Tidak Membuka Gadget Setelah Bangun Tidur Membuat Pagi Saya Lebih Baik

Akmal Azizi
2 min readApr 6, 2022

--

Photo by David Mao on Unsplash

Apa yang kalian lakukan setelah bangun tidur? beribadah? melamun? ngemil? main gadget? banyak hal yang bisa dilakukan sebelum memulai hari. Bagi saya kualitas bangun tidur sangat berpengaruh terhadap mood saat beraktifitas. Kebiasaan saya dulu adalah membuka gadget dan scroll timeline medsos, alhasil pagi saya dipenuhi terlalu banyak informasi bahkan sebelum otak saya siap. Belum lagi kalau tim sepakbola favorit kita kalah, bisa-bisa malah tidak bergairah untuk beraktifitas.

Untuk mengurangi kebiasaan tersebut, saya pun melakukan hal-hal berikut ini:

Menjauhkan smartphone dari jangkauan

Semakin jauh smartphone, semakin malas saya untuk membukanya. Hal ini begitu sulit di awal karena otak saya terbiasa kepo dengan notifikasi yang bermunculan, namun bukan berarti saya harus mengabaikannya. Maka yang saya lakukan adalah cek notifikasi, tinggalkan. Begitu aktifitas pagi saya selesai saya baru mengecek dan membalas pesan satu-satu.

Alternatif lain bisa dilakukan yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat, mematikan data seluler, atau disconnect wifi di smartphone sebelum tidur, dengan begitu tidak akan ada notifikasi yang muncul karena smartphone tidak tersambung dengan internet. Kekurangannya mungkin apabila ada panggilan penting di tengah malam, maka kalian akan melewatkannya.

Menyusun aktifitas rutin yang lebih bermanfaat

Setelah saya melakukan langkah pertama, maka otomatis saya merasakan banyak waktu luang di pagi hari. Untuk mengisinya, saya pun membuat list khusus seperti sholat (bagi yang muslim), membaca buku, membuat sarapan, olahraga ringan, menulis, dan membereskan kamar tidur. Minimal dua dari enam aktifitas tersebut harus saya lakukan semalas apapun saya.

Perubahan tidak akan terjadi kalau kita tidak memaksa diri sendiri untuk berubah. Seminggu pertama saya merasakan pagi saya lebih sehat dan bermanfaat bagi kesehatan mental dan pikiran. Kita lihat dalam jangka waktu satu tahun apakah saya masih konsisten menjalaninya.

--

--

Akmal Azizi
0 Followers

Writing keeps me sane | email: aziziakmal31@gmail.com | Twitter: @aziziakml