Berawal dari Airy Rooms menjadi Airy Indonesia

Mungkin masih banyak yang belum tahu tentang Airy Rooms. Tetapi sudah banyak juga yang sudah tahu Airy Rooms sebagai website booking hotel dengan harga yang lumayan terjangkau.

Airy Rooms memulai perjalanannya pada akhir 2015 lalu menjadi perusahaan teknologi yang mengelola kamar-kamar berkualitas di seluruh Indonesia. Secara sederhana, Airy Rooms bermitra dengan berbagai hotel-hotel budget untuk dikelola sendiri dibawah brand Airy Rooms.

Konsep tersebut merupakan konsep Virtual Hotel Operator — selanjutnya disebut VHO — dimana VHO tersebut bermitra dengan pemilik hotel untuk mengelola serta membantu penjualan kamar hotelnya.

Tentu hal ini akan menguntungkan pemilik hotel sebagai penyedia kamar saja. Pengelolaan dan manajemen kamar sudah diambil alih VHO tersebut.

Lalu bagaimana VHO mendapatkan keuntungan? Komisi jadi jawabannya. Dengan mengelola kamar serta menjual langsung ke customer, VHO mendapatkan komisi dari kerjasama mitra pemilik hotel.

Trend model bisnis ini diperkenalkan oleh Oyo Rooms yang sukses merajai pasar hotel budget di India. Sedangkan di Indonesia sendiri ada Airy Rooms, Red doorz, Nida Rooms, dan Zen Rooms sebagai VHO.

Sebelum lanjut bahas Airy Rooms, perlu diketahui VHO dengan OTA (Online Travel Agent) itu berbeda.

Traveloka misalnya. Traveloka itu termasuk OTA yang berperan sebagai booking engine alias tempat memesan hotel saja.

Berbeda dengan Airy Rooms sebagai VHO. Airy Rooms selain menjual di website nya sendiri, juga melakukan manajemen kamar hotel untuk memastikan standar brand Airy Rooms tersebut.

So, Airy Rooms called as hotel management company.

Justru Airy Rooms bekerjasama dengan OTA untuk menjual kamar yang sudah dikelola. Coba saja cek Traveloka, Expedia, Klikhotel dan lainnya pasti ada hotel Airy Rooms.

Whats the value of Airy Rooms?

Airy Rooms membawa tagline “Solusi Budget Travel” yang berarti mereka ingin menjadi pilihan untuk kalian yang ingin travel hemat.

Travel hemat atau travel irit mungkin bisa disematkan kepada orang-orang yang ingin traveling yang tidak menghabiskan uang, biasanya backpacker.

Tapi ketika dilihat lagi, rasanya bukan hanya backpacker saja yang bisa menikmati Airy Rooms ini.

Keluarga kecil pun bisa, kalau ingin liburan hemat atau juga kalian yang business man/woman yang ingin melakukan perjalanan bisnis. Tentu lumayan untuk mengurangi biaya perjalanan bukan? Alokasi budgetnya bisa dialihkan ke bagian lain untuk makan-makan dan beli oleh-oleh.

Kalau melihat daftar hotel Airy Rooms, harga yang dipatok per malam cukup murah. Mungkin lebih murah daripada hotel lainnya yang dikelola sendiri. Inilah yang menjadi nilai jual Airy Rooms sebagai brand hotel untuk liburan hemat.

Tahun lalu Airy Rooms klaim sudah bekerjasama dengan lebih dari 1000 hotel di Indonesia. Sekarang sudah lebih dari angka tersebut pastinya.

Untuk harga yang amat murah tersebut tentu saya atau juga kalian tidak membayangkan dapat hotel yang berkelas dan super mewah atau hotel bintang 4 atau 5.

Kecuali ada promo besar-besaran. Harga hotel kelas atas bisa jadi seharga hotel kelas menengah.

Berarti Airy Rooms hanya menawarkan hotel bintang 3 atau dibawahnya?
Tidak juga.

Memang kalau dilihat kebanyakan hotel yang ditawarkan di Airy Rooms merupakan hotel berbintang 3. Tapi Airy Rooms juga memiliki hotel berbintang 3 keatas dan juga bintang dibawah 3.

Oleh karena itu kalau kalian yang punya aplikasi Airy Rooms atau mengunjungi web nya di www.airyrooms.com akan melihat 3 kategori hotel dimana kategori tersebut membedakan harga dan fasilitas hotel.

Airy Eco, Airy Standard, dan Airy Premier.

Namun apa bedanya kalau kita booking hotel tersebut langsung kepada pemilik hotel?

Nah inilah value dari brand Airy Rooms yang memberikan kenyamanan yang “sama” ketika menginap di hotel partner Airy Rooms dimana saja dengan bintang berapapun.

Airy Rooms memberikan standar kenyamanan atau sering disebut sebagai jaminan kenyamanan untuk setiap hotel yang bekerjasama dengan Airy Rooms.

Jaminan kenyamanan yang diberikan Airy Rooms seperti Wifi, Tempat Tidur Bersih, Perlengkapan Mandi, Air Hangat, Air Conditioner, Snack+Air Minum, dan TV flat.

Hal tersebut yang membuat pengguna Airy Rooms akan merasakan kenyamanan yang “sama” disetiap hotel Airy Rooms dengan ditemani bantal Airy yang khas.

Oke, kembali ke kategori hotel yang belum dijelaskan. Saya sudah sebut 3 kategori hotel Airy Rooms sebelumnya yaitu Eco, Standard, dan Premier.

Airy Eco merupakan hotel Airy Rooms yang memiliki harga yang paling murah. Harga per malamnya sekitar 200ribuan bahkan tidak sedikit yang dibawah harga itu. Kalau kalian dapat diskon, harganya bisa jadi tidak masuk akal karena sangat murah.

Kategori Airy Eco ini sepertinya cocok untuk kalian yang ingin berhemat atau memang tidak punya cukup banyak budget untuk alokasi menginap seperti para backpacker atau flashpacker.

Hotel yang masuk kategori Eco ini seperti hotel bintang 3 kebawah atau semacam guest house atau wisma. Fasilitas hotel mungkin tak sebanyak hotel bintang atas.

Namun tetap bisa merasakan standar kenyamanan Airy Rooms kecuali air hangat. Mungkin jarang juga ya guest house yang punya pemanas air.

Next, Airy Standard. Airy Rooms kategori ini termasuk yang paling banyak di daftar hotel Airy Rooms. Hotel-hotel kategori ini sebenarnya standar minimal disebut hotel.

Fasilitasnya lebih banyak dari guest house dan memiliki lebih banyak jaminan kenyamanan. Kalau Airy Eco untuk backpacker atau untuk yang ingin sekedar bermalam saja, Airy Standard untuk kalian yang ingin lebih bersantai di hotel.

Perjalanan bisnis yang melelahkan dengan berpindah kota, rasanya ingin juga istirahat di hotel yang lebih dari sekedar menginap sementara. Airy Standard mungkin ini menjadi solusi yang tepat.

Hotel-hotel bintang 3 termasuk kategori Airy Standard ini. Jika dilihat, harga yang dipatok juga murah dengan fasilitas yang cukup, yakni berkisar 200–300ribuan.

Kategori terakhir yang lebih mewah adalah Airy Premier. Hotel-hotel yang masuk kategori Airy Premier ini adalah hotel bintang 4 hingga 5. Harganya tentu akan lebih mahal dibanding 2 kategori lainnya.

Harga yang dipatok berkisar 400–500ribuan. Namun hal tersebut tidak berat jika kalian dapat diskon tiap hari yang ada di Airy Rooms.

Untuk yang traveling hanya untuk menginap dihotel mungkin lebih enak pilih hotel kategori ini. Fasilitas hotelnya lumayan banyak, kolam renang, parkiran, lounge dan lainnya. Honeymoon cocok mungkin ya nikmatin hotel jenis ini.

Selain 3 kategori tersebut Airy Rooms juga punya 2 jenis hotel yaitu Airy Konvensional dan Airy Syariah. Jadi seperti bank ya?

Airy Syariah ditandai oleh badge syariah pada list hotel

Perbedaannya terletak pada syarat check in hotel. Airy Syariah diharuskan membawa persyaratan tambahan jika ingin menginap di hotel berdua dengan lawan jenis.

Yaitu buku nikah atau dokumen pendukung lainnya. Sedangkan untuk yang jenis konvensional tidak diharuskan membawa dokumen tersebut, tapi bisa saja ditanyakan oleh pihak hotel masing-masing.

Berubah Menjadi Airy Indonesia

Bekerjasama dengan lebih dari 1000 hotel dengan memiliki 10.000 kamar lebih tak lantas membuat Airy Rooms berpuas. Airy Rooms pun membuat produk lainnya, yaitu tiket pesawat terbang.

Membuat layanan lebih di satu aplikasi, ikut meramaikan persaingan pemain OTA, atau butuh tambahan pemasukan?

Saya rasa alasan-alasan tersebut masuk akal apalagi dunia startup yang bebas adopsi model bisnis yang sudah sukses.

Karena layanan atau produk tiket pesawat tersebut membuat Airy Rooms menjadi perusahaan yang unik dan mungkin pertama dimana menjadi hotel management dan OTA.

Kata “Rooms” dihilangkan agar lebih general

Agar pengguna mengetahui produk baru dari Airy Rooms dan juga memastikan kepada publik bahwa sekarang Airy Rooms tak sekedar booking kamar hotel, maka Airy Rooms mengubah nama (menghilangkan Rooms) menjadi Airy atau Airy Indonesia.

Kata Airy menjadi lebih singkat menjadi lebih mudah diingat ataupun dilafalkan. Logo pun juga mengalami perubahan walaupun sekedar menghilangkan kata Rooms, tapi membuat menjadi lebih sederhana.

Dan yang penting lainnya dari perubahan nama adalah terbukanya kesempatan menciptakan produk layanan akomodasi lainnya.

Sebelum jauh kesana, memang seperti apa produk baru dari Airy, tiket pesawat terbang?

Jika dipikir-pikir, Airy cukup berani masuk ke persaingan penyedia tiket pesawat ditengah persaingan sengit startup OTA lainnya seperti Traveloka, Tiket, Pegipegi.

Belum lagi dari agen-agen yang lebih kecil ataupun dari maskapai itu sendiri. Tapi karena persaingan bebas, kenapa tidak ikut menjual produk tersebut.

Namun tidak sekedar jadi pemain kecil, Airy sepertinya siap bersaing dengan pemain besar. Terbukti dengan harga yang ditawarkan.

Harga tiket pesawat yang ditawarkan Airy

Harga tersebut belum ditambah diskon yang selalu ada setiap harinya. Dapat dibayangkan keuntungan yang bisa pembeli dapatkan.

Ambil contoh, beli tiket ke bali dengan maskapai Lion Air Rp 484.200, lalu dapat diskon 10% maka anda hanya membayar Rp 435.780. Seringnya diskon Airy ini bisa sampai Rp 1 juta.

Faktor harga memang jadi faktor yang penting sebelum membeli tiket pesawat selain maskapai dan tempat membeli.

Harga yang murah lebih potensial untuk dipilih pembeli jika layanan yang disediakan tidak jauh berbeda dengan penjual lainnya yang menjual produk yang sama dengan harga yang lebih mahal.

Tapi jika penjual selalu mengurangi harga tentu tidak baik untuk seterusnya. Oleh karena itu, experience menjadi faktor lainnya yang ditawarkan kepada pengguna agar terus menggunakan aplikasi miliknya.

Menunggu Produk Akomodasi Lain

Adanya tiket pesawat terbang di Airy membuat saya atau publik juga bertanya-tanya kapan produk akomodasi lainnya muncul.

Seperti OTA yang memiliki banyak produk, bukan tak mungkin Airy juga tidak mengikutinya dengan menjual produk lain di aplikasinya.

Pengguna yang semakin banyak tentu jadi ladang potensial untuk mengikat mereka dengan brand Airy. Produk lain tentu akan menambah value untuk pengguna yang telah menginstall aplikasi Airy.

Produk seperti Kereta Api misalnya, atau dapat pula tiket Bus dan lainnya seperti yang dijual OTA saat ini.

Kereta api semakin diminati karena terus dilakukan perbaikan-perbaikan oleh pemerintah. Kereta api menjadi pilihan transportasi lain untuk berpindah ke daerah tertentu.

Namun saat ini penjual tiket kereta api sudah banyak, bukan hanya OTA, melainkan e-commerce pun saat ini sudah menjual tiket kereta api.

Perang promo pun berlangsung lebih sengit. Siapa yang berani menyediakan budget lebih banyak mungkin menjadi pemenangnya. Namun kembali lagi, keterikatan antara pengguna dengan suatu brand sangat mempengaruhi.

Tapi bukan berarti keterikatan tersebut tidak dapat terputus. Kalau aplikasi kompetitor selalu diperbarui dan membuat tingkat kenyamanan jadi lebih baik, bukan tak mungkin pengguna berpaling.

Kita tunggu saja kiprah Airy di tanah air. Produk hotel dan tiket pesawat sepertinya masih kurang cukup apabila serius ingin bersaing di industri travel karena Indonesia punya banyak pilihan transportasi dan wisata yang bisa dimonetisasi.

Namun menurut saya, Airy ini bisa dicoba, apalagi dengan harganya yang sangat terjangkau untuk menikmati hotel dengan nyaman.

Kalian bisa coba dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Atau bisa juga mengunjungi website nya di www.airyrooms.com