Berawal dari Airy Rooms menjadi Airy Indonesia

Aries Santoso
Apr 9, 2018 · 8 min read
Image for post
Image for post

Mungkin masih banyak yang belum tahu tentang Airy Rooms. Tetapi sudah banyak juga yang sudah tahu Airy Rooms sebagai website booking hotel dengan harga yang lumayan terjangkau.

Value yang Dibawa Airy Rooms
Berubah Menjadi Airy Indonesia
Produk Akomodasi Lain

Airy Rooms memulai perjalanannya pada akhir 2015 lalu menjadi perusahaan teknologi yang mengelola kamar-kamar berkualitas di seluruh Indonesia. Secara sederhana, Airy Rooms bermitra dengan berbagai hotel-hotel budget untuk dikelola sendiri dibawah brand Airy Rooms.

Konsep tersebut merupakan konsep Virtual Hotel Operator — selanjutnya disebut VHO — dimana VHO tersebut bermitra dengan pemilik hotel untuk mengelola serta membantu penjualan kamar hotelnya.

Tentu hal ini akan menguntungkan pemilik hotel yang memiliki bangunan, kamar hingga staff. Pengelolaan dan manajemen kamar sudah diambil alih VHO seperti Airy.

Lalu bagaimana VHO mendapatkan keuntungan? Komisi jadi jawabannya. Dengan mengelola kamar serta menjual langsung ke customer, VHO mendapatkan komisi dari kerjasama mitra pemilik hotel.

Trend model bisnis ini diperkenalkan oleh Oyo rooms yang sukses merajai pasar hotel budget di India. Sedangkan di Indonesia sendiri ada Airy Rooms, Red doorz, Nida Rooms, dan Zen Rooms sebagai VHO. Namun Februari 2018, Oyo rooms resmi masuk ke Indonesia namun disusul dengan ketiadaan Nida Rooms.

Sebelum lanjut bahas Airy Rooms, perlu diketahui VHO dengan OTA (Online Travel Agent) itu berbeda.Traveloka misalnya. Traveloka itu termasuk OTA yang berperan sebagai booking engine alias tempat memesan hotel saja.

Berbeda dengan Airy Rooms sebagai VHO. Airy Rooms selain menjual di website nya sendiri, juga melakukan manajemen kamar hotel untuk memastikan standar brand Airy Rooms tersebut.

Justru Airy Rooms bekerjasama dengan OTA untuk menjual kamar yang sudah dikelola. Coba saja cek Traveloka, Expedia, Klikhotel dan lainnya pasti ada hotel Airy Rooms.

Value yang Dibawa Airy Rooms

Airy Rooms membawa tagline “Solusi Budget Travel” yang berarti mereka ingin menjadi pilihan untuk kalian yang ingin travel hemat.

Travel hemat atau travel irit mungkin sangat cocok disematkan ke orang-orang yang termasuk backpacker. Tapi ketika dilihat lagi, rasanya bukan hanya backpacker saja yang bisa menikmati Airy Rooms ini.

Keluarga kecil pun bisa kalau ingin liburan hemat atau juga kalian yang businessman/woman yang melakukan perjalanan bisnis juga sangat bisa dibilang budget traveler.

Sangat lumayan mengurangi biaya perjalanan bukan? Alokasi budgetnya bisa dialihkan ke bagian lain. Catat tuh tim HR di setiap perusahaan :) lumayan untuk menghemat pengeluaran.

Kalau melihat daftar hotel Airy Rooms, harga yang dipatok per malam cukup murah. Mungkin lebih murah daripada hotel lainnya yang dikelola sendiri. Inilah yang menjadi nilai jual Airy Rooms sebagai brand hotel untuk liburan hemat.

Image for post
Image for post

Airy Rooms klaim sudah bekerjasama dengan lebih dari 1000 hotel di Indonesia. Mungkin sekarang sudah lebih dari angka tersebut karena pasti terus bertambah tentunya.

Untuk harga yang amat murah tersebut tentu saya atau juga kalian tidak membayangkan dapat hotel yang berkelas dan super mewah atau hotel bintang 4 atau 5.

Kecuali ada promo besar-besaran. Harga hotel kelas atas bisa jadi seharga hotel kelas menengah.

Berarti Airy Rooms hanya menawarkan hotel bintang 3 atau dibawahnya?

Tidak juga.

Memang kalau dilihat kebanyakan hotel yang ditawarkan di Airy Rooms merupakan hotel berbintang 3, ya jelas kalau harga yang ditawarkan memang harga pasaran hotel bintang 3 di Indonesia. Itu juga untuk mendukung “budget travel” yang dibawa Airy Rooms.

Oleh karena itu kalau kalian yang punya aplikasi Airy Rooms atau mengunjungi web nya di www.airyrooms.com akan melihat 3 kategori hotel dimana kategori tersebut membedakan harga dan fasilitas hotel.

Airy Eco, Airy Standard, dan Airy Premier.

Namun apa bedanya kalau kita booking hotel tersebut langsung kepada pemilik hotel?

Nah inilah value dari brand Airy Rooms yang memberikan kenyamanan yang “sama” ketika menginap di hotel partner Airy Rooms dimana saja dengan bintang berapapun.

Image for post
Image for post

Airy Rooms memberikan standar kenyamanan atau sering disebut sebagai jaminan kenyamanan untuk setiap hotel yang bekerjasama dengan Airy Rooms.

Jaminan kenyamanan yang diberikan Airy Rooms seperti Wifi, Tempat Tidur Bersih, Perlengkapan Mandi, Air Hangat, Air Conditioner, Snack+Air Minum, dan TV flat.

Hal tersebut yang membuat pengguna Airy Rooms akan merasakan kenyamanan yang “sama” disetiap hotel Airy Rooms dengan ditemani bantal Airy yang khas.

Oke, kembali ke kategori hotel yang belum dijelaskan. Saya sudah sebut 3 kategori hotel Airy Rooms sebelumnya yaitu Eco, Standard, dan Premier.

Airy Eco merupakan hotel Airy Rooms yang memiliki harga yang paling murah. Harga per malamnya sekitar 200 ribuan bahkan tidak sedikit yang dibawah harga itu. Kalau kalian dapat diskon, harganya bisa jadi tidak masuk akal karena sangat murah.

Kategori Airy Eco ini sepertinya cocok untuk kalian yang ingin berhemat atau memang tidak punya cukup banyak budget untuk alokasi menginap seperti para backpacker dan flashpacker.

Hotel yang masuk kategori Eco ini seperti hotel bintang 3 kebawah atau semacam guest house atau wisma. Fasilitas hotel mungkin tak sebanyak hotel bintang atas.

Namun tetap bisa merasakan standar kenyamanan Airy Rooms kecuali air hangat. Mungkin jarang juga ya guest house yang punya pemanas air.

Next, Airy Standard. Airy Rooms kategori ini termasuk yang paling banyak di daftar hotel Airy Rooms. Hotel-hotel kategori ini sebenarnya standar minimal disebut hotel.

Fasilitasnya lebih banyak dari guest house dan memiliki lebih banyak jaminan kenyamanan. Kalau Airy Eco untuk backpacker atau untuk yang ingin sekedar bermalam saja, Airy Standard untuk kalian yang ingin lebih bersantai di hotel.

Perjalanan bisnis yang melelahkan dengan berpindah kota, rasanya ingin juga istirahat di hotel yang lebih dari sekedar menginap sementara. Airy Standard mungkin ini menjadi solusi yang tepat.

Hotel-hotel bintang 3 termasuk kategori Airy Standard ini. Jika dilihat, harga yang dipatok juga murah dengan fasilitas yang cukup, yakni berkisar 200–300 ribuan.

Kategori terakhir yang lebih mewah adalah Airy Premier. Hotel-hotel yang masuk kategori Airy Premier ini adalah hotel bintang 4 hingga 5. Harganya tentu akan lebih mahal dibanding 2 kategori lainnya.

Harga yang dipatok berkisar 400–500 ribuan. Namun hal tersebut tidak berat jika kalian dapat diskon tiap hari yang ada di Airy Rooms.

Untuk yang traveling hanya untuk menginap dihotel mungkin lebih enak pilih hotel kategori ini. Fasilitas hotelnya lumayan banyak, kolam renang, parkiran, lounge dan lainnya. Honeymoon cocok mungkin ya nikmatin hotel jenis ini.

Selain 3 kategori tersebut Airy Rooms juga punya 2 jenis hotel yaitu Airy dan Airy Syariah.

Image for post
Image for post
Airy Syariah ditandai oleh badge syariah pada list hotel

Perbedaannya terletak pada syarat check-in hotel. Airy Syariah diharuskan membawa persyaratan tambahan jika ingin menginap di hotel berdua dengan lawan jenis.

Yaitu buku nikah atau dokumen pendukung lainnya. Sedangkan untuk yang jenis konvensional tidak diharuskan membawa dokumen tersebut, tapi bisa saja ditanyakan oleh pihak hotel masing-masing.

Hotel jenis Syariah ini sangat cocok untuk kalian yang sudah berkeluarga atau kalian yang ingin lebih tenang dan nyaman saat menginap. Karena mungkin diantara kita menghindari hotel yang bebas siapapun yang menginap. Jadi kalian bisa memilih Airy Syariah ini untuk alternatif menginap.

Berubah Menjadi Airy Indonesia

Bekerjasama dengan lebih dari 1000 hotel dengan memiliki 10.000 kamar lebih tak lantas membuat Airy Rooms puas. Airy Rooms pun ingin berinovasi dan melengkapi kebutuhan budget traveler. Inovasi terbaru dengan membuat produk lainnya, yaitu tiket pesawat terbang domestik.

Dengan layanan atau produk tiket pesawat tersebut membuat Airy Rooms menjadi perusahaan yang unik dan mungkin pertama dimana menjadi hotel management dan OTA.

Image for post
Image for post
Kata “Rooms” dihilangkan agar lebih general

Agar pengguna mengetahui produk baru dari Airy Rooms dan juga memastikan kepada publik bahwa sekarang Airy Rooms tak sekedar booking kamar hotel, maka Airy Rooms mengubah nama (menghilangkan Rooms) menjadi Airy atau Airy Indonesia.

Kata Airy menjadi lebih singkat menjadi lebih mudah diingat ataupun dilafalkan. Logo pun juga mengalami perubahan walaupun sekedar menghilangkan kata Rooms, tapi membuat menjadi lebih sederhana.

Dan yang penting lainnya dari perubahan nama adalah terbukanya kesempatan menciptakan produk layanan akomodasi lainnya.

Sebelum jauh kesana, memang seperti apa produk baru dari Airy, tiket pesawat terbang?

Jika dipikir-pikir, Airy cukup berani masuk ke persaingan penyedia tiket pesawat ditengah persaingan sengit startup OTA lainnya seperti Traveloka, Tiket, Pegipegi.

Belum lagi dari agen-agen yang lebih kecil ataupun dari maskapai itu sendiri. Tapi karena persaingan bebas, kenapa tidak ikut menjual produk tersebut.

Namun tidak sekedar jadi pemain kecil, Airy sepertinya siap bersaing dengan pemain besar. Terbukti dengan harga yang ditawarkan.

Image for post
Image for post
Harga tiket pesawat yang ditawarkan Airy

Harga tersebut belum ditambah diskon yang selalu ada setiap harinya. Dapat dibayangkan keuntungan yang bisa pembeli dapatkan.

Ambil contoh, beli tiket ke bali dengan maskapai Lion Air Rp 484.200, lalu dapat diskon 10% maka anda hanya membayar Rp 435.780. Seringnya diskon Airy ini bisa sampai Rp 1 juta.

Faktor harga memang jadi faktor yang penting sebelum membeli tiket pesawat selain maskapai dan tempat membeli.

Harga yang murah lebih potensial untuk dipilih pembeli jika layanan yang disediakan tidak jauh berbeda dengan penjual lainnya yang menjual produk yang sama dengan harga yang lebih mahal.

Tapi jika penjual selalu mengurangi harga tentu tidak baik untuk seterusnya. Oleh karena itu, experience menjadi faktor lainnya yang ditawarkan kepada pengguna agar terus menggunakan aplikasi miliknya.

Produk Akomodasi Lain

Airy kini menambahkan layanan lainnya untuk menunjang atau memberikan nilai lebih terhadap layanan manajemen hotel yang dimilikinya.

Layanan tersebut adalah Airy Business yang dapat digunakan oleh berbagai perusahaan di Indonesia untuk manajemen perjalanan bisnis.

Perjalanan bisnis tak lepas dari proses pekerjaan yang dilakukan tiap perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Seperti bertemu dengan klien, bertemu dengan stakeholder yang berada di luar kota, ataupun menghadiri acara/event khusus.

Biasanya perusahaan membebankan manajemen perjalanan bisnis nya tersebut kepada tim HR untuk mengelola perjalanan yang dilakukan para staff. Tak jarang pula, staff HR ini cukup menghabiskan waktu untuk mengatur perjalanan bisnis tersebut.

Bisa dibayangkan kalau yang melakukan perjalanan bisnis ini lebih dari 1 orang dan di waktu yang bersamaan dan lokasi yang berbeda, tentu akan merepotkan harus memesan tiket pesawat kemudian hotel untuk menginap.

Airy melihat masalah tersebut yang kemudian memberikan solusi berupa produk Airy Business yang akan mempermudahkan tim HR untuk manajemen perjalanan bisnis di perusahaannya.

airy business corporate travel management indonesia
airy business corporate travel management indonesia

Dengan Airy Business, tiap perjalanan bisnis yang dilakukan staff bisa dimonitoring dalam sebuah dashboard. Kalian juga tidak perlu repot untuk meminta secara face to face kepada Lead untuk approval. Karena Airy Business memungkinkan mengirim approval kepada Lead yang memiliki akses dashboard Airy Business.

Kelebihan lainnya, kalian bisa booking tiket pesawat dan hotel tiap hari 24 jam penuh. Selain itu, metode pembayaran juga bisa menggunakan invoice, transfer bank, dan credit card.

Kalau kalian adalah tim HR disalah satu perusahaan atau kalian sering melakukan perjalanan bisnis tapi prosesnya terlalu berbelit-belit. Coba sarankan untuk menggunakan Airy Business ini.

Kalian bisa mendaftarkan perusahaan dengan mengunjungi halaman Airy Business.

Selanjutnya buat kalian yang punya properti dan ingin bergabung dengan Airy. Itu sangat bisa dilakukan. Caranya mudah, cukup dengan mengunjungi halaman Partner Airy.

Setelah kalian mendaftar, kalian akan dihubungi oleh tim Airy yang akan memverifikasi properti kalian.

So, buat kalian yang merasa ingin travel hemat, traveling yang tidak menghabiskan budget banyak tapi tetap bisa liburan, sepertinya kalian bisa mencoba Airy untuk booking hotel dan tiket pesawat terbang.

Kalian bisa coba dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Atau bisa juga mengunjungi website nya di www.airyrooms.com

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch

Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore

Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store