Resep Bubur Ayam Jakarta Tanpa Kuah

Memang benar jika menganggap bubur ayam menjadi menu makanan sejuta umat karena rasanya kental khas menjadi favorit di seluruh nusantara. Makanan lokal asli indonesia memang mantap gurihnya.

Di kota besar bubur ayam sudah pasti banyak aneka macam jenis dan variasi penyajiannya. Ada yang paling populer dan menarik banyak minat seperti bubur ayam jakarta tanpa kuah kaldu alias kering yang bisa kita temui di komplek pertokoan. Ketenaran cita rasanya disukai banyak masyarakat hingga yang mampir dari luar daerah dijual sekitar Rp13.000/porsi. Saking penasaran dengan resep warisan bubur ayam jakarta paling enak dan legendaris membuat banyak orang mencoba membuat sendiri ala homemade. Walaupun tidak seistimewah direstoran tapi puas kalu hasil bikin sendiri.

Mengkonsumsi bubur setiap hari umumnya memang enak sekali alternatif sereal dan cocok untuk mengganjal perut keroncongan sebagai ganti makan siang jam istirahat mengembalikan nafsu makan yang hilang. Dengan tekstur bubur yang lembut tentu tidak seret saat masuk ke tubuh dan usus tidak bekerja terlalu keras. Jumlah penikmat bubur ayam tanpa kuah juga tidak kalah banyak mengalahkan nasi goreng yang sama-sama dibuat dari beras putih atau padi.

Jika kamu belum sarapan pagi cobalah nikmati kelazatan dari bubur ayam jakarta menarik lidah bersama keluarga tercinta. Apalagi tanggal tua banyak anak kost yang pilih mencari abang penjual yang biasa lewat dan mangkal di dekat lokasi mereka atau mang oyo dan mang dudung yang sering kita dengar.

Resep Bubur Ayam Jakarta Tanpa Kuah
Adapun bahan untuk membuat bubur ayam seperti beras mentah, air untuk merebus, daun salam 3 sampai 4 lembar sudah cukup. Sedangkan kalau yag suka ada kuah kunig seperti kari ya pakai daging ayam yang direbus dengan daun salam, serai serta air hingga menjadi seperti kaldu. Jika direbus dengan kuahnya hingga memadat akan lebih mantap sekali.

Cara Membuat Bubur Ayam Jakarta
1. Pastikan sudah mencuci beras hingga bersih sebelum direbus dengan daun salam dan garam. Aduk sampai menjadi kental.
2. Tumis bumbu halus 2 butir kemiri, 4 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 1/2 sdt ketumbar, 1/4 sdt jintan, 2 cm kunyit, 1 sdt garam
3. Tumis bumbu tersebut dengan tambahan daun salam, serai dan ayam hingga menjadi kaldu kuning yang sudah pasti mengandung lemak.
4. Masukkan bubur dan masak sampai mengental kering dengan takaran air secukupnya saja agar tidak terlalu lembek.
5. Untuk pelengkapnya kamu bisa gunakan ayam yang direbus dan dipotong kecil menjadi banyak.

Anda pun bisa baca detail mulai dari bahan serta resep bubur ayam jakarta super lengkap untuk dijadikan menjadi 3–4 mangkok dan paling enak yang sudah jelas. Sehingga bisa dijadikan referensi seharusnya dicatat dengan baik dan benar. Olahan buur juga boleh menggunakan seperti alat penanak nasi megicom atau rice cooker. Berikan potongan ayam yang melimpah biasanya paling digemari. Happy cooking moms…