Cara Mencegah Penyakit Infeksi Saluran Pencernaan

Cara Mencegah Penyakit Infeksi Saluran Pencernaan,- Infeksi saluran pencernaan adalah suatu penyakit yang menyerang sistem pencernaan manusia. Infeksi bisa terjadi karena adanya bakteri di dalam saluran pencernaan akibat makanan atau minuman yang tidak bersih serta pola makan yang tidak teratur. Infeksi juga bisa sebagai petanda bahwa indikator awal ada organ pencernaan yang tidak bekerja secara maksimal. Adapun infeksi saluran pencernaan yang dapat menyerang manusia seperti : diare, maag (tukak lambung), sembelit, usus buntu dan kelenjar ludah.

Penyebab penyakit tersebut bagian besar di akibatkan oleh bakteri, virus, dan parasit yang masuk ke tubuh melalui makanan. Virus yang di ketahui dapat menyebabkan infeksi saluran pencernaan seperti rotavirus, norovirus, astrovirus. Sedangkan bakteri Campylobacter jejuni dan Escherichia coli, Salmonellam, Shigella juga bisa menjadi penyebab utama infeksi saluran pencernaan ini. Bila makanan yang telah terkontaminasi dengan bakteri dan berada pada suhu ruangan selama beberapa jam, bakteri dapat berkembang biak dan meningkatkan risiko infeksi pada orang-orang yang mengkonsumsi makanan tersebut. Bakteri ini juga dapat muncul pada daging mentah atau daging kurang matang, ayam, makanan laut, telur, kecambah mentah, dll. Infeksi ini biasanya di tularkan melalui air atau makanan yang telah terkontaminasi.

Berikut Cara Mencegah Penyakit Infeksi saluran pencernaan:

Infeksi saluran pencernaan bisa di cegah dengan menciptakan lingkungan yang bersih dan pola hidup yang sehat. Dimulai dari lingkungan yang bersih akan meminimalisir munculnya bakteri dan virus. Sebaiknya pilih makanan yang dijual bersih dan terjamin. Selain itu, cuci tangan sebelum makan juga penting untuk di lakukan.

Pola makan yang sehat akan berperan untuk mencegah terkena penyakit saluran pencernaan. Salah satunya dengan mengurangi konsumsi makanan yang instan, mengandung banyak minyak dan kolesterol serta makanan yang terlalu pedas. Di sisi lain, perbanyak makanan berserat dan kaya akan air seperti sayur dan buah.

Pada saat makan, hendaknya makanan dikunyah dalam waktu yang cukup karena hal ini akan sangat membantu proses pencernaan berikutnya. Sebaiknya tidak makan makanan yang terlalu dingin ataupun terlalu panas karena bisa menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Makan yang berlebihan hingga kekenyangan juga tidak baik untuk saluran pencernaan. Dengan menjadikan hal-hal ini menjadi sebuah kebiasaan maka Anda akan dapat terhindar dari penyakit infeksi saluran pencernaan.

Baca juga:

Obat Batuk Kering

Obat Batuk Berdahak