4 Tips Sukses Menjadi Guru Inspiratif

Guru (bahasa Sanskerta: गुरू yang berarti guru, tetapi arti secara harfiahnya adalah “berat”) adalah seorang pengajar suatuilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Guru yang hebat adalah guru yang mampu menginspirasi siswanya ketika dikelas. Guru yang menginspirasi akan melahirkan siswa yang hebat pula. Menjadi seorang guru yang menginspirasi memang tidaklah mudah. Tapi kita bisa mencapainya bila kita mau terus belajar dan memperbaiki kualitas diri. Pertanyaannya apakah kita sudah menjadi guru yang menginspirasi?

Berikut empat tips untuk menjadi seorang guru yang menginspirasi.

1. Milikilah Empati.

Mungkin kualitas terbesar seorang guru ketika guru dapat memiliki empati kepada siswanya. Menciptakan empati adalah tentang ikatan guru dengan siswanya. Gembira bersama mereka, tertawa bersama mereka, bahkan menangis dengan mereka. Cobalah untuk berada di sepanjang hari-hari mereka selama di sekolah. Kenali emosi mereka dan pahami perasaan mereka. Siswa yang masih dikategorikan tahap pertumbuhan terkadang labil, mudah stres dan kadang-kadang di bawah tekanan besar, tapi mungkin yang terlihat dari luar adalah kemarahan, agresi, perangai buruk atau ketidaksabaran. Pada saat itu Anda perlu memberikan kasih sayang dan memahami beberapa hal-hal buruk yang terjadi dalam hidup mereka. Milikilah rasa empati kepada siswa, maka merekapun akan terbuka kepada anda.

2. Mengembangkan Sikap Mental Positif.

Guru adalah manusia biasa seperti yang lainnya, namun tekanan bekerja dalam menghadapi siswa terutama mereka yang memiliki masalah sikap dan perilaku terkadang akan sangat berat untuk menghadapinya. Ini adalah hanya masalah waktu yang guru butuhkan untuk menjadi kuat. Tetaplah untuk menjaga senyum di wajah ketika hal-hal sulit terjadi. Lihatlah sisi terang dari hal hal yang berat tersebut. tetaplah berusaha untuk menemukan sesuatu yang positif dalam setiap situasi negatif. Milikilah sifat-sifat seperti itu, karena ingat sikap guru menular kepada murid ketika dikelas. Anda memiliki pilihan untuk membawa cahaya ke dalam kelas atau bayangan kesuraman kepada siswa anda dikelas.

3. Kembangkan Keterampilan Verbal Anda.

Setiap guru yang hebat adalah guru yang mampu menjadi seorang orator ulung. Apa indikator guru sebagai orator ulung (kemampuan verbal yang baik) itu? yaitu jika guru dapat membuat siswanya terfokus dan tertarik ketika berbicara (mengajar) dikelas. Guru harus mampu dalam mengatur gairah, emosi, kontak mata, bahasa tubuh, modulasi suara dan perasaan. Bicaralah dengan keyakinan. Percayalah pada apa yang Anda katakan. Bawalah siswa Anda pada perjalanan yang indah setiap harinya.

Guru juga harus selalu uptudate dengan perkembangan tekhnologi dewasa ini dengan kehadiran elearning dan kursus online yang sedang berkembang secara cepat dewasa ini.

4. Ingatlah Bahwa Mengajar adalah Profesi Mulia.

Guru adalah orang yang paling berperan dalam mencerdaskan suatu bangsa. Guru harus menyadari bahwa mereka telah diberi hadiah besar yaitu kekuatan untuk mengubah hidup. Sebagai sebuah profesi yang mulia, guru mempunyai pilihan yaitu menjadi guru biasa-biasa saja dalam mengajar sehingga membosankan siswanya. Atau, seorang manusia yang membantu manusia lainnya untuk menyadari potensi penuh mereka dan membuat perbedaan positif dalam dunia mereka (siswa). Keyakinan Anda menciptakan dunia Anda dan membawa perubahan pada yang lainnya.

Nah, itu dia 4 Tipsnya. Yuk kita praktekkan bersama. Tentunya masih banyak tips dan trik lainnya yang bisa kita explore bersama. Bila teman guru mempunyai tips dan trik yang belum di tulis disini, bisa disampaikan di kolom komentar.

  • Dihimpun dari berbagai sumber