Catatan Hidup di Indonesia, di era Elon Musk dan abad kebangkitan AI
Gede Manggala
979

Keren, sangat menginspirasi sekali. Optimisme, budaya riset dan etos kerjanya memang mantab. Sedikit curhat sih, tentang lingkungan sekarang. Memang orang — orang Indonesia masih banyak yang reaktif terhadap issue issue tertentu. Terutama yang lagi hot, misal politik. Simplenya sih pas waktu mau kampanye masa antar pendukung calon baik itu parpol atau pilgub/pilbub pasti pada bersitegang. Ditambah lagi acara tv yang isinya cuma memperdebatkan suatu hal yang tidak bisa mereka selesaikan waktu debat itu, dan seringnya kalo nonton malah jadi ikutan emosi. terakhir yang sedang hot, sidang jessica. Sampai bosen denger siaran lansungnya (gak punya tivi, jadi dengerin tetangga aja :v).

Energinya sudah terkuras untuk membahas hal — hal yang gak penting dan itu diluar kuasa mereka. Gimana mau ngembangin kemampuan atau nyobain riset kalau energinya sudah terkuras untuk hal — hal tersebut.

Lingkungan dan teman — teman memang yang paling berperan besar terhadap pengembangan diri. Untungnya sih, sekarang anak2 muda sudah punya banyak komunitas riset, hobi yang itu tidak sekedar ngumpul, tapi juga sharing2 ilmu pengetahuan. apalagi kalau ada anggota yang pernah kuliah di luar negeri, mereka asyik kalau diajak sharing ilmunya.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated arif cebe’s story.