4 Universitas Dekat Dengan Apartemen Uttara

Setiap tahunnya kota Yogyakarta selalu kedatangan mahasiswa baru yang ingin menempuh pendidikan di berbagai Universitas di Yogyakarta. Di kota yang selalu menjadi tujuan calon mahasiswa ini memiliki 136 unit perguruan tinggi denga beberapa kategori seperti akademik, politeknik, sekolah tinggi, institut serta unversitas. Jumlah perguruan tinggi dirasa berbanding lurus dengan kuota yang disediakan masing-masing perguruan tinggi.

Melihat dari serangkain data yang dibuat oleh DIKTi, jumlah mahasiswa dari yang ditunjukkan dalam berbentuk data begitu banyak. Dimulai dari jenjang pendidikan D1 yang berjumlah 560 mahasiswa, D3 37.239 mahasiswa, D4 3.991 kemudian S1 226.931 mahaiswa, lalu S2 21.448 dan S3 3.902. Hal itu belum termasuk jenjang yang nonformal. Tentu hal itu terus bertambah setiap tahunnya. Mengingat Yogyakarta memiliki Universitas terbaik di Indonesia.

Mahasiswa yang merantau ke Yogyakarta tentu berasal dari beberapa kalangan. Mahasiswa mungkin cenderung mencari hunian seperti tempat kos, asrama atau kontrakan yang dirasa lebih murah. Selain itu tentu mereka mencari hunian yang dekat dengan kampus. Namun bagi beberapa mahasiswa dengan kantong tebal, pasti menginginkan tinggal di hunian yang nyaman. Kenyamanan bagi mereka mungkin harus dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, terlebih lagi mereka berasal dari luar kota. Aktifitas kampus yang begitu padat, membuat mahasiswa ingin memperoleh kenyamanan selepas sampai di hunian.

Tinggal di apartemen mungkin bisa menjadi solusi bagi mahasiswa. Fani Suwito Direktur Utama PT Artha Jaya Sukses menuturkan bahwa pasar apartemen mahasiswa di Yogyakarta sangatlah luas. Gaya hidup modern mahasiswa pada jaman ini biasanya hanya bisa dipenuhi oleh rumah kos eksklusif. Menurut Fani, mahasiswa yang tinggal di kos-kosan eksklusif menampakkan bahwa mahasiswa Jogja menginginkan hidup praktis, modern, simpel seperti tidak ingin memudingkan urusan cuci, setrika, bayar listrik dan lain-lain. Hal-hal seperti itu bisa ditemukan di apartemen.

Permintaan untuk hidup lebih praktis ini lah yang menjadi alasan PT. Bukit Alam Permata mendirikan Uttara The Icon sebagai apartemen termewah di Yogyakarta. Apartemen ini berdiri di jalan Kaliurang 72 Sleman. Tentu letaknya yang strategis ini memudahkan mahasiswa untuk pergi kemana-mana. Uttara The Icon juga dekat beberapa Universitas. Ada 4 Universitas yang dekat dengan Uttara The Icon. Salah satu Universitas di Indonesia yaitu Universitas Gajah Mada hanya berjarak 500 meter dari apartemen. Hal ini tentu memudahkan mahasiswa yang menyewa di apartemen berangkat setiap pagi tanpa takut terlambat atau terkena macet. Universitas lain yang dekat dengan Uttara The Icon yaitu Universitas Islam Yogyakarta (UII) yang berada di jalan Kaliurang KM 14.4. Hanya 7 menit untuk mencapai UII dari apartemen. Selain itu ada Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta yang juga ditempuh cukup 7 menit dari Yogyakarta. Ada pula Sekolah Tinggi Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan di Jalan Seturan Raya yang bisa diakses selama 7 menit dari apartemen.

Uttara The Icon menunjukkan bahwa apartemen ini merupakan apartemen yang bisa dihuni oleh siapa saja termasuk mahasiswa. Kehidupan mahasiswa perantauan pun pada masa kini sudah mulai bergeser. Mungkin dulu mahasiswa identik dengan kaum berkantok cekak, namun kini mahasiswa dipastikan berasal dari keluarga yang berada. Hal itu dibuktikan dengan mahalnya biaya kuliah saat ini. Hal inilah yang dianggap pengembang untuk menyediakan tempat tinggal yang mewah dalam bentuk apartemen.

Uttara The Icon sendiri menyediakan fasilitas yang akan membuat mahasiswa betah tinggal di Yogyakarta meskipun memiliki waktu sibuk selama di kampus. Ada tipe unit yang bisa dipilih yaitu tipe A 2 bedroom dengan luas 69.41 m2, tipe B 2 bedroom dengan luas 84.34 m2, tipe C dengan 1 bedroom yang luasnya 35.09 m2, tipe D dengan 32.56 dan tipe E dengan luas 36.57 m2.

Uttara The Icon tidak hanya dekat dengan beberapa kampus, tapi juga memiliki fasilitas yang menunjang bagi mahasiswa. Pentingnya memiliki hunian yang sesuai kebutuhan mahasiswa perantauan karena akan membantu mahasiswa mengikuti pembelajaran sehari-hari. Uttara The Icon mendukung mahasiswa dalam kegiatan belajar karena memiliki kamar yang eksklusif dengan pemandang kota serta pegunungan.