Apa Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang apa pantangan makanan untuk penderita penyakit paru paru. Namun sebelum saya membahas hal tersebut, alangkah baiknya anda kenali lebih dalam lagih mengenai penyakit paru paru yang anda derita. Apa yang menyebabkan penyakit paru paru tersebut terjadi dan bagaimana gejala awal yang di timbulkan oleh penyakit paru paru ini, berikut penjelasannya.

Pengertian Penyakit Paru Paru

Penyakit Paru-Paru adalah sebuah penyakit yang terjadi pada bagian paru-paru, dimana pulmonary alveolus yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer udara menjadi meradang dan terisi oleh cairan. Penyakit paru-paru dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, termasuk yang di akibatkan oleh infeksi bakteria, virus, jamur, atau parasit.

Penyakit paru-paru dapat juga disebabkan oleh karena dampak dari zat-zat kimia atau cedera fisik yang terjadi pada paru-paru, atau sebagai akibat dari penyakit lainnya, seperti kanker paru-paru atau berlebihan konsumsi alkohol.

Gejala Penyakit Paru-paru

Gejala yang mudah dikenali adalah badan gemetar dan menggigil disertai dengan demam, sesak napas dan nyeri dada. Dan gejala lainnya yang sering timbul pada penderita penyakit paru paru yaitu badan terasa sakit, dan juga biasanya disertai dengan rasa sakit pada bagian kepala dan batuk yang berdahak yang semakin memburuk selama bertahun-tahun.

Beberapa orang yang sangat rentan terkena penyakit paru-paru antara lain. Seperti perokok, pengkonsumsi alkhohol, penderita diabetes, penderita jantung, bekerja didalam lingkungan yang terpapar oleh polusi, dan penurunan kekebalan tubuh seperti penderita Aids. Untuk orang orang yang memiliki riwayat penyakit yang ada di atas atau kehidupan yang mirip seperti di atas, pasti akan lebih beresiko.

Berikut Beberapa Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru

Paru-paru adalah organ vital manusia yang tentunya berperan penting untuk mendukung proses pernapasan sehari-hari. Ada banyak jenis penyakit paru-paru yang termasuk berbahaya yang bisa menyerang kita ketika kesehatan paru-paru tak dijaga dengan baik. Sistem pernapasan yang terganggu akan membuat tubuh tak nyaman serta rutinitas terhambat.

1. Makanan Manis

Makanan manis rupanya cukup berbahaya bagi penderita paru-paru, khususnya oleh para penderita TBC. Untuk penderita paru-paru, makanan manis atau bergula tinggi, khususnya dengan gula halus adalah yang juga dilarang untuk dikonsumsi. Makanan dari gula olahan maupun yang menggunakan gula halus contohnya antara lain adalah:

  • Sereal.
  • Puding.
  • Kue.
  • Gula putih.
  • Roti putih.

2. Terasi Merah

Masyarakat Indonesia pasti sudah tak asing lagi dengan terasi yang menjadi bahan konsumsi yang sudah sangat populer. Sering dijadikan sambal, memang ini adalah pelengkap makanan yang sangat nikmat, terutama bagi pecinta sambal. Namun dibalik kelezatannya, terasi merah juga perlu diwaspadai oleh para penderita paru-paru.

Di dalam terasi merah ada kandungan rhodamin B yang merupakan sebuah zat penyebab iritasi di bagian sistem pernapasan. Saat mengonsumsi terasi merah berlebihan, otomatis ini akan mengakumulasi Rhodamin B yang padahal zat ini bersifat karsinogenik. Jika konsumsi dalam jangka waktu lama, maka peradangan pada paru-paru bisa terjadi atau justru menjadi tambah buruk.

3. Garam

Makanan asin apalagi yang bergaram tinggi perlu untuk dimasukkan ke dalam pantangan para penderita paru-paru. Jika Anda merupakan salah satu pengidap asma, garam adalah musuh utama yang sebaiknya dihindari. Meski garam memang merupakan sebuah bumbu dapur yang sudah kerap digunakan untuk membumbui masakan supaya lebih sedap, garam berlebihan juga tetap tidaklah baik.

Garam selain dimanfaatkan sebagai perasa masakan, bumbu dapur ini pun sering digunakan sebagai zat pengawet alami. Mengonsumsinya berlebihan bisa berakibat buruk tak hanya bagi paru-paru dan memperparah kondisi asma. Garam juga adalah pemicu utama dari tekanan darah tinggi sampai dengan kondisi penyumbatan pembuluh darah.

4. Ikan Asin

Pantangan makanan selanjutnya bagi penderita penyakit paru-paru adalah ikan asin yang begitu sederhana dan lezat. Ini karena ada zat nitrosamin yang juga ada di dalam ikan asin (tak hanya ada pada daging kambing). Zat nitrosamin ini adalah zat karsinogenik yang mampu menyebabkan peradangan di organ tubuh kita, terutama pada bagian saluran pernafasan anda.

Sebetulnya, kandungan berbahaya yang ada pada ikan asin tidak hanya zat nitrosamin, tapi juga ada kandungan zat-zat lain yang juga mampu membentuk virus Epstein-Barr serta mengembangkannya. Waspadai zat-zat lain tersebut juga karena virus ini sangatlah membahayakan tubuh, terutama paru-paru. Karena virus tersebutlah, organ paru-paru bisa terkena peradangan dan jika sudah meradang, maka bisa memperparah kondisinya.

5. Daging Kambing

Terlepas dari kandungan lemak dan kolesterolnya yang tinggi, daging kambing memiliki banyak penggemar. Jika Anda juga menggemari daging kambing, sebaiknya tahan dulu dan hindari makanan ini sementara waktu. Khusus penderita radang paru-paru, hendaknya Anda memerhatikan asupan makanan dengan baik dengan menghindari daging kambing.

Ada zat yang terkandung di dalam daging kambing di mana zat ini mampu berpengaruh terhadap sistem peredarah darah. Bahkan zat tersebut mampu mendukung pembentukan zat nitrosamin yang mampu menjadi penyebab peradangan paru-paru. Jika terus-menerus mengonsumsinya ketika paru-paru sudah bermasalah, radang paru-paru dapat kemudian berpotensi menjadi kronis, jadi sebaiknya hindarilah.

Demikianlah penjelasan dan pantangan makanan yang tidak boleh di konsumsi oleh penderita penyakit paru paru, yang saya berikan. Semoga dapat menambah wawasan anda mengenai penyakit paru paru yang anda derita. Dan semoga dapat membantu anda dalam melakukan masa penyembuhan. Untuk pengobatan penyakit paru paru yang anda derita, bisa anda lihat di bawah ini. Cara pemesanan obat penyakit paru paru