Mungkin semua sudah paham tentang scrum, mungkin juga sudah menggunakan, metode kerja yang lazim digunakan oleh perusahaan teknologi. Tapi bagi kami, yang notabene design studio masih awam tentang scrum. Kami berencana menggunakannya dalam project management.

Agar lebih paham, kami mengundang Mas Ibnu Fajar Riyadi untuk memberi pelatihan tentang Scrum and Agile Methodology. Beliau kini CPO di Qatros, sebuah start up baru dari Yogyakarta. Kami dilatih dengan permainan sederhana yang menggambarkan cara kerja scrum. Kemaren baru saja heboh peristiwa KKN di desa Penari, oleh Mas Ibnu kami ditugaskan membangun desa Penari dengan lego. …

Affandi, Pablo Picasso, Van Gogh, Jean-Michel Basquiat. Nama-nama familiar di kuping, terkenal karena lukisannya. Sebenarnya masih banyak lagi, tapi hanya beberapa yang lekat di kepala. Karena karyanya! Begitu dashyat begitu dia. Seolah karyanya bisa bercerita siapa pembuatnya. Melukis? Seniman?

Ada hasrat yang kadang muncul untuk melukis, menggambar, corat coret. Mau disebut lukisan terlalu sederhana, menggambar tapi bentuknya tak karuan. Corat-coret kok ada bentuk yang serupa. Apapun namanya, menggambar selalu mengasyikkan.

Mencari bentuk. Awalnya tentu meniru, sebelumnya harus mengenal yang ditiru. Satu-satu ditilik sejarahnya, dicari ceritanya. Bagaimana Basquiat kecil hidup, peristiwa apa yang terjadi, bagaimana dia melukis, dan apa yang…

https://unsplash.com/photos/aJTiW00qqtI

Beberapa waktu lalu, akun Instagram Omicreativora mendapat pesan pribadi, “Mas, bagaimana cara membuat portfolio yang bagus?”

Senjata Rahasia Desainer

Desainer.

Semua orang bisa menjadi desainer. Benar, siapa saja. Tak harus menempuh pendidikan khusus, sertifikat keahlian, atau kartu keanggotaan (untuk saat ini). Asalkan menguasai software olah grafis, bisa menjadi desainer. Sah-sah saja. Belajar menguasai software dari internet, berkarya, tak ada beda outputnya dengan jebolan sekolahan.

Lantas bagaimana cara kerja desainer? Desain itu ilmu yang bisa dipelajari atau anugrah Tuhan? Lebih dalam lagi, apa tugas desainer sebenarnya?

Menjadi desainer sangat mudah meski bukan perkara sepele. Mudah karena bisa dipelajari, apalagi ilmu yang terlihat mata. Perkara penting karena jika dilakukan dengan tepat, hasilnya sangat signifikan dan terukur. Sebagai salah satu kendaraan bisnis…

Sebagai desainer UI-UX, ada banyak pertanyaan yang belum bisa saya jawab sampai saat ini.

Bagaimana membuat desain aplikasi yang bagus?

Itu salah satu yang belum bisa saya jawab.

Bagus tidaknya desain sangat beragam parameternya, ada usability testing tentunya, namun itu belum mampu mengukur bagus-tidaknya desain. Ada parameter lain selain berfungsi dengan baik, seperti visual yang cantik, penggunaan yang lebih praktis. Selera, tingkat pendidikan, pendapatan, gaya hidup pengguna yang dirangkum dalam persona, merupakan hal yang sangat mempengaruhinya. Tak mungkin bisa menyenangkan semuanya, bagimu bagus belum tentu bagus untuk pengguna lainnya. Tapi paling tidak ada beberapa level desain aplikasi.

https://unsplash.com/@j?photo=ucYWe5mzTMU

Anda pernah menulisnya?

Saya pernah. :)

Surat ini saya tulis akhir tahun 2013, sewaktu saya kuliah di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Sebagai materi tugas kuliah, lupa mata kuliah apa, yang jelas dosennya bapak Sumbo Tinarbuko. Saya masih ingat, mengumpulkan tugas dengan amplop bergambarkan hati di tengahnya. Tugasnya menulis peran dan pentingnya Desain Komunikasi Visual dalam kehidupan manusia. Entah mengapa, saya justru menulis surat cinta. Keluar begitu saja, mengalir apa adanya. Melankolis? mungkin. Sok romantis? Bisa jadi.

Saya menulis surat cinta untuk anak saya. Lebih tepatnya untuk calon anak saya di masa depan kelak. Saya masih single tentunya, meski pada saat…

Bekerja di Go-jek. Mungkin merupakan impian bagi sebagian orang di Indonesia, khususnya programer ataupun desainer. Produknya merajai pasar, menjadi salah satu must have app bagi penduduk indonesia. Sebuah unicorn startup dengan kucuran dana yang melimpah dari investor, uang tentu bukan masalah. Start up yang sedang di atas, menjadi sorotan publik. Menjadi Big Four start up di Indonesia. Orang yang bekerja di dalamnya tentu memperoleh perhatian masyarakat. Lantas, kenapa saya meninggalkan GO-JEK?

Mengapa memilih tidak lagi menjadi designer untuk unicorn start up?

Sebelumnya saya akan sedikit bercerita tentang UX Design, divisi saya bekerja. Bagaimana cara dan proses kerjanya dan apa…

Photo: Ibnu Mas’ud (Sebo Studio)

Kemaren, Jum’at malam 4 Maret 2016 menjadi salah satu hari istimewa. Bukan perayaan atau apa, tapi karena sebuah pertemuan. Bertemu teman, sama-sama pas di perantauan, Jakarta. Janjian untuk kumpul, dengan kopi untuk teman obrolan. Widnyana, pemuda Bali eks teman sekantor yang kebetulan sedang tugas kantor di Jakarta datang dengan membawa teman ternyata, Leonardo Situmorang namanya.

Mereka berdua programer, sama-sama backend developer. Mengobrol panjang lebar, sesoal karir, teknologi sampai kehidupan. Keduanya ahli di bidangnya, kadang terselip istilah IT yang membuat kepala sedikit muter.

Entah mengapa selalu menyenangkan ngobrol dengan teman yang berbeda bidang, Memperluas cara pandang. …

Who’s the King? Content is the King.
Raja sesungguhnya dari segala media, apapun itu. Tanpa meremehkan wujud atau rupa, konten merupakan value sesungguhnya dari media. Kulit yang bagus akan sia-sia jika membungkus isi yang buruk, isi yang istimewa jika dibungkus tak berestetika jadi percuma. Yang paling bagus, konten yang penuh arti dipadu penyajian yang mumpuni.

Konten yang bernutrisi membuat penikmatnya makin berisi. Seperti jejaring nutrisi, keduanya; pembuat konten dan penikmat konten, saling bertukar manfaat dari interaksi. Tentu dengan sudut pandang yang tidak sama. Penikmat betah berlama-lama, mengambil manfaat yang diberikan penyaji. Memilah sari dari sajian yang dihidangkan, mencerna konten menerima…

Beberapa bulan ini saya rajin melihat kanal Youtube dari Endank Soekamti, band poppunk dari Yogyakarta. Terus terang saya bukan penggemar fanatik, cuma tahu beberapa lagunya. Terutama lagu-lagu album lamanya, “Bau Mulut” dkk. Entah mengapa jadi mengikuti, padahal tidak terlalu menggemari bandnya. Oh! Saya terbawa ceritanya!

Awalnya ngintip #Soekamti7thAlbum, video seri proses penciptaan album Endank Soekamti di sebuah pulau di Lombok. Seru, diceritakan keseharian prosesnya. Mulai mencari lirik, games, baca komentar, serta masak bareng Dek ChaCha. Saya selaku penonton seakan ikut terlibat prosesnya, padahal siapa saya. Fans karbitan.

Selanjutnya #DOES, Diary Of Erix Soekamti, sampai tulisan ini dibuat sudah sampai…

Anggit Yuniar Pradito

Designing User Happiness in Omnicreativora Studio | Adding Value with Different Way | omnicreativora.com | https://dribbble.com/anggityuniar @anggityuniar

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store