Cara Mendapatkan Kerjaan (part CV and how to find companies)

Sebelum membaca ini, saya sarankan untuk membaca Bagaimana cara memanfaatkan waktu ngangur. Karena anda membutuhkan mindset dari tulisan itu untuk lebih memaknai tulisan ini.
PS: Intronya cukup panjan.

Everyone has their own turn

Berikut cara saya dulu dalam mencari kerja : pertama mencari agensi yang potensial, kemudian saya membuat CV sesuai kriteria agensi tersebut dan mengirimnya (via email) ke agensi tersebut. Tidak ada yang salah si dengan cara diatas kok, tapi yang saya sadari, saya lebih banyak berbohongnya dalam penulisan kompetensi, misalnya yang dibutuhkan oleh agensi tersebut adalah skill menguasai Illustrator, sedangkan saya tidak bisa.
Tentunya akan menjadi nilai Minus untuk saya bila di-interview dan saya gagal dalam test menggunakan aplikasi Illustratation.


Lalu saran dari saya? Coba anda membuat CV anda terlebih dahulu, jujur dengan kompetensi yang anda kuasai, achievement yang benar-benar nyata, dan bahasa yang anda kuasai.
kenapa kok bikin CV dulu? Begini, kita enggak pernah tahu kapan kita membutuhkan CV tersebut, setidaknya anda sudah memiliki “amunisi” bila sewaktu-waktu ada teman/kerabat yang merekomendasikan anda ke perusahaanya, jadi anda tinggal memberikan CV anda.

Oh ya, kebanyakan CV yang saya lihat-lihat dari orang-orang, sangat B aja (biasa), tidak ada menarik-menariknya. Padahal, CV adalah first impression yang kita berikan kepada HRD. Wong kita kalau diajak blind-date aja butuh first-impression yang bagus agar bisa lanjut sampai…

Nah, teman-teman bisa cek di google dengan keyword “contoh CV keren”

Contoh-contoh CV yang outstanding

CV dengan warna hitam putih, itu udah biasa banget bro, ya emang sih ada yang bagus hehe. Coba deh cek di google, terus ambil yang menurut anda pas untuk pekerjaan anda.


Memulai mencari kerja.

Saya, menposisikan kita adalah fresh-graduated dan belum ada pengalaman kerja, dengan CV yang sudah ada. Apa yang kita harus lakukan?
Tanya ke tempat magang (bila mau kerja ditempat tersebut), apakah disana mereka membuka lowongan kerja? Bila iya anda bisa mendaftar disana, kemungkinan diterima sangat tinggi sekali. Saya sendiri dapat tawaran kerja dari tempat saya magang setelah saya lulus sekolah.

Kalau tidak mau ditempat magang gimana? Mungkin anda berfikir saya akan menyarankan anda untuk mencari di bursa kerja, TIDAK.

Saya pernah diajak seseorang teman untuk pergi ke bursa kerja, bukan untuk melamar tetapi hanya untuk jalan-jalan ( aneh banget ya :D ) melihat orang mencari kerjaan. Kalau gitu dimana anda bisa mencari pekerjaan lagi?

Internet

Ya, di internet anda bisa mencari puluhan ribu perusahaan yang sedang mencari talenta untuk perusahaan mereka. Selain itu anda tidak perlu ndungsel-ndungsel, tinggal mencari kerja via internet dan kirim CV via Email.
Gak tahu tempat dimana alamat websitenya? Ini saya berikan :

  1. https://www.karir.com/
  2. https://www.jobstreet.co.id/
  3. http://hiredtoday.com/
  4. https://glints.com/id/
  5. https://www.urbanhire.com/
  6. https://ekrut.com/
  7. https://geekhunter.co/

Saya tidak akan menjelaskan secara mendalam cara kerja mereka, karena beberapa website memiliki cara kerjanya sendiri-sendiri.

Yang penting disini, buat CV anda semenarik mungkin dan jujur. Selagi anda menunggu panggilan, anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan positif.

Oh ya, sudah tahu belum cara agar E-mail kita berpotensi dibaca terlebih dahulu oleh HRD? Sip, kedepan akan saya tulis tentang ini.