Freelancer kok kerja sampai malam ?

Disini pasti ada yang berprofesi sebagai freelancer Programmer, desainer, tester dan lainya. tapi kerjaknya kok dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam ? bukanya freelance itu berarti bebas dari workload yang menumpuk ya ?

Sebelumnya, saya juga seorang freelancer Developer website. dan sudah jalan sekitar 1,5 tahun lebih, jadi tulisan ini lebih kearah share pengalaman saja ya.

freelancer yang kerja larut malam itu biasanya karena :
- Terlalu banyak project.
- Deadline sudah mepet.
- Dihubungi client karena ada perubahan tambahan dan peru selesai pada waktu itu juga.

Tentunya masih banyak sekali alasan kerja sampai larut malam, tapi ini gak ter apply untuk teman-teman yang kerjanya ikut time-zone luar ya ex: ikut jam Amrik, atau daerah Eropa sana.


Nah, kenapa saya bilang menjadi freelance itu bebas dari workload yang menumpuk ? ya karena inilah yang saya rasakan sekarang. kalau bergadang sampai malam sekarang biasanya karena ingin belajar atau menulis sesuatu saja. enggak ngoding lagi hehe.

Awal-awal menjadi seorang freelancer kita bakal kena fase “Takut gak pegang uang”, Iya ini sangat wajar karena dulu pas kerja sama orang kita tentu sudah dibayar secara teratur tapi di dunia freelance ? enggak lah yau.

Nah fase “sepi” ini biasanya kita kalau main di upwork / freelancer pasti ngebid terus demi kompor bisa ngebull terus :D. Nah setelah sedikit demi sedikit kita dapat job. Akan ada fase success rate (well known) kita akan menjadi 100% yang mana nanti malah kita sendiri yang kebablasan nerima project.

Nah kebablasan karena nerima banyak project ini SANGAT-SANGAT BAHAYA, kenapa ? jika anda bisa mengerjakan sesuai deadline anda aman, tetapi jika ada keterlambatan dalam delivery order. maka yang terkena imbasnya adalah nama baik kita juga. tapi walau anda mampu mengerjakan semua tepat waktu, biasanya tidak menghiraukan kesehatan (aka kena sakit). Saya pernah awal-awal kena demam karena sering tidur malam, jadi jaga kesehatan ya guys.

Dalam menjadi freelance kita dituntut untuk mengatur waktu, baik dari sisi kerja maupun pribadi (include family time). karena kalau kita terlalu banyak kerjanya juga tidak bagus (misal gak bisa main sama istri, atau orang tua).

For me freelance is about freedom of time. money just a reward.

Tips dari saya, yg terpenting dari bekerja adalah fokus. ini bisa di apply disemua jenis pekerja’an. karena jika kita mengerjakan dua hal sekaligus, malah akan memperlambat proses kerja kita (science proof : Forbes- Multitasking Damages). Saya sudah mengalami ini, gara-gara nonton film terus jadinya malamnya saya ngerjain itu tugas karena besoknya perlu di-persentasikan. lalu work balance perlu ditetapkan misal kerjanya dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore. belajar katakan tidak untuk tiap project yang berpotensi menganggu project lainya.

nah itu dulu yang saya bahas, kalau teman-teman mau nambahin atau diskusi boleh-boleh aja, disini aja ya diskusinya biar lebih rapih hehe.


Artikel ini disponsori oleh https://www.facebook.com/IMFINEtaspesta20k/ , kalau ada teman-teman yang ingin beli tas untuk pacar, istri, atau calon istri-lagi . ini bisa jadi pilihan terbaik. selain harganya yg murah build qualitynya juga ok :D , selain itu mereka juga lagi open reseller lho.