahun 1970an, populer sebagai time-sharing atau juga RJE (Remote Job Entry), dengan nomenklatur ini sebagai besar terkait dengan vendor besar seperti IBM,

yang mana perusahaan ini kemudian mengembangkan Sistem Operasi VM untuk menyediakan layanan pada akhir bulan desember tahun 1970.

contoh penerapan teknologi komputasi awan pada dunia internet yaitu di dewaweb ini
 
 Tahun 1990
 pada era 1990an, beberapa perusahaan telekomunikasi mendedikasikan apa yang disebut dengan point-to-point data, dapat memulai untuk menawarkan jasa

yaitu virtual private network (VPN) dengan kualitas yang sebanding dengan layanan, namun dengan biaya yang lebih rendah. sehingga Mereka mulai menggunakan berbagai simbol awan untuk menunjukkan titik demarkasi dari teknologi virtual server yang berada pada jaringan internet tersebut .
 
 selanjutnya tahun 2000
 pada era teknologi komputer dari tahun 1990 sampai dengan 2000an telah menjadi begitu populer, yang mana pada satu sisi para ilmuwan dan teknolog meng-eksplorasi berbagai cara untuk membuat skala besar dari sistem komputasi yang ada.

demikian juga dengan pengguna internet melalui time-sharing. Mereka telah bereksperimen melalui algoritma untuk mengoptimalkan infrastruktur, dan platform, serta berbagai aplikasi untuk kemudahan dan memprioritaskan CPU dan tentunya dapat meningkatkan efisiensi end user.

Tahun 2010
selanjutnya bulan Juli tahun 2010, pakar Rackspace Hosting dan juga team NASA yang bersama-sama ingin meluncurkan sebuah inisiatif cloud-software open source

yang dikenal juga dengan OpenStack. yaitu sebuah Proyek OpenStack yang dimaksudkan untuk dapat membantu perusahaan untuk menawarkan layanan komputasi awan yang berjalan pada perangkat keras komputer. sedangkan pada Kode awal yang berasal dari platform Nebula oleh NASA dan juga by platform oleh Rackspace Cloud Files.
 
 Tahun 2011
 yaitu tepatnya pada 1 Maret tahun 2011, perusahaan IBM telah mengumumkan kerangka dari IBM SmartCloud untuk dapat mendukung Smarter Planet.
 
Tahun 2012
Selanjutnya Pada tgl 7 June 2012, perusahaan Oracle telah mengumumkan operasi Oracle Cloud. yang mana aspek Oracle Cloud masih dalam tahap pengembangan,

sehingga hal ini jugalah yang diajukan untuk dapat menjadi yang pertama untuk memberikan user untuk akses ke set terintegrasi solusi IT,

termasuk Aplikasi (SaaS), Platform (PaaS), dan Infrastruktur (IaaS). pada system infrastruktur komputer.
 
 Tahun 2013
 Lalu pada tahun selanjutnya dan sampai sekarang ini, teknologi cloud computing terus berkembang dengan pesat. dengan berbagai Layanan yang tersedia dan mengadopsi dari IaaS, PaaS dan SaaS yang diperkenalkan oleh Oracle Cloud.

dan salah satu produk fenomenal adalah hosting cloud.

diolah dari berbagai sumber terutama dari https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan

Like what you read? Give Ahmad Sauki a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.