Menjalankan R dengan google data colabs

Aribowo Abdurrahman
2 min readOct 30, 2021

--

Perkenalkan saya Aribowo Abdurrahman. Profesi saya adalah Psikolog yang saat ini sedang menekuni R dan python. saya saat ini sedang sangat antusias untuk dapat mengembangkan diri dalam bidang analisa data yang tentu saja berkaitan dengan latar belakang pendidikan saya sebagai Sarjana Psikologi lulusan dari Universitas Indonesia, tahun 1998.

Saat memulai menekuni bidang data science ini, masalah keterbatasan penyimpanan di hard disk tentu menjadi permasalahan tersendiri. Tidak hanya itu saja, untuk instalasi R dan python yang merupakan bahasa pemrograman terkait dengan data science ini membutuhkan kapasitas yang cukup besar.

Sampai suatu hari saya mendapatkan berita bahagia. Hal ini ketika saya berkenalan dengan google colab. Seiring dengan rezeki saya mendapatkan akun khusus dari ILUNI (Ikatan Alumni Universitas Indonesia), yaitu akun google berakhiran alumni.ui.ac.id. Tidak saja mendapatkan kapasitas yang sangat besar, namun .ac.id mendapatkan tempat tersendiri dalam dunia internet yang menggambarkan sosok pemilik akun yang dekat dengan dunia pendidikan.

Awalnya saya menggunakan google colab untuk menggunakan bahasa python. Namun bagaimana bila ingin menggunakan R dalam google colab. Ternyata cara yang sangat mudah menggunakan R dalam google colab adalah sebagai berikut.

sebagaimana dikutip dari laman https://exsight.id/run-r-di-google-colab-ikuti-langkah-mudah-berikut/ . Untuk menjalankan bahasa R di Google Colab, buka notebook baru dengan menambahkan parameter languange pada link atau melalui link berikut https://colab.research.google.com/#create=true&language=r

Setelah mengakses link tersebut, notebook baru akan terbuka dengan judul Untitled.ipynb. rubah judul tersebut sesuai dengan aplikasi yang akan dibuat.

Langkah berikut adalah mengecek pada bagian runtime. Cara untuk mengetahui apakah yang berjalan adalah R adalah dengan mengeceknya, mengklik menu Runtime.

Untuk memastikan R berjalan maka ketik R.Version

Begitu mudah dan menyenangkan tentunya dapat menjalankan R dalam google colab. keuntungannya adalah tidak perlu mengkhawatirkan lagi kemampuan atau kapasitas hardisk dan tentunya dapat dibuka dimana saja karena data disimpan dalam cloud google (google drive).

Nantikan tulisan-tulisan saya. Insya Allah terkait dengan proyek-proyek dalam Bahasa R dan python bidang data science.

--

--