Deadline

Halo guys! Gak kerasa men udah akhir bulan September aja. Sekarang udah makin hectic dengan banyak hal. TA, kuliah, dan lain-lain. Makin pusing karena tiap kali liat kalender udah deket minggu ujian… Well, well.

Tapi kali ini gue mau ngebahas hal lain sih. Jadi…finally gue udah dapet internship di suatu perusahaan yang gue pikir kewl banget. Sebenernya ya seneng-seneng aja sih. Like, yay akhirnya setelah pending di liburan kemaren akhirnya beneran internship. Tapi kalo dipikir-pikir, makin ke sini tuh malah makin ngeri ya.

Kenapa? Soalnya… gue bawa nama kampus dan gue sendiri kan. Gak lucu juga kalo nanti malah lambat beradaptasi gitu terus jadi aneh. Walaupun harusnya sih gue harus pede sama kemampuan sendiri kan. Sejauh ini kemampuan statistika gue udah lumayan lah. Still improving, but not bad at all. Terus jadi harus familiar sama tools yang bakal gue pake pas internship nanti.

Terus, skill programming yang gue punya dan relevan dengan kerjaan nanti adalah R, SAS, VBA, dan SQL. Menurut gue, ini udah cukup banget sih. Untuk tools lain seperti Moses atau Prophet gak bisa gue pelajari sendiri (lebih karena emang gak punya toolsnya jadi gak bisa nyobain). Namun, setelah gue pikir-pikir lagi kayaknya masih kurang.

Oleh karena itu, semester ini gue mulai “rakus” nge-MOOC buat ningkatin skill yang udah gue punya, mungkin juga bener-bener dapet skill baru. Jadi, sekarang gue lagi ngambil:

Specializations:

  1. Excel to MySQL: Analytic Techniques for Business. Menurut gue sih penting aja karena Excel tuh emang tools rakyat kan. Jadi emang harus bener-bener tau cara makenya. Ini bagus banget sih buat ningkatin kemampuan Excel gue atau kalian yang emang penasaran dengan seluk beluk lain Excel. Sejauh ini gue baru ngambil Business Metrics for Data-Driven Companies, introduction spesialisasi ini yang so far so good.
  2. Data Science. Jangan ketipu sama levelnya yang beginner (ada aja sih yang komentar kalo courses di sini beneran gampang), karena gue yang udah rada khatam di DataCamp aja masih rada keteteran. Kenapa belajar R lagi? Pertama sih, sekalian ngeeksplor lagi kemampuan R dari DataCamp yang dulu, yang sekarang ini gue pikir lumayan membantu sih meski rada tersendat. Kedua, karena sertifikatnya HAHA (maaf ya). Tapi serius deh, Data Science tuh emang lagi hot banget dan gue yakin di asuransi ilmu ini bakal kepake. Jadi gak salah belajar ini.

Individual Courses:

  1. Alternative Approaches to Valuation and Investment. Lebih karena penasaran aja sih gimana caranya valuasi perusahaan dan gimana caranya ngebangun portofolio investasi yang bagus.
  2. Data Analysis: Take it to the MAX(). Alasannya karena Excel dan ini.

Segitu aja sih. Kalo dipikir-pikir banyak banget ya hahaha. Ya mudah-mudahan bisa kelar semua deh supaya ada nilai tambah kalo mulai internship nanti.

Sebagai penutup, entah kenapa gue kepikiran suatu lagu jaman nonton Crows Zero dulu. Dan menurut gue pas sih dipasang di sini biar semangat dikit. Oke deh segitu dulu dan semangat semuanya!

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.