Kenapa anda (marketer) perlu bekerja sama dengan digital marketing agency?

  1. Anda sendirian dan marketer itu sibuk, prioritaskan pekerjaan utama anda

Kalau anda marketer brand produk/jasa disebuah perusahaan, anda tentunya menyadari kerjaan anda itu banyak sekali dari urusan membuat strategi marketing, pricing, distribusi, promotion hingga hal-hal internal lainnya. Sementara kpi utama anda umumnya adalah membantu menumbuhkan bisnis perusahaan dengan program marketing anda bersama tim sales dan tim lainnya.

Waktu, tenaga dan pikiran anda sangat terbatas, ada baiknya anda memprioritaskan kepada tugas utama anda memikirkan bagaimana strategi marketing anda untuk menumbuhkan bisnis daripada menghabiskan waktu ke eksekusi.

Agency yang baik akan bisa membantu anda melakukan eksekusi yang baik sesuai dengan rencana anda.

2. Digital marketing itu komplek, anda bisa tersesat
Marketing tradisional saja sudah cukup komplek, maka digital marketing lebih komplek lagi, karena anda harus mengerti bagaimana calon pelanggan anda berhubungan dengan teknologi digital, bagaimana mereka mengkomsumsi konten, bagaimana trend yang sedang terjadi, bagaimana mentarget mereka, pesan apa yang ingin disampaikan, bagaimana mengukurnya, tools apa yang akan digunakan, creative seperti apa yang ingin dibuat, dan masih banyak hal lainnya.

Sangat komplek bukan? lagi-lagi resources dan fokus anda terbatas, jadi anda membutuhkan bantuan agency untuk membantu semua itu.

3. Digital marketing agency bisa membantu anda menghindari kesalahan umum yang sering terjadi.

Agency, mereka biasanya fokus di hal yang sama berulang-ulang dalam waktu yang cukup lama, mengerjakan proyek dengan berbagai macam klien dengan menggunakan berbagai macam strategi, media, aktifitas, platform dan tools yang bermacam-macam.

Mereka sudah sering melakukan kesalahan dan juga banyak keberhasilan, agency yang baik akan belajar dan tidak akan melakukan kesalahan yang sama lagi, sehingga ketika anda datang brief, mereka bisa memberikan hal yang sudah terbukti berhasil atau hal baru yang bisa dicoba.

Itu termasuk value yang sangat berarti, karena artinya anda menghindari kesalahan konyol yang tidak perlu terjadi. Jadi jangan lupa untuk mendengarkan saran mereka juga ya.

4. Special deal/support/diskon dari agency

Agency juga biasanya sudah bekerja sama dengan media dalam waktu yg cukup lama, relationship mereka biasanya cukup baik, sehingga bisa membantu anda mendapatkan special deal, package, diskon atau setidaknya support yang lebih baik jika dibandingkan anda melakukannya sendiri.

5. Anda bukan orang kreatif

Maaf dan jangan khawatir memang tidak semua orang adalah orang kreatif, dan jika anda termasuk orang yang tidak kreatif, maka anda memerlukan tim kreatif seperti orang-orang agency yang memang makanan mereka sehari-hari adalah kreativitas. Anda juga bisa saling melengkapi dan belajar tentunya.

6. Kompetitor anda menggunakan digital marketing agency handal dan bisnis mereka tumbuh dengan baik

Itu mungkin salah satu fakta yang sangat memukul karena benar adanya, mungkin seperti chicken and egg, tapi intinya bagaimana anda akan bisa melawannya jika anda sendirian? Untuk membuat sebuah digital marketing strategi yang hebat dengan eksekusi yang hebat anda membutuhkan team yang hebat juga.

7. Perusahaan anda termasuk perusahaan dinosaurus

Saya beberapa kali meeting dengan perusahaan yang sudah berjalan cukup lama, bisnis bertumbuh dengan baik tahun lalu tapi tahun ini mulai stagnan dengan gempuran kompetitor baru yang lebih modern dan bergerak cepat menggunakan teknologi khususnya digital marketing.

Perusahaan seperti ini biasanya dipimpin oleh orang-orang lama yang sangat lambat dan enggan untuk mengadopsi cara baru dengan teknologi yang lebih cepat dan lebih baik. Biasanya karena mereka harus keluar dari zona nyaman dan harus belajar lagi tantangannya, masalahnya adalah anda kesulitan untuk menjelaskan mereka kenapa perusahaan perlu mengadopsi teknologi khususnya digital marketing. Biasanya agency atau pihak luar sudah punya cara sendiri untuk hal seperti ini.

8. Anda sudah melakukannya sendiri tetapi tidak ada hasil

Ok, anda sudah tahu anda perlu digital marketing, anda sudah melakukannya, tapi tidak ada hasil, lalu apakah artinya digital marketing itu selalu gagal? bagaimana dengan kompetitor anda? kenapa mereka bisa berhasil? mungkin memang selama ini yang anda lakukan kurang tepat, sehingga anda butuh berdiskusi dengan digital marketing agency yang handal.

Cukup banyak ya alasannya, atau masih ada lagi? jadi anda perlu digital marketing agency atau tidak? ;)