Sebuah Soal Cerita


“Mulai sekarang kita temenan aja ya, aku pengen sendiri, deket gak harus jadi pacar kan, kita bisa temenan tapi tetep deket kok”

Itu adalah kata-kata paling bullshit yang pernah Saras dengar dari mulut Ario — seorang pria yang telah menjadi kekasihnya dalam 2 tahun terakhir ini.

Menjalani hubungan jarak jauh antar kota antar provinsi memang tidak mudah. Terlebih lagi, Saras kini sudah lulus kuliah dan bekerja di salah satu Bank milik pemerintah privinsi tempatnya berkuliah dulu. Sedangkan Ario berstatus sebagai mahasiswa semester “belasan” di salah satu institut kesenian. Usia Saras memang lebih tua dari Ario karna Saras adalah kakak kelasnya jaman SMP dulu.

Saras tidak habis pikir apa yang dikatakan Ario itu adalah sebuah pernyataan yang membuat hubungan mereka berakhir. Apalagi Ario mengahiri hubungan mereka hanya lewat percakapan line. Saras makin tidak habis pikir jika hubungannya telah berakhir karena menurutnya selama ini hubungan mereka baik-baik saja. Tak pernah ada pertengkaran yang berarti di antara mereka. Hanya akhir-akhir ini sikap Ario kepadanya begitu cuek dan dingin.

Jarak yang membentang antar provinsi memang membuat mereka sulit untuk bertemu. Ario sebenarnya bisa saja mengunjungi Saras setiap hari karena dia tidak memiliki kesibukan. Tapi itu tak di lakukannya. Dia memilih untuk tinggal di kotanya. Lalu apa kesibukan Ario? Bahkan skripsinya pun masih macet pada bab diskusi hasil karena dia berbeda pendapat dengan dosen pembimbingnya. Sedangkan Saras juga sibuk harus memenuhi target dari bank tempatnya bekeja. Mencari nasabah dengan target tabungan mencapai 2 Milyar per bulan memang tidak mudah.

Harusnya Ario bersyukur mendapat kekasih seperti Saras. Saras adalah anak dengan prestasi akademis yang baik, salah satu penerima beasiswa bergengsi di kampusnya. Terlebih lagi Saras adalah cewek yang sangat sederhana, tidak neko-neko kalau kata orang jawa, perilakunya santun, seorang pemeluk agama yang taat, dia sangat menghormati dan menyayangi orang tuanya, keluarganya.


Pertanyaan:

  1. Jika jarak kota tempat tinggal mereka 120km, angin bertiup ke arah utara dengan kecelatan 18knot, dan ada 3 Alfamart yang harus di lewati jika mereka ingin bertemu di titik tengah. Maka pada usia berapakah Ario pertama kali mimpi basah?

a. 16 tahun 3 bulan.

b. 12 tahun 7 bulan.

c. Bodo amat