HTML&CSS, PHP, JavaScript, Xamarin

Gambar cari di Stocksnap.io

Bukan bermaksud sembrono memberi judul, namun ada kisah menarik di setiap sesi pembelajarannya.

  • HTML&CSS

Awal belajar Coding dengan tampilan yang tidak hanya hitam putih “Horayy!!”. Kebiasaan masa muda muncul dengan “Menganggap Remeh” segala hal baru karena hal serupa dulunya “Mampu”. Remeh yang menjadikan diri remah, TENTU!. Sombong di awal membuat mengulang mata kuliah serupa hingga dua tahun :(. Banyak kisah banyak intropeksi diri, hingga saat ini masih menggolongkan diri menjadi pemula yang bodoh.

  • PHP

Ah… kembali ke tampilan hitam putih dan parahnya malah jatuh cinta pada Command Line Interface! Tentu bahasa yang digunakan untuk membangun dan mengeksekusi logika dari sisi server. Berawal dari Native yang hingga sekarang belum paham sepenuhnya. Termasuk di antara banyak orang yang ingin mencari kemudahan dengan memahami CodeIgniter. Hingga terkontaminasi oleh Heru Hang Tryputra untuk loncat menggunakan Laravel. Tentu di dalam lautan ini masih banyak hal baru, semoga masih diberi waktu berenang dan belajar di dalamnya.

*Laravel sangat mempengaruhi jatuh cinta saya pada Command Line Interface

  • JavaScript

Whoopsi!!! hal yang tak pernah dimengerti dan akhirnya diselami hingga lupa bernafas. AngularJS & Ionic dua penggoda yang menjadikan JavaScript hal yang seksi *Seketika Bodoh PHP*. “Masa Depan adalah Milik Anda” melihat percepatan pengembang membuat compiler untuk bahasa ini. Server Side(NodeJS), Client Side(AngularJS), Mobile App(Ionic), Database(PouchDB), Secure(JWT) dan entah apalagi kedepannya. Satu yang membuat goyah adalah saya belum bisa menjadi pengembangnya. Masih gembira menggunakan modul milik orang lain tanpa terpikir menciptanya.

  • Xamarin

Efek Coding dan permen Tamarin. Mungkin bisa :/ tapi sama sekali tidak. Nafsu menjadi pelampiasan alasan. Ingin banyak hal dengan sekali kerja, Contohnya Ionic dan kinerjanya di iOS atau Android. Ketika mendapat tantangan lain, sebut saja “Wearable Device”. Ionic bisa Android Wear? Disitulah masalahnya! Sesuatu yang bisa Android Wear dan bisa dijalankan di Android serta iOS? Xamarin jawabannya *Efek Samping Blog Lain*. Entah seberapa dalam lautan ini, semoga tidak lupa kembali muncul dipermukaan untuk bernafas.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Arief Ditia Faltah’s story.