Misterius “Planet Sembilan” yang mungkin menyebabkan seluruh sistem surya kita bergetar

Para astronom tidak dapat melihat “Planet Sembilan.” Tapi itu membuat kehadirannya dikenal.

Objek hipotetis besar, yang seharusnya tenun di tepi tata surya kita, telah dipanggil untuk menjelaskan pengelompokan aneh benda di sabuk Kuiper dan cara yang tidak biasa mereka mengorbit Matahari

Sekarang Planet Sembilan prediktor Konstantin Batygin dan Mike Brown dari Caltech, bersama dengan mahasiswa pascasarjana Elizabeth Bailey, menawarkan bukti lain keberadaan lingkup sulit dipahami ini: Ia menambahkan “goyangan” ke sistem surya, mereka mengatakan, memiringkannya dalam kaitannya dengan matahari .

“Karena Planet Sembilan begitu besar dan memiliki orbit miring dibandingkan dengan planet lain, sistem tata surya tidak memiliki pilihan selain untuk perlahan-lahan memutar keluar dari keselarasan,” kata penulis utama Bailey dalam sebuah pernyataan.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, sebuah peringatan tentang Planet Sembilan: Ini murni teoritis pada saat ini. Batygin dan Brown memprediksi keberadaannya berdasarkan gangguan yang tidak biasa dari tata surya yang tidak dinyatakan dengan mudah dijelaskan. (Ini adalah ilmuwan teknik yang sama digunakan untuk menemukan Neptunus.) Tetapi sejarah astronomi penuh dengan spekulasi yang tidak pernah menanggung keluar: Orang yang sama yang benar memprediksi keberadaan Neptunus juga percaya bahwa sebuah planet yang disebutnya Vulcan bertanggung jawab untuk goyangan yang Merkurius. Bahwa “penemuan” menyebabkan dunia astronomi untuk limbah tahun mencari sesuatu yang tidak ada (goyangan Merkurius akhirnya dijelaskan oleh teori relativitas umum).

Namun bukti yang ditawarkan oleh Batygin dan Brown adalah menarik. Ketika pasangan mengumumkan temuan mereka pada bulan Januari, ilmuwan planet Alessandro Morbidelli dari Côte d’Azur Observatory di Nice, Prancis, mengatakan kepada The Washington Post: “Saya tidak melihat penjelasan alternatif dengan yang ditawarkan oleh Batygin dan Brown.”

“Kita akan menemukan satu hari,” tambahnya. “Pertanyaannya adalah kapan.”

Penelitian baru yang dipimpin oleh Bailey didasarkan pada pengamatan bahwa Matahari berputar pada sumbu yang berbeda dari orbit planet-planet. Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus semua bergerak mengelilingi matahari dalam, bidang datar bersama — seolah-olah planet yang skaters di arena yang sama. Tapi pesawat yang dimiringkan pada sudut enam derajat terhadap matahari (yang, dari sudut pandang kami, membuatnya tampak seperti matahari miring).

tilt ini tidak cocok dengan bagaimana para astronom mengatakan sistem surya terbentuk: 4,6 miliar tahun yang lalu, gravitasi mulai menarik bersama yang luas, awan yang tersebar dari gas dan debu, menyebabkan ia berputar ke disk. Pusat lingkaran runtuh ke dalam air panas, bola padat gas — matahari — dan sisanya akumulasi menjadi planet. Karena matahari datang dari disk yang sama dengan segala sesuatu yang lain, itu harus berputar pada bidang yang sama. Tapi itu tidak.

“Ini seperti misteri yang mengakar dan begitu sulit untuk menjelaskan bahwa orang-orang hanya tidak berbicara tentang hal itu,” kata Brown.

Masukkan Planet Sembilan. Berdasarkan Batygin dan perhitungan sebelumnya Brown, planet hipotesis beratnya lima sampai 10 kali sebanyak Bumi dan, rata-rata, 20 kali lebih jauh dari matahari dibandingkan Neptunus. Dibutuhkan Planet Sembilan 10.000 hingga 20.000 tahun untuk mengorbit matahari.

Planet Sembilan juga mengorbit pada sudut lebih dramatis dari sisa planet-planet: sekitar 30 derajat. fakta bahwa, dikombinasikan dengan lokasi yang jauh dan ukurannya besar, bisa berarti bahwa momentum sudutnya menempatkan sisa tata surya off-keteraturan.

“Ini argumen yang pada dasarnya adalah seperti jungkat-jungkit asimetris atau dolly,” kata Batygin Astronomi Magazine. “Planet Sembilan memiliki orbit yang sangat panjang, sehingga dapat menegaskan sedikit torsi pada planet-planet dalam tanpa harus berlaku begitu banyak kekuatan. Planet Sembilan memiliki sebanyak momentum sudut sebagai seluruh tata surya gabungan, karena orbitnya begitu besar. “

Selama beberapa miliar tahun, yang bisa cukup untuk menjelaskan enam derajat tilt sekarang kita lihat.

Studi ini dipublikasikan di database riset online arXiv, dan akan diterbitkan dalam Astrophysical Journal tahun ini. Para ilmuwan juga mempresentasikan temuan mereka di Divisi American Astronomical Society of pertemuan tahunan Planetary Sciences di Pasadena, California., Minggu ini.

Menurut Batygin, penelitian adalah “konsistensi cek” untuk teori mereka tentang Planet Sembilan. Ini memberikan bukti lain untuk keberadaan planet ini, tapi itu tidak mengubah pemahaman kita tentang hal itu atau membuatnya lebih mudah untuk menemukan. Dia, Bailey dan Brown juga tidak tahu mengapa orbit planet akan begitu off-keteraturan di tempat pertama — mungkin itu mengetuk miring oleh Jupiter, atau dipengaruhi oleh tarikan gravitasi dari bintang lain.

Kebanyakan dari semua, mereka perlu menemukan hal darn. Para ilmuwan memiliki rasa jalur orbitnya, tapi jalan yang ribuan tahun yang panjang. Bahkan dengan beberapa teleskop paling kuat menjelajahi langit, itu bisa menjadi sangat lama menunggu.

‘Planet Nine’ Tidak bisa Sembunyikan Banyak Lagi, Ilmuwan Katakanlah

hari planet Sembilan untuk mengintai tak terlihat di kedalaman gelap dari luar tata surya dapat dihitung.

Planet raksasa hipotetis, yang diperkirakan sekitar 10 kali lebih besar dari Bumi, akan ditemukan dalam 16 bulan atau lebih, astronom Mike Brown diprediksi.

“Saya cukup yakin, saya pikir, bahwa pada akhir musim dingin berikutnya — tidak musim dingin ini, musim dingin mendatang — Saya berpikir bahwa akan ada cukup banyak orang mencari itu yang … seseorang benar-benar akan melacak bawah ini,” kata Brown selama konferensi pers Rabu (19 Oktober) pada pertemuan bersama dari American Astronomical Society Divisi Planetary Sciences (DPS) dan Eropa Planetary Science Congress (EPSC) di Pasadena, California. Brown mengatakan bahwa delapan sampai 10 kelompok sedang mencari planet.

Pada “berikutnya ini [DPS-EPSC pertemuan], kita akan berbicara tentang menemukan Planet Sembilan bukan hanya mencari untuk itu,” tambah Brown, yang didasarkan pada California Institute of Technology (Caltech) di Pasadena.

Itu akan menjadi jalur yang cukup cepat dari planet hipotetis untuk dunia dikonfirmasi. Keberadaan Planet Sembilan serius diusulkan untuk pertama kalinya hanya di 2014, oleh para astronom Scott Sheppard dan Chadwick Trujillo, dari Carnegie Institution for Science di Washington, DC, dan Gemini Observatory di Hawaii, masing-masing.

Sheppard dan Trujillo mencatat bahwa planet kerdil Sedna, objek baru ditemukan 2.012 VP113 dan beberapa badan lainnya jauh melampaui Pluto memiliki karakteristik orbital yang aneh tertentu, suatu kebetulan bahwa akan masuk akal jika jalur mereka melalui ruang telah dibentuk oleh tak terlihat, raksasa “perturber” di wilayah tersebut.

Para peneliti menyarankan bahwa planet diduga ini mungkin dua sampai 15 kali lebih besar dari Bumi dan terletak ratusan unit astronomi (AU) dari matahari. (Satu AU adalah jarak bumi-matahari, sekitar 93 juta mil, atau 150 juta kilometer.)

Penafsiran ini didukung pada bulan Januari tahun ini oleh Brown dan rekan Caltech astronom Konstantin Batygin, yang menemukan bukti pengaruh suatu perturber dalam orbit beberapa obyek yang jauh tambahan. Ini “Planet Sembilan,” sebagai Batygin dan Brown dijuluki dunia diduga, kemungkinan mengandung sekitar 10 massa Bumi dan orbit pada jalur yang sangat elips yang aphelion (terjauh jarak dari matahari) adalah sekitar 1.000 AU, kata para peneliti. (Untuk perspektif, Pluto mendapat hanya 49,3 AU dari matahari di aphelion.)

Bukti keberadaan Planet Nine terus tumbuh selama sembilan bulan terakhir, karena beberapa tim penelitian yang berbeda telah menetapkan bahwa orbit, obyek yang jauh lainnya kecil tampaknya telah diukir juga.

Satu tim yang dipimpin oleh Renu Malhotra dari University of Arizona, membahas empat objek seperti pada pertemuan DPS / EPSC Rabu. Dan tim Brown, dipimpin oleh Elizabeth Bailey dari Caltech, mengumumkan pada pertemuan Selasa (18 Oktober) bahwa Planet Sembilan tampaknya telah miring orbit delapan “resmi” planet dengan 6 derajat relatif terhadap matahari.

Yang sedang berlangsung penelitian Planet Nine juga termasuk upaya untuk dijabarkan di mana dunia mungkin di langit hari ini. Ini adalah bagian penting dari upaya penemuan, karena pencarian buta untuk objek begitu jauh, dan dengan orbit yang sangat besar dan elips, memiliki sedikit kesempatan untuk sukses dalam waktu dekat, Brown mengatakan. [Bukti tunggangan untuk Keberadaan ‘Planet Nine’ (Video)]

Kemungkinan bahwa Planet Sembilan saat ini di atau dekat aphelion, terletak mungkin 1.000 AU dari matahari, di sepetak langit berukuran sekitar 400 derajat persegi, kata Brown. (Sebagai perbandingan, bulan purnama dilihat dari bumi mencakup sekitar 0,5 derajat dari langit.)

Para astronom mengatakan Planet Sembilan mungkin empat kali lebih lebar dari Bumi, dan objek seperti itu akan mudah terlihat dengan peralatan profesional kelas jika itu relatif dekat dengan Bumi, Brown menjelaskan. Selain itu, planet-planet di orbit yang sangat elips menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dekat aphelion, karena mereka sedang bepergian paling lambat pada bagian ini dari jalan mereka, katanya.

Sebuah benda empat kali lebih besar dari Bumi yang terletak di 1.000 AU akan memiliki magnitudo sekitar 25 pada skala kecerahan astronom, Brown menambahkan.

“Ini adalah baik dalam jangkauan teleskop raksasa,” katanya. “The teleskop Subaru, saya pikir, di Mauna Kea, [di Hawaii] — teleskop nasional Jepang — adalah alat utama untuk melakukan pencarian Tapi ada banyak orang lain yang memiliki ide-ide cerdas tentang bagaimana untuk menemukannya, juga. , yang mencoba dengan teleskop mereka sendiri. “

Jadi mana penelitian tim akhirnya akan menemukan Planet Nine? Brown mengatakan ia tidak yakin, dan ia menekankan bahwa mendapatkan kredit untuk penemuan bersejarah harus menjadi perhatian sekunder untuk para astronom.

“Ada banyak orang yang mencari, dan kami mencoba sekeras yang kami bisa untuk memberitahu orang-orang di mana mencarinya,” katanya. “Kami ingin ditemukan.”

PT Solid Gold Berjangka