Jawaban Wawancara : Apa yang Kamu Lihat di 5 Tahun Ke Depan?

Nafisah Arinilhaq
2 min readAug 20, 2019

--

shutterstock

Jawaban wawancara terbaik adalah jawaban yang mengalir apa adanya, tidak kaku namun juga berbobot. Kamu bisa mempelajari jawaban pertanyaan terlebih dahulu dan berlatih dengan gaya bahasamu sendiri. Bagaimana pun, bersiap untuk mendapat sesuatu yang lebih baik tentu tidak masalah bukan?

Salah satunya adalah menjawab pertanyaan proyeksi untuk lima tahun ke depan. Umumnya kita menjawab terlalu mengawang-ngawang, tidak spesifik bahkan terlihat sangat berlebihan. Namun semua bisa diatasi jika kita memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam menyampaikannya. Yuk, simak contoh jawaban untuk pertanyaan wawancara : Apa yang Kamu lihat di Lima Tahun ke Depan?

@maukerjaid

Jawaban 1 :

“Saya sudah menemukan Perusahaan yang tepat dimana saya dapat mengembangkan kemampuan bidang_____. Maka dari itu 5 tahun ke depan saya akan berada dalam pekerjaan strategis dimana saya bisa membangun karir dengan baik.”

Menunjukan bahwa kamu sudah yakin dengan jalan yang kamu pilih dan kamu akan mengembangkan kemampuan hingga kamu mencapai karir yang bagus di Perusahaan tersebut.

Jawaban 2 :

“Di masa yang akan datang saya harus mendapatkan sertfikasi bidang_____dalam waktu____tahun. Karena dengan spesialisasi saya yang akan lakukan________, saya yakin saya mampu menjadi karyawan potensial dan mengaplikasikannya di Perusahaan ini.”

Menunjukan bahwa kamu memiliki inisiatif dan ada kemauan untuk lebih maju. Kamu juga menunjukan tanggug jawabmu dengan langsung mengimplementasi apa yang kamu pelajari pada pelatihan.

Jawaban 3 :

“Saya memiliki keinginan untuk mendapatkan mentor yang melatih saya dengan baik hingga di masa depan saya menjadi pemimpin dari tim saya. Dengan kemampuan saya sebagai_______. Saya yakin dapat menjadi supervisi yang baik di setiap proyek yang saya dapatkan.”

Menunjukan bahwa kamu cukup ‘aware’ dengan lingkungan kantor yang bersinergi dan memiliki visi bersama.

shutterstock

Jawaban di atas hanya sebuah contoh dan dapat dimodifikasi atau dibuat baru sesuai kebutuhanmu. Tentu saja akan lebih baik jika jawaban berhubungan langsung dengan pekerjaan. Pastikan kamu memiliki cukup waktu untuk berlatih sebelum wawancara kerja. Bagaimanapun Perusahaan akan melihat kesungguhan jawabanmu apakah dapat terealisasikan atau tidak.

Ingin tahu jawaban interview selanjutnya? Jangan sampai ketinggalan ya!

--

--