Biaya hidup di Belanda (sebagai expat) di 2023

Angga Dwi Arifandi
16 min readJun 4, 2023

--

Hoi hoi semuanya.

Kayaknya udh lama banget dari gue terakhir nulis lol, a lot have been happening since my last article in Medium.

Jadi, dari awal tahun 2023 kemarin, gw sekeluarga (sama istri + anak) pindah ke Belanda. Nah kebetulan, setelah pindah kesini ~4 bulanan, gw punya lumayan banyak spare-time karena pace kerja disini tidak se-ngebut pace kerja tempat gw kerja sebelumnya.

So, I decided to start writing again (finally), dan doain semoga istiqomah ya guys haha.

Untuk artikel pertama gw setelah long-break ini, gw lumayan terinspirasi dr pengalaman gw sendiri ketika dapet offer dari salah satu company di Belanda, dan gw pengen tahu gw butuh gaji berapa si biar bisa survive di Belanda (terutama di kota2 besar, atau mereka nyebutnya Randstad).

Nah, turns out pas gw coba cari2 resourcenya, itu ga semudah itu lol. Agak sulit nyari resource yang pas utk keadaan gw, terutama nyari artikel yang Bahasa Indonesia lebih sulit lagi haha. Jadilah gw pengen coba sharing pengalaman gw ke kalian2 yang tertarik. Siapa tau bisa membantu.

Let’s start

Jadi, keadaan rumah tangga gw sekarang itu ada gw (kepala keluarga), istri gw (ibu rumah tangga, belum kerja), dan ada 1 anak bayi (<1 tahun). Biar kalian bisa ada bayangan lah kira2 kebutuhan gue kayak apa aja.

Dan, gw mau coba bahas beberapa item2 penting yang cukup common untuk keluarga kecil dengan 1 anak yang masih bayi. Which is:

  • Rent (sewa rumah)
  • Biaya listrik, air, heating. House utilities lah ya.
  • Health insurance
  • Transportasi
  • Biaya groceries (daily necessities)
  • Childcare
  • Biaya “ngemol” kalo disini

Yok kita mulai bahas satu per-satu.

Rent

Okeh, jadi ini poin paling penting yah kalo ngomongin tentang biaya hidup. Karena most likely 20++% pendapatan jatuhnya pasti kesini.

Buat Belanda sendiri, ini sangat2 unfortunate, tapi Belanda di 2023 (dan bbrp tahun sebelumnya), lagi mengalami yang namanya Housing crisis. Yang artinya, jumlah rumah yang ada, ga cukup banyak kalau dibandingin sama kebutuhan rumah orang2 yang ada disini. Alhasil, ya teori ekonomi dasar aja tentang supply and demand, harga sewa rumah disini naik drastis banget.
Sebenernya, pemerintah udah mulai ngelakuin hal2 kecil kayak ngebangun social housing dengan harga sewa yang relatif rendah. Cuma, yha pasti pemerintah akan mengutamakan warga negara asli Belandanya dulu, jadi sebagai expat ya kita urutan ke-sekian buat masalah begini2an.

House-hunting begins!

Buat gw dan keluarga, kita pengen cari apartemen/rumah dengan minimum 2 bedroom. Mostly karena gw kerja dirumah, jadi kalo gw kerja di ruang tamu kayanya bakal selalu digangguin sama suara bayi teriak2. Jadi, gw butuh 1 ruangan sendiri yang bakal jadi office-space buat gw.

Lanjutlah pas gw awal2 riset tentang Belanda, gw dapet info bahwa utk apartemen/rumah dengan harga segitu di Amsterdam dan sekitarnya (karena kantor gw di Amsterdam), budgetnya sekitar 1500 an euro per bulan (lupa dapet dari artikel mana ini). Nyari2 lah di website2 lokal semacem Funda, Pararius, dan makelaar2 lokal dan ya ada emang unit dengan harga sewa segitu, tapi DIKIT BANGET dan iklannya itu udah ilang dalam itungan jam 😂😂😂 Cuma ya namanya pengen irit ya, jd optimis aja dulu siapa tau dapet dengan harga segitu sambil cari2 terus.

Setelah sampe di Belanda, dan urus2 dokumen gw di beberapa minggu awal, gw dapet agen properti juga dari kantor buat nyari hunian utk disewa di Belanda. Dan, ketika mulai waktunya untuk nyari rumah, mereka bilang utk requirement gw (minimum 2 bedroom) di Amsterdam itu butuh budget sekitar 2400++ euro per bulan , which is GILA BGT 😂😂😂
Jujur gw ga kebayang sih abis duit 38++ juta IDR buat sewa rumah per bulannya. Walaupun ga boleh diconvert ke IDR emang sih ya kalo soal harga, tapi kebayang dengan duit segitu gue udah bisa KPR rumahnya Raffi Ahmad kayanya ya hahaha.

Jadilah karena agen gw ngasih tau harga segitu yang sangat tidak masuk akal bagi mindset mendang mending gw, kami mulai cari opsi kota2 lain yang ga terlalu jauh sama Amsterdam (masih commute-able buat ngantor). Batas gw max bgt commute 1 jam lah dari rumah sampe kantor, kalo bisa lebih cepet lagi lebih baik.

Dan jadilah list kota2 yang ada di sekitaran Amsterdam dan jadi inceran kita. Ada Utrecht, Almere, Hilversum.

Singkat cerita (mungkin soal pencarian rumah ini bakal gw tulis lg di artikel terpisah karena panjang perjuangannya), setelah sekitar 1.5 bulanan mencari rumah, alhamdulillah kami dapet sewa rumah (ground-house) di kota Utrecht dengan biaya sewa 1.850 euro/bulan non furnished.

Rumah yang kita tempatin sekarang ini punya 3 kamar (2 kamar tidur gede + mezzanine), dan 1 kamar agak kecil utk office-space gw, 2 lantai, kamar mandinya ada 2, dan ada backyardnya dibelakang. Kami seneng bgt sih sm rumah ini, krn lumayan luas jd si baby bisa leluasa explore seisi rumah, naik tangga, dan main2 di taman belakang rumah.

Setau gw, buat standard di Utrecht, rumah yg gw sewa ini tergolong agak sedikit lebih mahal dari apartemen 2 kamar tidur yg lain. Mungkin karena rumah tapak, dan kamarnya juga 3 ya. Berdasarkan tanya2 pengalaman temen di Utrecht, dan liat2 listing di Funda. Standarnya utk 2 bedroom di Utrecht, di awal tahun 2023, sekitar 1500–1600 an euro lah. Pernah juga dapet listing di apartemen deket Utrecht Centraal ~1400 an euro, 2 kamar tapi laundry room nya sharing.

Kesimpulan gw buat bagian ini, coming from Jakarta, kita harus siap rogoh kocek lumayan dalem sih buat housing di NL ini. Beberapa temen gw ada yg pilih alternatif tinggal di pedesaan yg jaraknya sekitar 1.5–2 jam by public transport dari kantor. Apalagi di NL rata2 employer bakal ngasih lo business transport card (zakelijk card), jadi ongkos transport ke kantor mau sejauh apapun ditanggung sm perusahaan anyway.

Rumah gw di Belanda

House Utilities

Lanjut ke bagian yang kedua, rumah pasti perlu segala macem tetek bengeknya untuk bisa bekerja. Cem listrik, aer, dll.

Jadi ada 4 komponen rutin yang harus dibayar per bulannya kalo lo rent di NL:

  • Listrik (atau Energi mereka blgnya)
  • Heating
  • Air
  • Internet

Ada dua hal yang menurut gue cukup unik (kayanya ini implemented across europe sih, tp di Indo asing bgt aja sm konsep begini).

Pertama. Jadi, provider2 utilities ini tuh di Belanda, dipegang sama pihak swasta, instead of dihandle full sama pemerintah. Yang artinya apa? kita sebagai warga, punya pilihan utk milih provider yang mana (yay to capitalism!).

Yang mana, jujur perlu waktu lagi buat kita mempelajari mana provider yang paling ok buat kebutuhan kita (bisa jadi paling murah, paling stabil harganya, dll dll). Jadi kalo nanti kalian tinggal di Belanda. Harus spend waktu tuh buat pilih provider mana yang paling cocok utk kebutuhan rumah kalian. Hal ini berlaku buat provider heating, listrik (energi), sama internet.

Untuk air, tetep dipegang sama swasta. Tp setau gue, satu kota cuma dipegang sama satu provider, jadi kalian ya harus pilih provider tersebut (macem PDAM di Indo).

Kedua, bayar utilities provider disini tuh sistemnya kontrak, jadi kalo di indo kan sistemnya kalian bayar per bulan sesuai yang kalian bayar aja ya. Nah disini sistemnya itu:

  1. kalian akan ditanyain komposisi rumah tangga kalian seperti apa (misal: 2 dewasa, 1 anak kecil).
  2. terus nanti mereka bakal ngitungin berdasarkan kalkulasi mereka, kira2 pengeluaran kalian per bulan bakal berapa (misal: 50 euro, utk 2 dewasa).
  3. kalian bakal bayar dengan jumlah tersebut (atau bisa kalian lebihin/kurangin juga) per bulannya, diauto-debet dari rekening kalian, jd ngga bayar manual.
  4. nanti di akhir tahun, akan dicek apakah penggunaan kalian sesuai dengan jumlah yang udah kalian bayar. Disini ada 2 kemungkinan, kalo kalian pakenya ternyata engga sebanyak yang udah kalian bayar, kalian akan dapet refund. Sebaliknya, kalau kalian pakenya lebih banyak dari yang udah kalian bayar, kalian harus bayar kekurangannya ke provider tersebut.

Jujur ini agak tricky sih lol, banyak tanya2 aja sama temen kalian yang udah tinggal di negara itu sebelumnya, atau sama kolega dr kantor juga cukup umum disini.

Listrik (Energi)

Buat listrik (energi), karena household gw isinya 3 orang, provider gw namanya Vatenfall, dan gw kena 82 euro/bulan buat bayar listrik di rumah gw. Nothing special sih buat item yang ini. Basically ini kayak lo bayar PLN aja di Indo, bedanya sistem kontrak lo itu aja.

Oh iya, soal listrik, colokan listrik di Belanda, sama persis di Indo. Jadi gw bisa pake semua barang2 listrik gw dari Indo, disini.

Heating

Buat heating, provider gw namanya Eneco, gw kena 196 euro/bulan buat bayar heating di rumah. Jujur ini angkanya agak tinggi lol, tp gue dan keluarga kebetulan gak gitu suka dingin, apalagi anak gw masih bayi. Jadi gw prefer bayar agak mahal buat heating dan pakenya ya bisa lumayan banyak terutama pas winter.

Daripada irit2 bayarnya, tapi pas di akhir tahun malah perlu bayar tambahan, mendingan bayar banyak didepan, trs kalo pakenya ga sebanyak itu bisa dibalikin lagi uangnya.

Air

Buat air, provider gw namanya Vitens, ini provider utk seluruh kota Utrecht seinget gw. Gw bayar 24 euro/bulan buat bayar kebutuhan air dirumah gw. Nothing special juga sih buat item yang ini.

Internet

Buat internet, gw pake Vodafone buat nomer telefon & internet mobile, dan Ziggo buat internet dirumah.

Ada 3 provider telekomunikasi terbesar di Belanda, ada Vodafone, KPN, dan T-Mobile. Dan masing2 provider mobile tersebut, punya provider internet rumah juga. Jadi lo bisa mix and match gitu. Misal mobile pake Vodafone, tapi internet rumah pake T-Mobile. Tapi biasanya kalo lo kombinasiin mobile sama internet rumah, lo bisa dapet korting (diskon) gitu, mayan lah.

Buat item ini, gw bayar 55 euro/bulan untuk provider internet gw sama istri (2 nomer, lumayan quota internetnya kyk 100gb/bulan/nomer gitu). Dan buat internet rumahnya, gw bayar 39 euro/bulan dan dapet speed 1000 mbps gitu (cepet bgt lol).

Health Insurance

Lanjut, jadi di Belanda itu, semua warga negara wajib punya yang namanya basic health insurance. Jadi kalo lo gapunya insurance, ilegal tuh lo ntar bisa kena denda.

Nah buat insurance ini sebenernya a whole another topic, karena lumayan ribet. Terutama untuk service2 yang additional (ga termasuk di basic), kayak misalnya untuk ke dokter gigi, psikiater atau psikolog itu lo bisa ambil paket2 yang lebih mahal lagi (mungkin kalo lo emang ngerasa punya chance utk ke dokter2 tersebut, lebih baik diambil aja add-on nya).

Udah gitu provider insurance di Belanda juga lumayan banyak, jadi pas milih2 ini gue lumayan bingung dan end up nanya ke temen deket doi pake apa, terus gue tiru aja lol.

Tapi, karena belum ngerti apa2, gw sama istri ambil paket yang paling basic aja dan paling murah (walaupun engga murah sebenernya), dan coveragenya yang paling basic aja. Jadi ngga nge-cover dokter gigi, psikiater, fisioterapi, dll.

Buat health insurance, gw sama istri bayar 262 euro/bulan untuk basic health insurance.

Ohya, kami juga punya satu insurance tambahan yang namanya liability insurance, yang tl;dr nya adalah insurance yang akan ngecover lo kalo lo ngelakuin suatu kesalahan yang ngerugiin orang lain. Misal: lo bawa sepeda, terus sepeda lo ngebaretin body mobil orang, nah kan itu salah lo tuh, dan lo harus ngeganti kerugian mobil orang tersebut, itu bisa dicover di liability insurancenya.

Tapi liability insurance ini engga wajib samsek ya guys, tapi temen2 gue semuanya punya, ga gitu mahal pun cuma 6.79 euro/bulan jadi gue ambil aja.

One last thing about dutch insurance yang menurut gue lo perlu tau adalah, jadi kalian tuh gabisa asal gonta ganti paket insurance kapanpun kalian mau (found this the hard way lol), melainkan, kalian cuma bisa ganti paket insurance kalian di akhir dan awal tahun (cuma ada ~3 bulan window gitu).

Jadi saran gue bener2 fikirin kira2 insurance yang kalian butuhin tuh apa aja, misal gigi lo sering sakit atau ga rapih, ya better ambil paket yang ada add-on dentist nya dari awal. Atau kalo lo emang rutin ke psikiater/psikolog, yaudah ambil paket nya dari awal. Karena kalo lo mau ubah paket di tengah2 tahun itu gabisa samsek.

Transportasi

Lanjot, soal transportasi.

Menurut gw transportasi di NL itu one of the best transportation system in the globe. Coveragenya itu kanmaeen lengkap banget. Walaupun emang ada beberapa kasus bis atau keretanya telat 1 atau 2 menit, atau ada beberapa kali juga bis nya ga lewat sesuai jadwal (atau skip 1 jadwal) karena mungkin terlalu sepi penumpangnya, but still menurut gue sistem mereka ini the best banget. As in lo bisa hampir ke semua ujung negara ini only with their public transport.

BUT, of course this comes with a cost lol. Public transport mereka menurut gue pribadi itu mahal banget (terutama yang antar kota-nya). Mungkin gue kasih contoh aja langsung kali ya.

Misal nih bis dari sebuah daerah di Utrecht yang jaraknya 5 KM ke Utrecht Centraal station, itu 3 euro/trip, jadi kalo PP itu 6 euro.

Terus, kalo lo misalnya mau naik kereta dari Utrecht ke Amsterdam centraal, itu 8.8 euro/trip, jadi kalo PP itu 17++ euro.

Terakhir, kalo lo misalnya naik metro dari Amsterdam Centraal ke daerah Amsterdam west, itu 2 euro/trip, jadi kalo PP itu 4 euro.

Bayangin kalo lo dari sebuah daerah di Utrecht, mau ke sebuah daerah di Amsterdam, kurang lebih lo harus spend ~27 euro per orang utk public transportnya. Terus per minggu misal lo 2 kali aja ke Amsterdam, itu udah 50 euro lol mahal bgt. Apalagi kalo bawa sekeluarga kan dikali bbrp orang.

Walaupun, disini sebenernya ada beberapa subscription kayak kalo lo sering ke luar kota naik kereta, lebih baik lo ambil subscription kayak 35 euro / bulan terus lo bisa naik kereta gratis tiap weekend dan public holidays.

Tapi, tetep setelah beberapa bulan disini gue mulai mengerti kenapa orang Belanda seneng banget naik sepeda, at least sampe stasiun, karena emang public transportnya mahal banget lol.

Buat public transport ini, karena gue masih sering explore2 belanda sama istri dan anak, kami spend lumayan banyak buat public transportnya, kami spend 200 euro/bulan untuk dua orang. Dan angka ini bener2 tergantung sama kalian ya, apalagi kalo pake subscription2 dari provider masing2 kota kalian bisa irit2in di bagian ini.

Groceries (daily necessities)

Lanjut lagi, bagian groceries ini jadi salah satu bagian yang paling tricky buat kami budgetin sebelum kami sampe disini, karena emang namanya supermarket ya bermacem2 banget dengan price range yang macem2 pula tiap perusahaan nya.

Ada beberapa supermarket chain yang terkenal di Belanda. Kayak Albert Heijn, Jumbo, Dirk van de broek, ALDI, LIDL, etc.

Range harganya yang paling mahal itu Albert Heijn, tapi emang experience belanja di mereka bagus, barang2nya di packin dengan sangat rapih dan rak2nya pun rapih. Cuma harganya bisa lumayan jauh lebih mahal dibanding chain yg lain.

Buat groceries, kami biasanya pergi ke Jumbo atau ke Dirk van de broek karena ini menurut kami price rangenya paling oke, barang2nya bagus, dan experience belanjanya juga lumayan okelah.

Selain supermarket, satu culture shock yang kami temuin disini yakni di Belanda, agak jarang supermarket yang bener2 serba semua ada gitu macem Hypermarket, Naga, atau Giant di Indonesia.

Jadi mereka ada specialty2 nya, misal kalian butuh barang2 buat bersih2 gitu, barang2 di supermarket chain itu relatif sedikit, atau bahkan di beberapa store ngga ada sama sekali. Jadi kalian harus pergi ke toko khusus utk hal2 ini, biasanya hal2 ini ada di Action, HEMA, atau Kruidvat.

Specialty terakhir (repot ya, hahaha), buat barang2 kayak daging2an gitu, daging ayam, sapi, kambing. Terutama buat yang halal ya, kalian bisa ke slagerij (butchery) buat dapetin barang2 itu dengan kualitas yang lebih oke, relatif lebih murah dibanding di supermarket, dan terutama jauh lebih lengkap sih. Karena emang mereka spesialis utk daging2an gitu. Buat ikan juga ada toko terpisah lagi yang namanya Vishandel, biasanya di pusat kota gitu suka ada vishandel2.

Nah buat groceries ini, kami budgetin sekitar 100 euro/minggu which will add up to 400 euro/bulan. Jujur ini budget dari kami masih suka maju mundur sih. Kadang bisa spend lebih sedikit dari ini kalau lg pengen hemat, kadang juga bisa spend lebih mahal dari ini kalo lagi kepengen hedon dikit2. Saran gue kalo kalian mau cari tau kebutuhan kalian abis berapa, coba buka salah satu webshop dari supermarket chain yang udah gue sebutin diatas (kalo gabisa buka dari indo, coba pake VPN Belanda), terus coba kalian simulasiin aja kalian seakan2 belanja untuk kebutuhan rumah kalian terus liat abisnya berapa tuh buat seminggu (terus dikali 4 deh buat sebulan.

IMO groceries ini bener2 jadi bagian kehidupan yang penting banget sih selama hidup di Belanda. Kenapa? karena jajan2 di restoran atau di toko pinggir jalan gitu MAHAL BANGET. Sama kayak public transportnya yang mahal, jajan pun mahal banget disini.

Maka dari itu, orang2 tuh mungkin 80–90% of the time ya masak dirumah, karena kalo lu pengen jajan diluar terus, gofood2 gitu ya kayak lagi di Indonesia (YaAllah kangen bgt gofood malem2), itu lo bisa spend banyak banget dan end-up sangat boros. Tapi ya good thing nya, gw jadi belajar masak banget sih disini, the power of kepepet!

Oh iya satu hal lagi, di Belanda tuh ada satu supermarket khusus barang2 asia. Jadi kayak tempe, tahu, kecap manis, dan rempah2 Indonesia tuh jarang dijual di supermarket chain di-atas. Biasanya buat barang2 asia ini gue pergi ke Amazing Oriental, tapi barang2nya MAHAL BGT lol karena impor kali ya. Jadi gue cuma ke Oriental kalo bener2 lagi pengen hedon aja dan kangen Indo. Kalo ngga lagi kepengen sih ga akan kesana.

Childcare

Lanjut, buat childcare, disini kondisi gw punya bayi yg < 1 tahun pas gw nulis artikel ini. Jadi kebutuhannya sekarang (yang ngeluarin uang) itu cuma ada Pampers, sama Susu formula. Kalo soal makanan itu udah masuk ke groceries itungannya, jd nothing too special.

However, nanti gue sama istri ada rencana masukkin anak gue ke Daycare, biar dia bisa lebih banyak bersosialisasi sama anak2 seumurannya, dan biar dia lebih cepet bisa belajar bahasa Belanda juga. Karena nanti di sekolah dia bakal pake bahasa Belanda kan, kalo dia ngga ngerti apa2 kasian dianya juga pas udah masuk sekolah nanti.

Buat daycare ini, jujur mahal banget di Belanda, intinya semua yang berhubungan dengan service jasa di Belanda itu mahal banget. Buat daycare, setau gw fee per bulannya itu di sekitar 1000 (lower bound) sampe 1800 euro (upper bound). Mahal kan? lol. Tapi good thing is, negara tau kalo ini mahal banget, jadi mereka ngasih toeslag (financial support) buat ortu, jadi dari uang yang lo bayar ke daycare tsb, nanti ~40–50% (tergantung keadaan keluarga lo) nya bakal dibalikin ke rekening lo tiap bulannya dan ditanggung pajak instead. Kayaknya tujuan dari toeslag ini biar makin banyak orang yang mau kerja juga sih (jadi suami istri kerja 22nya).

Oke lanjut, buat pampers, kami masih mencoba2 sebenernya kira2 pampers apa yang kombinasi antara kenyamanan buat si baby dan buat kantong bapak mamak nya paling cocok. Tapi kurang lebih pengeluaran kami per bulannya ada di 70 euro/bulan buat pampers ini. Contoh barangnya.

Dan buat susu formula, kebetulan anak gw masih lumayan sering minum ASI, jadinya pengeluaran susu formula engga terlalu banyak (alhamdulillah). Tapi akhir2 ini kami mulai transisi dari ASI ke susu formula, dan kurang lebih pengeluarannya ~50–70 euro/bulan. Contoh barangnya.

Jadi buat pengeluaran childcare kami sejauh ini ada di ~130 euro/bulan.

Dan alhamdulillahnya, di Belanda ada yang namanya kinderbijslag (child benefits), yang mana pemerintah itu support semua parent yang punya anak (tergantung keadaannya gmn), tapi setau gw mayoritas parents disini dapet kinderbijslag.

Nah kinderbijslag ini jumlahnya ~100 euro/bulan nya, dan ditransfer ke rekening lo tiap 3 bulan sekali. Jadi tiap 3 bulan sekali lo dapet ~300 euro/bulan buat ngegantiin biaya pampers sama susu tuh.

Jadi kalo diitung2, buat childcare, gue jadi cuma ngeluarin ~30 euro/bulan aja. Murah sih itungannya, apalagi kalau dibandingin sama biaya hidup disini yang mahal sekali hahaha.

Biaya “ngemol”

Terakhir! Biaya “ngemol” kalo kata si Abah pican (podcast favorite w, dengerin disini), biaya hepi2 lah ya, terutama kalian yang punya anak mungkin bakal relate sama gw.

Jadi sebelum masuk ke jumlahnya, gue sangat jetlag bahwa disini biaya yg berhubungan sama jasa (makan di restoran, pijet, rekreasi, hotel, etc) itu mahal sekali. Hipotesis gw adalah ini dilakukan biar semua orang tuh bisa dapet gaji yang adil ya, karena waiter di restoran juga dapet gaji yang sepadan, ga terlalu kecil gitu.

Tapi ini membuat gue lumayan rethink of how me & my family are enjoying the weekends.

Kita coba ambil beberapa sampel beberapa hal yang bisa dilakukan pas weekend dan perlu bayar ya:

  • Makan di restoran

Rata2 sekali makan per-orang di restoran di Belanda itu bisa habis sekitar 15–20 euro/orang. Jadi kalo berdua + baby, bisa habis 40–50 euro sekali makan (menangis dalam kemiskinan, dan rindu gofood + grabfood).

  • Ke playground berbayar (macem kidzoona di Indo)

Anak 3 tahun keatas bayar 16 euro / orang. Ortu 16 euro / orang. Untungnya anak gw masih gratis, jadi bayarnya 32 euro berdua.

  • Kebun binatang (ARTIS Amsterdam)

Anak 2 tahun kebawah gratis. Ortu 17.5 euro / orang. Jadi bayarnya 35 euro berdua.

  • Nintje Museum (museum + playground gitu di Utrecht)

Anak 2 tahun kebawah gratis. Ortu 8 euro / orang. Jadi bayarnya 16 euro berdua.

Nah! karena emang biaya2 ngemol diatas ini lumayan mahal (bayangin aja itu sekali jalan gw abis berapa lol), makanya gw mengamati ada beberapa tren di warga Belanda untuk menikmati weekend.

Orang sini tuh seneng banget menghabiskan waktu weekend (atau hari libur mereka lainnya) ke taman yang ada di sekitar rumah mereka, atau kalau utk orang tua, ke playground2 gratis yang ada di sekitar taman2 itu juga.

Nah, awalnya ini agak aneh buat gw, karena ya kan buat kita orang Indonesia normalnya menikmati weekend tuh kebanyakan ke Mall, atau seengganya ke restoran lah makan2 gitu. Cuma disini tuh hampir engga ada mall (lol). Jadi konsep mall tuh engga gitu laku kayaknya di Belanda ini, tp lumayan banyak kalau restoran2 gitu di streetwalk2.

Tapi, setelah tinggal disini bbrp bulan, gw berusaha utk menikmati weekend2 gw dan keluarga di taman sekitar rumah gw juga, coba2 explore daerah di sekitar rumah gw (jarak 5–10 menit dr rumah gw aja ada 3 taman besar, playgroundnya ada 5++). Jadi kami coba mix n match kebiasaan ini dengan sambil “ngemall” juga sedikit2 biar ngga sedih2 amat hahaha.

Nah buat “ngemall” ini, jujur budget yang paling fluktuatif sih, karena ya tergantung mood kami juga lagi pengen kemana. Terutama pas masih winter kemarin, banyak tempat yang tutup juga jadi ngga bisa sering2 keluar kayak ke zoo atau ke kolam renang gitu.

Buat kami, kami budgetin 200–250 euro / bulan untuk biaya “ngemall” ini, walaupun ya balik lagi ini fluktuatif. Jadi ada bulan2 yang pengeluarannya lebih kecil dari ini, dan ada juga yang lebih banyak dari ini

Kesimpulan

Oke, sampe juga kita di bagian terakhir. Jadi gw si berharap poin2 yang udah gw taro diatas, bisa meng-cover use-cases2 yang lumayan common di kehidupan kalian yang mungkin sedang mau migrate ke Belanda nanti, punya mimpi pindah ke Belanda, atau bahkan lagi tinggal di Belanda sekarang.

Kalau ditotal2, pengeluaran wajib gue per-bulannya itu mencakup:

  • Rent: 1.850 euro
  • Listrik: 82 euro
  • Heating: 196 euro
  • Air: 24 euro
  • Internet mobile: 55 euro
  • Internet rumah: 39 euro
  • Insurance: 262 euro
  • Liability Insurance: 6.9 euro
  • Public transport: 200 euro
  • Groceries: 400 euro
  • Childcare: 30 euro
  • Biaya “ngemall”: 200 euro

Total2 gw mengeluarkan kurang lebih 3.344 euro / bulan untuk komposisi keluarga 2 orang dewasa dan 1 bayi.

Mahal ya? hahaha jujur menurut gue pribadi, they put label on the Netherlands as one of the most expensive country in the whole world for a reason sih. Edan bener2 banyak komponen2 wajib di pengeluaran warga Belanda yang memang mahal sekali. Cuma gue memang merasakan bahwa di Belanda ini kualitas hidup tinggi sekali, kayak barang2 tuh bersih2, jalanan rapih, public transport lengkap banget. Cuma ya seperti yang sering dibilang, ada harga ada barang. Lol.

Oke, sekian tulisan gw kali ini. Gue lumayan terinspirasi pas liat tweet ini dari akun IndonesianWorkingAbroad, karena banyak orang yang mikir kalo kerja di luar negeri tuh pasti enak, bisa jalan2 terus, segala macemnya rapih, dll. TAPI, orang lumayan sering miss di-hal2 kecil kayak cost of living, dll.

Jadi pesan gue ke kalian yang baca: kalau kalian emang mau coba kerja di negeri orang. Coba pelajari betul2 itu hal2 macem cost of living, terus toleransi warga negaranya terhadap expat, apa masalah di negara tsb.

Karena gw percaya there’s no such thing as a perfect place/country to live in sih. Coba sesuaiin aja ke goal kalian apa, yang mau kalian cari tuh apa dari hidup di negara orang lain. Karena bisa aja utk goal yang kalian cari, Indonesia might be the best place for you. Tapi tidak untuk orang lain. Ya kurang lebih begitu deh.

Ohya, gue pernah beberapa kali sharing juga tentang cara cari kerja di luar negeri, dan kehidupan di NL itu kayak gimana di instagram gw, dan lumayan sering juga sharing2 di twitter. So hit met up there.

Kalau kalian ada pertanyaan2 tentang tulisan gue diatas, feel free buat tanya2 di artikel ini yah. Nanti sebisa mungkin gw jawab. Kasih tau juga kalo ada subject2 lain soal kerja dan hidup di Belanda yang pengen kalian tau lebih jauh, siapa tau kalo lagi ada waktu luang (dan mood yang baik) gue tulis artikel yang lain lagi hahaha.

Terima kasih sudah mau membaca sampai habis. Sehat selalu, dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. Doei!

--

--

Angga Dwi Arifandi

A passionate Software Engineer who's curious about everything.