Analisis Cuitan Voucher Go-Food dalam Sebulan Terakhir di Twitter

Arif Rohmadi
Jan 22 · 3 min read

Go-Food, layanan pesan antar makanan online 24 jam yang sudah bekerjasama dengan lebih dari 125.000 merchant di berbagai kota di Indonesia tentu menarik untuk dianalisis. Go-Food menghadirkan voucher yang dapat digunakan user untuk mengurangi total biaya yang harus dibayarkan ketika melakukan pemesanan makanan lewat aplikasi. Voucher dapat diperoleh dengan cara berlangganan, menyelesaikan misi yang tersedia, kode promo atau hadiah langsung dari pihak gojek.

Seperti apa cuitan yang memuat kata “voucher gofood” dalam sebulan terakhir?, berikut pantauan Drone Emprit (DE) pada tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan tanggal 22 Januari 2020.

Tren

Total terdapat 1463 cuitan yang memuat kata “voucher gofood”. Mention tertinggi terjadi pada tanggal 11 Januari 2020 bertepatan dengan sehari sebelum festival promo MaMiMuMeMo yang diadakan pihak Go-Food berakhir, setelah itu secara perlahan-lahan mulai terjadi penurunan mention dan kembali mengalami kenaikan puncak pada tanggal 20 januari 2020 sebanyak 160 mention.

Gambar 1. Tren cuitan mengandung kata “voucher gofood” — dokpri via drone emprit

Gambar 2 menunjukkan mention paling banyak terjadi pada hari sabtu (616), minggu (350), dan senin (221) selaras dengan puncak tren cuitan pada Gambar 1 yang terjadi di hari sabtu dan senin. Namun ada yang cukup unik, mention tertinggi terjadi pada jam 2 siang usai jam makan siang. Kemungkinan setelah istirahat atau makan siang memberi inspirasi bagi user untuk mencoba aneka makanan lainnya. Seperti terlihat pada Gambar 3, rata-rata mention setelah jam makan siang hingga malam hari lebih tinggi daripada mention pada pagi hari hingga jam makan siang.

Gambar 2. Akumulasi harian cuitan mengandung kata “voucher gofood” — dokpri via drone emprit
Gambar 3. Akumulasi per jam cuitan mengandung kata “voucher gofood” — dokpri via drone emprit

Sentimen

Pantauan DE terkait sentimen cuitan mengandung “voucher gofood” menunjukkan cuitan bersentimen positif lebih unggul 38% dari cuitan bersentimen negatif (Gambar 4). Parameter pengelompokan cuitan ke dalam sentimen negatif maupun positif, salah satunya adalah banyaknya kata positif atau negatif pada cuitan tersebut. Kata-kata yang sering muncul dalam cuitan terlihat pada gambar 5. Semakin besar ukuran huruf maka kata tersebut sering muncul, dan sebaliknya.

Gambar 4. Total Cuitan mengandung kata “voucher gofood” berdasarkan sentimen — dokpri via drone emprit
Gambar 5. Kosataka yang sering muncul dalam cuitan — dokpri via drone emprit

Social Network Analysis (SNA)

Gambar 6. SNA Retweet Network — dokpri via drone emprit

Hasil peta SNA Retweet Network menunjukkan jaringan yang berwarna hijau lebih banyak daripada yang berwarna merah, artinya banyak para pengguna twitter yang memberikan tanggapan positif daripada tanggapan negatif (Gambar 6).

Kesimpulan

Cuitan yang memuat kata “voucher gofood” dalam sebulan terakhir lebih banyak cuitan positif daripada cuitan negatif.

Referensi
Gojek, 2020, Tentang Go-Food dan Go-Biz, https://www.gojek.com/go-food/bisnis
Ismail Fahmi, 2017. Drone Emprit: Konsep dan Teknologi, IT Camp on Big data and Data Mining, Jakarta

Arif Rohmadi

Written by

Writer | Blogger | Learner — https://www.amazon.com/Arif-Rohmadi/e/B01A26ICMO/

More From Medium

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade