Update data menggunakan method PUT pada POSTMAN — Programmer daily note [1]

Ahmad Yunus Afghoni
3 min readAug 29, 2020

--

Sedikit Perkenalan

Hallo semuanya!.. perkenalkan saya Ahmad yunus afghoni, akrab dipanggil “Ghoni” atau “Yunus”. Ada dua versi untuk nama panggilan saya 😆. Saat ini (29 Agustus 2020) saya bekerja sebagai Backend Developer sekaligus sebagai mentor/Instruktur Laravel pada Karisma Academy.

Catatan ini saya buat sebagai wadah atau tempat saya mendokumentasikan kegiatan sehari-hari saya sebagai seorang Backend Developer, atau lebih spesifik sebagai Web developer yang kesehariannya menggunakan framework Laravel.

Catatan ini juga sebagai bentuk saya menciptakan Habbits / Kebiasaan baru, yang lebih positif dari pada saya hanya scroll-scroll sosial media saya 😸. Semoga usaha untuk menciptakan kebiasaan yang produktif ini bisa berjalan terus menerus dan dapat menjadi catatan yang bermanfaat bagi orang lain, lebih khusus untuk dari saya sendiri.

Di tempat kerja saya saat ini Karisma Academy, memilik hari kerja 6 hari. dimana pada hari Sabtu (hari ini) jam kerja hanya sampai pukul 14.00 (Setiap harinya masuk jam 08.30).

Setiap pagi kegiatan kami di Karisma Academy selalu diawali dengan SCRUM (bagi kalian yang belum tahu apa itu SCRUM, silahkan baca-baca dulu tentang scrum di artikel lain. ). SCRUM ini bertujuan untuk melaporkan progress pekerjaan pada hari sebelumnya, beserta kendala yang dihadapi. Namun juga ditambahkan dengan penyampaian Task apa yang akan dikerjakan pada hari ini.

Saat ini kami sedang mengerjakan sebuah aplikasi android yang akan digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini (Jika aplikasinya sudah Publish, semoga saya ingat untuk mengupdate artikel ini 😃). Saya bertugas sebagai pengembang untuk layanan REST API menggunakan framework laravel.

Saat tulisan ini dibuat, progress pengerjaan aplikasi tersebut sudah mencapai 40% mungkin (dengan dateline 1 Bulan, bayangkan 😵). Tentunya dalam pengembangan aplikasi tidak mungkin kita menulis kode langsung benar dan tanpa adanya error. seperti halnya hari ini. Saya mencatat sebuah permasalahan, yang sebenarnya sudah berkali-kali saya menghadapinya. Namun selalu saja bingung dan lupa solusinya, ketika menghadapi permasalahan tersebut. Berikut adalah permasalahan yang saya dapatkan hari ini, yang akhirnya jadi pembelajaran

Request Method PUT pada aplikasi Postman

Seperti yang tertulis pada judul artikel ini, saya selalu lupa bagaimana cara membuat sebuah request yang benar pada aplikasi POSTMAN. Request yang saya buat menggunakan methos PUT untuk update data.

Ketika kita ingin membangun sebuah RESTFULL API, maka untuk melakukan proses update data method yang digunakan adalah PUT. Pada aplikasi Postman yang memang di desain sebagai API Tester, maka terdapat fitur lengkap untuk melakukan semua jenis Request ke REST API.

Menggunakan method PUT pada aplikasi Postman agar form data kita dapat terkirim ke server kita harus menggunakan jenis body.

x-www-form-urlencoded

Jika kita menggunakan form-data biasa, maka di sisi server (dalam kasus saya adalah Laravel) tidak akan menerima form data yang kita kirimkan.

Begitu juga ketika kita menggunakan sebuah form yang kitaa buat menggunakan HTML. Kita perlu memberikan sebuah informasi ke server, bahwa kita ingin melakukan proses update data menggunakan method PUT.

Kita dapat memberikan sebuah inputan dengan name: _method , kemudian kita berikan value “PUT”.

<input type="text" name="_method" value="PUT" />

Pada framework Laravel pembuat method tersebut dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Blade templating

@method("PUT")

maka otomatis pada form yang kita gunakan, akan ter-generate sebuah inputan untuk memberikan informasi bahwa form ini menggunakan method PUT.

Permasalahan yang kita hadapi selama ngoding pasti selalu ada jalan keluarnya. Tinggal kitanya mau mencari solusinya dan mencobanya untuk mengatasi permasalah yang sedang dihadapi. Seperti masalah diatas, sebenarnya simple. Namun jika kita tidak tahu atau bingung sendiri, pasti soolusinya tidak akan ketemu dengan mudah.

Oke, cukup sampai disini tulisan saya kali ini. Sepertinya cukup panjang 😅 (maafkan). semoga kedepan bisa semakin baik, agar kalian membaca dapat nyaman dan mendapatkan menfaat dari artikel yang saya tulis.

Terimakasih, silahkan komentar dibawah jika kalian pernah mengalami masalah yang sama. Silahkan juga follow untuk mendapatkan daily note hari-hari berikutnya.

sekian!..

--

--

Ahmad Yunus Afghoni

Software Enginer | #Laravel #Flutter #PHP #Dart #Fullstack