Kemerdekaan itu Hak Semua Orang yang Diraih Tidak dengan Cuma-Cuma

ALAMI Sharia
Aug 16 · 4 min read
Sumber: Pexels

“Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa,” begitulah penggalan kalimat dari UUD 1945. Tapi sebenernya apa sih arti dari kata merdeka?

Kalo di KBBI, merdeka itu bebas atau lepas dari tuntutan atau tidak terikat. Artinya kamu dapat memilih segala langkah yang ingin diambil berdasarkan kemauan kamu.

Beruntungnya kita hidup di zaman modern ini, di mana kemerdekaan sudah diraih oleh para pejuang Indonesia dulu. Alhamdulillah sudah tidak ada lagi sistem kerja paksa seperti Romusha dan Rodi yang menindas kebebasan untuk orang-orang yang tinggal sebelum kita.

Udah seharusnya kemerdekaan bangsa Indonesia ini di hayati dengan sungguh-sungguh, enggak hanya dilewati cuma-cuma.

Setiap tanggal 17 Agustus masyarakat Indonesia memeringati hari kemerdekaan. Disambut dengan berbagai kemeriahan perlombaan di masing-masing daerah ataupun kampung halaman. Membuat warga saling bersilaturahmi satu sama lain. Hal semacam inilah yang harus dijaga yaitu kebersamaan dan persatuan masyarakat bahkan negara ini.

Presiden pertama Indonesia, Bung Karno — Sumber tirto.id

Mengenang perjuangan para proklamator menyatakan Kemerdekaan Indonesia yang dibacakan oleh Ir. Soekarno atau Bung Karno pada hari Jum’at, 17 Agustus 1945. Dengan persatuan dari berbagai golongan, berkumpul di satu tempat untuk menyaksikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, untuk terbebas dari para penjajah dahulu.

Sudah seyogyanya kita menghayati momen ini. Karena para pendiri bangsa berjuang sampai berdarah-darah untuk mengusir penjajah dan segala penindasan kepada penduduk Indonesia pada saat itu, agar masyarakat Indonesia bisa bebas merdeka dari para penjajah.

Karena setiap orang pastinya ingin merdeka atau bebas yang merupakan hak bagi setiap warga negara. Merdeka merupakan proses berkembang untuk menjadi sukses dan bahagia sesuai dengan preferensi kamu.

Hal-hal yang dapat membuat kamu merasa merdeka diantaranya:

Tidak Bergantung pada Orang Lain

Kamu memiliki kemampuan untuk membiayai kebutuhan hidupmu sendiri. Tidak selalu bergantung atau bahkan mengharap belas kasihan orang. Menjadi orang yang mandiri dan bertanggung jawab dalam setiap pilihan yang diambil menunjukkan kamu sudah dewasa dan merdeka.

Kamu bisa melakukannya dengan menekuni hal yang merupakan bidang kamu. Sehingga kamu memiliki profesi sesuai dengan kemampuan yang dapat kamu kontribusikan.

Untuk kalian yang masih tinggal sama Ayah atau Ibu, tidak masalah. Kalian bisa mulai dari hal yang kecil dulu. Misalnya, nyiapin bekal sendiri. Kalo belum bisa dan bergantung sama jajan diluar dan butuh uang tambahan, bisa sambil kerja part-time di sebuah restoran. Lumayan kan buat nambah-nambahin uang jajan sambil pelan-pelan enggak minta uang dari orang tua kamu.

Punya Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan diatur secara bijak untuk mencapai merdeka finansial. Sebisa mungkin pengeluaran disesuaikan dengan gaya hidup kamu untuk mencapai financial goals kamu. Contoh, kalo kamu masih mahasiswa, usahakan makan di kantin. Boleh makan di tempat yang enak, tapi sebisa mungkin di batasin.

Punya perencanaan keuangan itu memberikan kamu untuk bisa mengendalikan mana yang hanya sekedar nafsu dan mana yang memang benar-benar kebutuhan. Bayangin kalo kamu terus menerus mengikuti keinginan, kamu akan selalu terlilit cicilan konsumtif.

Supaya enggak kejadian seperti itu, kamu harus mengelola finansial kamu dengan baik. Pelan pelan dulu aja. Apabila dibutuhkan bisa juga sewa konsultan perencanaan keuangan untuk mengaturnya lebih profesional. Atau mungkin follow Instagramnya ALAMI? Hehe. Mina punya saran yang bisa kamu ikuti bisa dicek pada artikel kita sebelumnya

https://medium.com/alamisharia/pusing-uang-kamu-selalu-habis-coba-ikuti-7-tips-mengelola-keuangan-kamu-secara-syariah-8d3def8593ec

Bersyukur

Salah satu hal yang membuat kamu merasa cukup adalah bersyukur. Kata yang mudah diucapkan tapi sebenarnya sulit untuk dipraktekkan. Dimana kamu harus berterima kasih dengan segala hal yang dimiliki sehingga tidak kemauan kamu yang hanya sekedar nafsu sesaat saja tidak bisa terulang. Dengan begitu kamu bisa merasa tenang dan damai.

“Barang siapa yang bersyukur atas nikmatku kata Allah, niscaya aku akan menambahn nikmat itu. Akan tetapi barang siapa yang kufur atas nikmat Ku kata Allah, maka azab ku sangatlah pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Punya Tabungan Bersiap dalam Segala Keadaan

Ada pepatah mengatakan sedia payung sebelum hujan. Begitu juga dengan finansial kamu karena ga selamanya semua akan berjalan baik-baik saja. Bisa jadi hari ini cuaca cerah tapi besok datang angin puting beliung. Maka fundamental tabungan kamu harus dibangun sekuat mungkin.

Kamu bisa menyiapkan list dari beberapa kemungkinan pengeluaran apa saja yang dilakukan kedepan, minimal bulan depan. Juga menyiapkan dana darurat apabila ada sesuatu mendadak yang terjadi. Semua bisa disesuaikan dengan keadaanmu. Banyak yang mengatakan setidaknya adalah 3x pendapatan yang kamu miliki.

Selain itu kamu juga harus mempersiapkan keadaan kedepan dari jauh hari-hari. Misal untuk dana pendidikan anak atau dana pensiun. Seperti kamu yang diikutkan BPJS Jaminan Hari Tua (JHT) yang diambil sekitar 5,7% dari penghasilan atau ikut Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).

Punya Pendapatan Pasif

Keadaan kamu merdeka finansial adalah ketika kamu memiliki pendapatan pasif yang dapat membiayai pengeluaran operasional kamu. Dimana kamu tidak khawatir lagi dengan dana yang kamu keluarkan bahkan sebagian dapat kamu gunakan untuk berbagi dengan bersedekah.

Pendapatan pasif tersebut bisa kamu dapatkan dengan memulai mendanai pada proyek pembiayaan yang kamu ingin biayai. Dengan begitu dana yang kamu miliki bisa digunakan orang lain sementara waktu dan kamu mendapatkan sebagian porsi keuntungan sesuai dengan yang disepakati.

Yuk raih merdeka finansial kamu dengan memberi pendanaan di ALAMI. Untuk mempelajari lebih lanjut dapat mengunjungi link berikut ini yaa

www.alamisharia.co.id

ALAMI Sharia

Written by

Revolutionizing sharia financial industry since 2017

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade