Semangat 45 Penerapan Sistem Akuntabilitas

#travrelogue part 5

Petualanganku selanjutnya adalah menuju kota khas pecel hehehe. Bersama dengan kawanku kami menaiki kereta Turangga menuju kota Madiun di pagi buta untuk bimbingan teknis kepada SKPD terkait sistem akuntabilitas kinerja pemerintah. Dari satu daerah ke daerah lain aku coba perhatikan tidak ada satupun yang tidak semangat dalam mengikuti pelatihan ini. Dari tingkat kepala hingga staf semuanya semangat.

Ada sedikit yang berbeda pada mereka yang hadir. Rata-rata mereka yang mengikuti pelatihan adalah kaum hawa. Mungkin dikarenakan kaum hawa cenderung lebih teliti dalam mengerjakan tugas. Hehehe

Pelatihan dilaksanakan dua hari dengan hari pertama adalah penjelasan teori tentang akuntabilitas dan kemudian mengenal sistem secara global dari mulai antar muka dan laporan yang dapat dihasilkan. Hari kedua adalah implementasi teknis langsung ke dalam sistem.

Saking semangatnya bahkan ada yang masih tetap mengerjakan ketika sudah masuk jam istirahat.

Semoga sukses Pak hehehe

Salah satu kelebihan dari sistem yang dibangun ini adalah kinerja tiap SKPD dapat dilihat baik oleh internal pemerintah ataupun publik. Tentunya dengan adanya sistem ini diharapkan seluruh SKPD dapat lebih meningkatkan kinerjanya.

*selepas olah raga :)

Andrey Ferriyan
Yogyakarta, 4 November 2015