JENIS-JENIS TIPE DATA

Syahnan annas Pirmansyah
Apr 29 · 2 min read

1.TIPE DATA STRING String adalah salah satu tipe data yang ada di Javascript yang berisi huruf,angka dan berbagai karakter. Tipe data string memiliki ciri khas yaitu dengan(‘..’),(“..”),(`..`)

Contoh: -> const nama = “Steve”; -> const nom = ‘Rogers’; -> const name = `John`;

2.TIPE DATA NUMBER Number adalah salah satu tipe data yang ada di Javascript yang hanya berisikan angka satuan atau decimal.

Contoh: -> const umur = 18; -> const tinggi =175.5;

3.TIPE DATA BOOLEAN Boolean adalah salah satu jenis tipe data yang ada di Javascript yang hanya berisikan 2 statement yaitu true or false.

Contoh: -> const bernafas = true; -> const terbang = false;

#ARRAY VS OBJECT#

1. ARRAY Array/Larik(dalam bahasa indonesia). Array juga termasuk dalam tipe data Composite.Array adalah tipe data yang mampu menyimpan data dengan tipe data string,Number dan bahkan Boolean. Fungsi dari array itu untuk menyimpan banyak data dalam satu variabel dan mempermudah pekerjaan.Karena,kalau tidak menggunakan array kita itu harus membuat semuanya seakan akan manual. Contoh: Misalnya kita ingin membuat beberapa variabel tentang daftar nama siswa di kelas XI IPA.

o Tanpa Array: -const siswa = “Steve”; -const siswa2 = “Robert”; -const siswa3 = “John”;

Hingga selesai. Intinya ini akan sangat menyusahkan.

o Menggunakan Array: -const siswa = [“Steven”, “Rogers”, “John”];

Jadi, kesimpulannya itu jika menggunakan array pekerjaan menjadi lebih mudah.

2. OBJECT Object/Objek (dalam bahasa indonesia bisa). Object juga termasuk dalam tipe data Composite.Object adalah tipe data yang mampu menyimpan data dengan tipe data String,Number dan bahkan Boolean. Tapi, tipe data object tidak hanya tipe data yang hanya digunakan untuk menyimpan data,melainkan berisikan juga dengan informasi yang lebih jelas untuk mengolah data tersebut. Contoh: Misalnya kita ingin membuat ciri-ciri dari seorang siswa.

const siswa = { nama : “Connor”, umur : 17, hidup : true };

#Object di dalam Array#

Object di dalam Array itu dapat digunakan ketika kita ingin membuat ciri-ciri seorang siswa dalam jumlah yang cukup banyak.

const siswakelasXI = [ { nama : “Connor”, umur : 17, remidi : true }, { nama : “Steve”, umur : 18, remidi : false }, ];

Jadi kita lebih mudah untuk membuat ciri-ciri siswa dalam kelas XI IPA.